lklan-728x90
Menu

Produksi arang kayu laris manis di pasaran klaten

26/04/2013 | Ekonomi, Informasi Update

jualan dan produksi arang kayu gedangsari

Gedangsari.com – Produksi arang kayu selama ini masih dianggap sebelah mata oleh sebagian orang. Namun anggapan itu tidak berlaku bagi warga masyarakat gedangsari yang berada di perbatasan dengan wilayah Klaten Jawa Tengah. Pasalnya, sudah hampir dua tahun terakhir ini harga penjualan arang kayu lumayan menggiurkan.

Sebagai bahan bakar alternatif, arang kayu banyak digunakan oleh masayarkat dan industri sebagai pengganti minyak dan sejenisnya. Arang kayu ini saat ini digunakan untuk Memproduksi briket arang, untuk keperluan pembakaran, barbeque, shisa, dll.

Harga jualn arang kayu saat ini kisaran 30-50 rb perkarung besar.

Warga masyarakat Gedangsari biasany menjual arang kayu ke pengepul yang berada di wilayah Bayat Klaten Jawa Tengah. Ditingkat pengepul ini arang kayu dihargai kisaran 40rb. Namun ada juga sebagian masyarakat yang menjual langsung kepada pembeli di Klaten Kota atau Kecamatan Wedi khususny kepada mereka pemilik rumah makan. Harga penjualn ke konsumen ini mencapai 50rb perkarung besar. Proses penjualan ini berlangsung ditempat pembeli, maksudnya arang kayu yang mengangkut adalah penjual sendiri (memerlukan alat angkut kendaraan – Motor – Mobil). Sedangkan bagi masyarakat yang tidak memiliki kendaraan angkut kebanyakan lebih memilih menjual langsung ke pembeli keliling yang dihargai kisaran 30rb.

produksi arang kayu gedangsari

Proses produksi arang kayu ini terbilang gampang-gampang susah. Bagi yang sudah terbiasa proses pembuatan arang kayu ini cukup mudah dilakukan. Namun bagi pelaku pemula tentunya perlu mendalami lebih dasar lagi proses pembuatan ini.

Artikel terkait Produksi arang kayu laris manis di pasaran klaten