lklan-728x90
Menu

Petani Di Gedangsari Ke Kurangan Air Untuk Menggarap Sawah Yang Kedua Kalinya

22/03/2016 | Pertanian

Pada umumnya para petani di wilayah kecamatan Gedangsari hanya bisa panen padi dua kali dalam setahun karena hanya mengandalkan sebuah air tadah hujan. Untuk saat ini petani di Gedangsari sudah panen pada musim yang pertama kali dan akan di lanjutkan untuk menanam padi yang kedua kalinya. Namun dalam penanaman padi untuk yang kedua kalinya ini terdapat gendala air hujan yang kurang.

petanai kekurangan air

Para petani saat ini resah karena menanti hujan tidak kunjung datang padahal sudah saatnya untuk bercocok tanam. Benih padi pun sudah saatnya untuk di tanam, bibit padi yang tua di persemaian jika tanam maka tidak akan bisa menghasilkan padi yang bagus. Saat ini para petani ada yang sudah menggarap sawah nya ada juga yang belum sama sekali dan ada juga lahan sawah yang sudah ditanami. Namun jika hujan tidak kunjung datang semuanya akan menjadi masalah dan akan berujung pada gagal panen.

Kondisi Lahan Sawah Petani Yang Kekurangan Air

Sawah yang saat ini  belum bisa di olah karena terkendala oleh air yang akan di gunakan untuk menggarapnya maka petani hanya membiarkannya. Jika ingin menyedot air untuk menggarap lahan, air yang disedotpun juga tidak ada. Salah satu yang bisa dilakukan hanyalah menanti air hujan tiba.

Untuk lahan para petani yang sudah digarap atau di olah tetapi belum sempat untuk menanaminya dan hujanpun tak kunjung datang maka yang terjadi saat ini adalah lahan yang siap ditanami benih padi menjadi mengering dan keras. Kondisi seperti ini nantinya para petani akan mengolah ulang lahan yang sudah terlanjur kering jika suatu saat nanti ada air.

Sedangkan lahan sawah yang sudah ditanami padi tanahnya pun  juga mengering sehingga bibit padi yang telah ditanam pun juga tidak bisa tumbuh subur karena petani tidak bisa segera memupuknya di sebabkan tidak ada air. Namun kondisi ini padi masih bisa tetap hidup dan ada harapan untuk bisa panen jika hujan segera turun.

Yang menjadi keresahan masyarakat Gedangsari saat ini adalah jika musim tanam pada saat ini gagal maka akan terjadi sebuah kelangkaan beras di kecamatan Gedangsarai karena pada musim panen padi yang pertama bisa di katakan gagal panen karena hasil panen tidak seperti biasanya hasil panen saat ini hanya sekitar 20% saja dari hasil yang biasa di dapat.

 

Artikel terkait Petani Di Gedangsari Ke Kurangan Air Untuk Menggarap Sawah Yang Kedua Kalinya