lklan-728x90
Menu

Pesona Wisata Kampung Emas, Plumbungan, Pathuk, Gunungkidul

Tidak pernah habis rasanya membicarakan destinasi wisata Gunungkidul. Siapa sangka, bumi handayani yang dulu dianggap sebagai kabupaten yang sering kekurangan air ini menyimpan keindahan alam yang tidak terbatas nilainya.

Warga Dusun Plumbungan, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengembangkan destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam perdesaan hingga sejarah yang diberi nama “Kampung Emas Plumbungan”.

Jadi tidak hayal jika Gunungkidul menjadi kota tujuan wisata di Yogyakata. Sebab, mulai dari destinasi wisata pantai, hingga destinasi wisata minat khusus, ada di Gunungkidul. Kini muncul lagi destinasi yang tidak kalah menarik yakni Wisata Sepeda yang bisa dinikmati di Kampung Emas Plumbungan Patuk.

Pesona Wisata Kampung Emas, Plumbungan, Pathuk, Gunungkidul

Pesona Wisata Kampung Emas Yang Tak Ada Habisnya

Seperti layaknya Ubud Bali, Plumbungan memiliki paronama alam hijau berupa lahan pertanian “Teras Sering” tanaman padi. Daerah yang juga dikenal sebagai sentra perkebunan kakao (bahan coklat) dan kerajinan batik kayu dengan produk topeng dan berbagai bentuk menarik lainnya. Kampung Emas Plumbungan menawarkan pengalaman berbeda dari kebanyakan potensi wisata Gunungkidul. Selain berwisata, pengunjung  belajar berbagai hal, mengenal tradisi lokal yang tidak dijumpai di kota-kota besar, sekaligus menikmati segarnya udara dan indahnya alam pedesaan.

Wisata Edukasi yang ditawarkan pun tak kalah menarik seperti Outbound, petik dan mengenal pengolahan biji kakao, mengenal dan belajar gamelan, belajar batik kayu. Merasakan sensasi dolanan (permainan) anak tradisional seperti egrang, benthik, bancross, kitiran, glindingan sepet, wong-wongan sawah dll.

Selain wisata sepeda, kata dia, di kampung emas juga terdapat wisata kuliner yakni ingkung dengan nama berkat dalem. Makanan ini berupa ayam utuh seperti saat kenduri. Pengunjung dikenakan harga Rp150.000 yang bisa dimakan enam sampai dengan tujuh orang.

Tempat makan ingkung ayam ini berada di tengah sawah, di sebuah desa wisata bernama Kampung Emas, yang berada di pedukuhan Plumbungan, desa Putat, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul. Lokasinya strategis karena tidak jauh dari jalan Jogja-Wonosari dan obyek wisata gunung api Nglanggeran serta air terjun Kedung Kandang. Karena dekat dengan beberapa tempat wisata, menjajal kuliner ingkung ayam yang diberi nama Berkat Dalem ini wajib untuk dicoba.

Warga Kampung Emas menyebut kuliner ingkung ini dengan nama tradisi Berkat Dalem. Tradisi Berkat Dalem ini sama dengan tradisi kenduri, yaitu ungkapan syukur dari warga untuk warga. Berkat Dalem khas dusun Plumbungan adalah ingkung ayam, dengan nasi gurih, gudangan, sayuran-sayuran, dan sambal serta peyek yang menjadi pelengkap. Wadah untuk makan Berkat Dalem ini unik, bukan piring melainkan anyaman dari janur yang berbentuk piring. Tidak harus menunggu upacara Berkat Dalem untuk menikmati olahan khas ini, kita bisa pesan kepada pengelola kampung wisata untuk menyiapkan Berkat Dalem kapanpun saat kita akan berkunjung.

Rute Menuju Wisata Kampung Emas

Wisata Kampung Emas Plumbungan terletak di Padukuhan Plumbungan, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Koordinat GPS S7°52’08.6″S E110°32’34.7″ peta lokasi, rute dari Jogja di akhir posting. Memiliki lokasi yang strategis dan mudah dijangkau dari arah Sambipitu – Nglanggeran atau Jalan Wonosari Km. 27. Kampung Emas (Elok, Mandiri, Aspiratif, dan Sejahtera) merupakan citra nuansa alam pedesaan yang  asri, indah dengan keragaman potensi alam dan tradisi  budaya masyarakat setempat yang kuat dan terus dilestarikan.

Rute dari Jogja:
Jogja – Jalan Wonosari – Piyungan – Bukit Bintang atau Bukit Patuk – Pertigaan Sambipitu ke kiri – Pertigaan ke kiri menuju arah Nglanggeran – SMAN 1 Patuk – Plumbungan

Rute dari Wonosari:
Wonosari – Siyono – Lanud TNI AU Gading – Tahura – Rest Area Bunder – Pertigaan Sambipitu memutar ke kanan – Pertigaan belok kiri menuju arah Nglanggeran – SMAN 1 Patuk – Plumbungan

Artikel terkait Pesona Wisata Kampung Emas, Plumbungan, Pathuk, Gunungkidul