lklan-728x90
Menu

Pesona Indah Pantai Pandansari Dari Atas Mercusuar

Bagi anda yang baru pertama kali berkunjung ke kawasan Pantai Pandansari mungkin akan tertegun, sebab di sini anda tidak akan menemui hamparan pantai dengan ombak bergulung-gulung ketika menjejakkan kaki di kawasan ini. Hal pertama yang terlihat justru hamparan pohon cemara laut yang tumbuh dengan lebat seolah-olah menjadi pagar penjaga. Di antara pepohonan tersebut berdiri tegak sebuah menara suar setinggi kurang lebih 30 meter. Satu-satunya menara suar di kawasan pantai di Yogyakarta yang bisa didaki hingga puncak. Nah, Pantai Pandansari terletak di balik hutan cemara tersebut.

Pemandangan dari menara suar pantai Pandansari ini sebenarnya uga mirp dengan Menara Suar Tanjung Baron yang ada di Pantai Baron Gunungkidul. Yang membedakan adalah hamparan pohon cemaranya. Para pengunjung akan dihadapkan pada sederetan panjang pohon cemara udang yang menutupi kawasan pesisirnya.

Pesona Indah Pantai Pandansari Dari Atas Mercusuar

Lokasi Pantai Pandansari

Pantai Pandansari adalah pantai yang terletak di desa Gadingsari, kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul berjarak kurang lebih 30 km dari kota Jogja dan dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan. Pantai ini berada di daerah landai sehingga anda tidak perlu trekking bukit untuk sampai di bibir pantainya.

Pantai ini memang bukan spot yang asyik untuk bermain air sebab pantai ini memiliki ombak yang besar dan pasir yang berwarna cokelat kehitaman. Namun ada aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan di sana. Mau tahu apa saja? Simak keasyikan jika anda berkunjung ke pantai Pandansari ini.

Aktivitas Seru Di Pandansari

Di Pantai Pandansari ini terdapat sebuah mercusuar yang mana para pengunjung dapat masuk ke dalam mercusuar dan menaiki anak tangga yang melingkar untuk mencapai puncak. Ketinggian mercusuar ini sekitar 30 meter. Dari ketinggian mercusuar, wisatawan bisa menyaksikan garis pantai selatan dan juga deretan perbukitan di sisi barat.

Selain mercusuar, hal yang menarik lainnya di Pantai Pandansari adalah keberadaan Agrowisata Buah Naga. Wisatawan bisa mengunjungi kebun buah naga merah ini sembari memetik buahnya untuk dijadikan oleh-oleh bagi sanak saudara di rumah. Atau bisa juga langsung menyantap buah naga di kebunnya langsung.

Deretan pohon cemara udang memenuhi bibir Pantai Pandansari, hal ini menciptakan suasana yang sejuk dan asri. Saat musim penghujan, daun pohon-pohon tersebut akan berwarna hijau cantik sedangkan saat musim kemarau tiba daunnya akan meranggas. Yang tersisa hanyalah ranting-ranting pohon berwarna kecoklatan. Sensasi musim gugur ala Jepang pun sangat terasa. Semuanya berubah menjadi pudar. Karena keberadaan pohon cemara udang itulah Pantai Pandansari kerap dijadikan lokasi pemotretan, baik untuk pemotretan model maupun prewedding.

 

Artikel terkait Pesona Indah Pantai Pandansari Dari Atas Mercusuar