lklan-728x90
Menu

Pesona Di Sunyinya Pantai Trenggole Gunungkidul

Ada satu lagi pantai di Gunungkidul yang wajib masuk destinasi liburan Anda. Inilah Pantai Trenggole yang punya pemandangan cantik, suasananya sunyi dan belum ramai wisatawan. Pantai Trenggole, si perawan di Gunungkidul.

Pasti banyak dari kalian yang tidak asing dengan nama Pantai Indrayanti. Tapi, taukah Anda bahwa banyak juga pantai-pantai tersembunyi di dekat Pantai Indrayanti yang sungguh sayang untuk dilewatkan begitu saja. Salah satunya adalah Pantai Trenggole yang indah dengan keunikannya sendiri. Selain itu, pantai ini juga memiliki potensi wisata edukasi yang tak banyak orang tahu.

Pesona Di Sunyinya Pantai Trenggole Gunungkidul

Pantai Trenggole ini merupakan kawasan pantai berpasir putih yang letaknya berdampingan dengan Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal. Namanya masih terdengar asing meskipun sudah sejak tahun 2012 dibuka sebagai objek wisata. Sebagian besar wisatawan mengira kawasan ini tertutup karena terdapat bangunan instalasi pengelolaan air dan di beberapa bagian dibangun pagar keliling.

Lokasi Pantai Trenggole Gunungkidul

Pantai Trenggole berada di dusun Ngasem, Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk sampai ke Pantai Trenggole, Anda harus melewati jalan yang bergelombang dan berkelok-kelok. Di sepanjang jalan ini dapat Anda temui rangkaian pantai lainnya.

Untuk menuju pantai ini tidaklah sulit, anda tinggalmenempuh perjalanan kurang lebih 2 jam melalui jalan Wonosari. Sampai di Kota Wonosari lalumenuju arah Pantai Baron. Dari sini anda tinggal mengikuti papan petunjuk jalan yang menuju pantai Pulang Syawal. Setelah itu melalui jalan yang berkelok- kelok ada jalan setapak sampai anda menemukan tulisan Pantai Trenggole atau rumah kantor budidaya air laut pantai Sundak, bisa juga melewati tebing Pantai Indrayanti sebelah timur.

Untuk dapat mencapai pantai ini, Anda akan menuruni tangga seadanya, dengan bebatuan dan pegangan dari kayu pohon. Anda tak akan menemukan banyak orang berwisata ke pantai ini. Sesampainya di sana Anda akan menemukan batu-batu besar berwarna hitam berbentuk kubus. Rupanya batu-batu ini sengaja ditaruh di tepi pantai dan difungsikan untuk mencegah abrasi.

Namun jangan khawatir, batu-batu besar ini tak akan menganggu keberadaan Anda. Justru membuat pantai ini terlihat lebih unik karena jarang ditemui di pantai-pantai lainnya, dan tentu saja, batu-batu yang mirip dadu raksasa ini akan membuat foto-foto Anda terlihat lebih bagus.

Pesona Keindahan Pantai Trenggole

Selain unggul dengan kesunyiannya, lanskap alam Pantai Trenggole sangat indah. Pasir pantainya yang putih dan halus, serasi dengan hijau-biru air laut dan hamparan langit birunya. Gemuruh ombak yang sesekali menerpa bebatuan dadu, semilir angin, dan cerahnya cahaya matahari, membangun suasana yang menenangkan sekaligus menyenangkan.

Di Pantai Trenggole yang sunyi ini pas sekali untuk kita sekadar duduk-duduk membaca buku sambil berjemur, dan menikmati ketenangan yang jarang kita temui di pantai lain yang ramai dengan wisatawan. Atau kita bisa berseda-gurau dengan kawan-kawan, bermain bola, membangun istana pasir, atau bahkan bermain air laut.

Untuk kalian yang kurang suka berjemur, tenang saja, di pinggir pantai terdapat semacam gazebo yang dapat digunakan untuk berteduh. Keberadaan bangunan pengelolaan air laut, batuan pemecah ombak, dan pasir putih pantai yang memberikan daya tarik Pantai Trenggole sedikit berbeda dengan pantai Indrayanti.

Jika lelah dan ingin jajan, memang kita harus kembali ke Pantai Indrayanti. Di sepanjang pantai ini terdapat banyak penjual yang menawarkan berbagai macam masakan olahan seafood. Yang tidak boleh dilewatkan yakni minum es degan langsung dari buah kelapanya, segar!

Artikel terkait Pesona Di Sunyinya Pantai Trenggole Gunungkidul