lklan-728x90
Menu

Penyebab Gugurnya Buah Mangga Yang Masih Muda

23/10/2015 | Pertanian

Gedangsari merupakan salah satu Penghasil buah mangga terbesar di gunungkidul. Warga gedangsari banyak menanam buah mangga dari  berbagi jenis mangga. seperti malam, santok, mana lagi, kueni dan lain sebagainya masih ada banyak lagi jenis mangga yang lain. pada saat misim kemarau panjang seperti saat ini lah musim yang paling tepat buah mangga untuk berbuah. jika terlalu banyak air buah mangga  tidak akan begitu bagus.

penyakit buah mangga

Namun kadang para petani mengeluh disaat buah mangganya berbuah dengan lebat tapi banyak yang gugur sebelum tua. hal inilah yang membuat petani rugi. Para pemilik buah mangga yang gugur hanya membiarkan buah mangganya gugur sebelum tua karena belum tahu cara mengatasi kasus sepertini. penyakit seperti ini biasanya buah mangga kelihatan bagus dari luarnya tapi di dalamnya busuk.

Kerontokan yang terjadi pada buah mangga tidak terlepas dari adanya hama dan penyakit yang menyerang. Semakin banyak tingkat serangan hama/penyakit, semakin besar pula tingkat kerontokan pada buah mangga. Dengan melakukan pengendalian terhadap hama dan penyakit, maka tingkat kerontokan akan bisa dikurangi/ditekan. Adapun hama dan penyakit yang sering menyebabkan kerontokan pada buah mangga adalah Lalat buah  dan penggerek buah . Kedua hama ini menyerang buah mangga baik yang masih muda maupun yang sudah tua. Untuk mengendalikan lalat buah, dapat digunakan perangkap yang berisi Methyl Eugenol (ME) yang dapat dicampur dengan insektisida murni. Sedangkan untuk mengen-dalikan penggerek buah dapat dilakukan dengan insektisida kontak dan sistemik. Pengendalian lainnya yang dilakukan sebagai tindakan pencegahan adalah dengan melaku-kan pembungkusan  menggunakan kertas koran atau kertas semen. Keuntungan lain dengan cara ini adalah didapatkannya warna cerah dan menarik.

 

Artikel terkait Penyebab Gugurnya Buah Mangga Yang Masih Muda