lklan-728x90
Menu

Pengisian Kepala Dusun Dengan Sistem Ujian Tertulis

02/03/2016 | Pemerintahan

Kepala dusun berkedudukan sebagai perangkat pembantu kepala desa dan unsur pelaksana penyelenggara pemerintah desa di wilayah dusun. Kepala dusun mempunyai tugas membantu kepala desa dalam menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di wilayah kerjanya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk menjalankan tugas, kepala dusun mem-punyai fungsi :

pilkadus

Untuk menjalankan tugas, kepala dusun mem-punyai fungsi :

1. Melaksanakan kegiatan pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan, ketentraman dan ketertiban diwilayah kerjanya;
2. Membantu kepala desa dalam kegiatan penyuluhan, pembinaan dan kerukunan warga diwilayah kerjanya;
3. Melaksanakan keputusan dari kebijaksanaan kepala desa diwilayah kerjanya;
4. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh kepala desa.

Pemilihan Kepala Dusun Dengan Ujian Tertulis

Dalam pengisian kepala dusun yang kosong saat ini berbeda dengan peraturan yang terdahulu. jika dulu dalam pengisian kepala dusun dilakukan dengan cara pemilihan dan suara terbanyak adalah pemenangnya. Tapi untuk saat ini pemilihan kepala dusn dengan sisitem ujian. Dengan sistem ujian  ini setiap masarakat bisa dan mampu mengikuti seleksi kepala dusun.

Tata cara itu muncul menyusul pengesahan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perangkat Desa menjadi Peraturan Daerah dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Gunungkidul di Gedung DPRD.

Penetapan perangkat desa, khususnya kadus, dengan proses seleksi sudah sesuai dengan peraturan di atas yang lebih tinggi. Terlebih lagi, secara struktural, jabatan tersebut merupakan staf dari kepala desa. Persyaratan untuk menjadi dukuh dan perangkat desa lainnya usia minimal 20 tahun dan maksimal 42 tahun.

Adapun biaya pengisian perangkat desa termasuk dukuh dibebankan dari APBDes. Dengan demikian pendaftaran bagi pelamar perangkat desa tidak dipungut biaya, apalagi biaya pelaksanaan pengisian dan pelantikan seluruhnya ditanggung oleh APBDes.

Dengan sistem ujian dalam pengisian jabatan kepala dusun maka hal ini memberi kesempatan kepada seluruh warga yang memenuhi sarat bisa ikut dalam berkompetisi dalam pengisian kepala dusun.

Artikel terkait Pengisian Kepala Dusun Dengan Sistem Ujian Tertulis