lklan-728x90
Menu

Penentuan Dalang Wayang Kulit Untuk Rasulan, Telah Di Tetapkan Oleh BPD Bersama Pemerintah Desa Hargomulyo

26/07/2016 | Seni Budaya

Rasulan adalah tradisi yang sudah lama diselenggarakan oleh masyarakat Gedangsari, yang merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh para petani setelah masa panen tiba. Rasulan atau bersih dusun dilaksanakan hampir di setiap dusun maupun desa yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Penentuan Dalang Untuk Rasulan

Penentuan Dalang Untuk Rasulan Desa Hargomulyo

Tradisi ini sampai sekarang rutin diadakan setiap tahunnya oleh masyarakat Gedangsari. Waktu pelaksanaannya pun berbeda-beda, tergantung pada kesepakatan warga setiap dusun. Namun, pada umumnya tradisi rasulan ini biasanya dilaksanakan pada bulan Juni dan Juli.

Setiap Daerah Memiliki Adat Istiadat Atau Tata Cara Tersendiri dalam Rasulan

Dalam pelaksanaan tradisi Bersih Desa atau Merti Desa, setiap daerah memiliki adat istiadat atau tata cara tersendiri. Untuk sekup lebih kecil yaitu di daerah kecamatan Gedangsari, tepatnya di Desa Hargomulyo, Gunungkidul-DIY memiliki tata cara dan kebiasaan yang berbeda dan sudah menjadi acara rutin setiap tahun.

Ada yang unik untuk acara bersih desa di Kabupaten Gunungkidul, salah satunya yaitu nama dari bersih desa itu sendiri, masyarakat sering menyebutnya dengan Rasulan. setiap dusun memiliki wewenang untuk memutuskan kapan dan bagaimana mereka akan melaksanakan tradisi Rasulan. Tetapi terkadang dalam satu desa, seluruh dusun bersama-sama merayakan rasulan dalam satu waktu, dan hal ini seringkali menyedot animo masyarakat yang luar biasa untuk sekedar melihat arak-arakan kirab.

 Rasulan Di Desa Hargomulyo Menggunakan Dalang Lokal

Tradisi Rasulan biasanya tidak lepas dari sebuah kesenian wayang kulit. Untuk pagelaran wayang kulit pada acara tradisi rasulan di Desa Hargomulyo pada tahun ini masih seperti tahun yang kemarin yaitu menggunakan dalang lokal atau dalang yang berasal dari putra asli daerah desa Hargomulyo sendiri. Menggunakan dalang lokal bertujuan untuk mengangkat potensi kesenian yang di miliki putra putri daerah Hargomulyo.

Di Desa Hargomulyo terdapat tiga dalang di antaranya adalah Bapak Semi Hadi Carito, Bapak Sugeng dan Bapak Moko. Dari ketiga dalang setiap satu tahunnya satu orang dalang mendapat kesempatan untuk tampil menghibur masyarakat desa Hargomulyo. Untuk tahun ini undian dalang yang akan tampil semalam suntuk pada malam rasul adalah Bapak Semi Hadi Carito dari padusunan Jati Bungkus atas. Untuk dalang yang lain adalah untuk tahun berikutnya.

keputusan untuk menggunakan dalang lokal dan mengundinya untuk menentukan jadwal tampil setiap dalang adalah melalui rapat BPD dan pemerintah desa Hargomulyo.Dalam rapat selain memutuskan ketentuan dalang yang akan mengisi pada malam rasulan pada setiap tahunnya juga memutuskan iuran warga untuk rasul dan gunungan setiap dusun.

Setiap Dusun Di Wajibkan Untuk Mengeluarkan Kirab Budaya Pertanian

Rasulan pada umumnya adalah sebuah ajang bagi masyarakat, pemerintah hanyalah sebagai sarana atau panitia penyelenggara tradisi rasulan saja. Melalui perwakilan masyarakat yang berada di BPD bersama pemerintah telah memutuskan anggaran rasul bagi setiap kepala keluarga yaitu sebanyak Rp.15.000,-. iuran ini nantinya akan di gunakan untuk segala kebutuhan pada acara tradisi rasulan termasuk untuk biaya dalang.

Dalam rapat BPD dan pemerintah desa Hargomulyo juga menghasilkan peraturan baru dalam tradisi rasulan yaitu setiap dusun di wajibkan untuk mengeluarkan sebuah kirab budaya  yang berupa hasil pertanian seperti desa lain yang telah melaksanakan hal ini. Kirab budaya pertanian adalah setiap dusun di haruskan membuat sebuah gunungan yang isi dari gunungan itu adalah hasil pertanian unggulan yang berada di dusun masing-masing. Anggaran untuk pembuatan gunungan di bebankan pada setiap dusun masing-masing. Dalam kirab budaya ini adalah sekaligus ajang lomba,untuk menentukan dusun mana yang terbaik dalam kirab budaya ini.

 

 

 

Artikel terkait Penentuan Dalang Wayang Kulit Untuk Rasulan, Telah Di Tetapkan Oleh BPD Bersama Pemerintah Desa Hargomulyo