lklan-728x90
Menu

Pembentukan Desa Tangguh Bencana Gunungkidul Oleh BPBD

Pembentukan Desa Tangguh Bencana Gunungkidul Oleh BPBDGedangsari.com – Pembentukan Desa Tangguh Bencana Gunungkidul Oleh BPBD – Mendukung kesiapan warga menghadapi bencana alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul terus melakukan pembinaan di masyarakat. Bahkan tahun ini ditargetkan terbentuk 20 desa tangguh bencana. Berdasarkan pemetaan dari 144 desa di Gunungkidul, 52 diantaranya merupakan desa rawan longsor. Sehingga pembentukan desa tangguh bencana akan mampu melakukan penanganan dengan maksimal. Desa rawan longsor memang perlu dibentuk tim untuk penanggulangan bencana alam.

Kerjasama BPBD Gunungkidul dengan DIY, kini sudah membentuk 17 desa tangguh bencana. Untuk tiga desa tangguh bencana yang akan kembali dibentuk yakni Desa Watugajah, Gedangsari, Desa Semin, Semin dan Desa Sawahan, Ponjong. Harapannya sampai akhir 2015 mendatang sudah terbentuk 20 desa tangguh bencana di Gunungkidul.

Pembentukan desa tangguh bencana, melibatkan 30 hingga 40 orang. Terdiri dari seluruh elemen masyarakat. Tentunya tim akan dikoordinatori oleh ketua forum siaga. Sehingga bisa melakukan koordinasi maupun diskusi terkait mitigasi dan penanggulangan bencana. Selain longsor, BPBD melalui tim desa tangguh bencana juga mewaspadai ancaman angin kencang, gempa bumi dan kemungkinan bencana lainnya.

Sebagai desa tangguh bencana, juga akan mendapatkan fasilitas kesiapsiagaan. Kriterianya berbeda-beda tergantung dari kekuatan desa. Sejumlah peralatan diantaranya berupa gergaji pohon, tenda, tandu dan perlengkapan dapur darurat.

Artikel terkait Pembentukan Desa Tangguh Bencana Gunungkidul Oleh BPBD