lklan-728x90
Menu

Pelabuhan Benoa Menjadi Kunjungan Kapal Pesiar Internasional

Pelabuhan Benoa merupakan Pelabuhan terbesar di Bali yang lterdapat di Denpasar, Bali Selatan. Ternyata Pelabuhan Benoa ada pada peringkat pertama dalam hal jumlah kunjungan kapal pesiar ataupun cruise mancanegara. Seperti yang telah disampaikan oleh Kepala Humas Pelindo III, Edi Priyanto waktu bertemu media jika Pelabuhan Benoa menjadi peringkat pertama. Dan diikuti oleh Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat serta Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Pelabuhan Benoa itu menjadi peringkat yang pertama untuk kedatangan kapal cruise. Ini dipengaruhi oleh Bali yang menjadi tempat tujuan wisata dunia yang sudah sangat terkenal.

Pelabuhan Benoa sudah mulai diusahakan sejak 1924, berdasarkan Stb. 1924 No. 378. Dan seiring dengan keberadaan bangsa Belanda di Kota Denpasar. Pada mulanya batas daerah kerja serta kepentingan pelabuhan Benoa didasarkan pada gambar peta pelabuhan zaman Belanda. Yang telah ditetapkan dalam Staadblad nomor 16 tanggal 8 Januari tahun 1926. Berikutnya batas-batas lingkungan kerja pelabuhan serta daerah lingkungan kepentingan Pelabuhan Benoa ditetapkan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri. Serta Menteri Perhubungan nomor 15 Tahun 1990/KM.18 Tahun 1990 tanggal 14 Februari tahun 1990. Pada tahun 2010 Pelabuhan Benoa memperoleh penghargaan dari Majalah Dream World Cruise Destination menjadi Best Port Welcome.

Sejarah Pelabuhan Benoa

Tempat Bersandarnya Kapal pesiar International ataupun kapal pesiar dunia berpusat di pelabuhan Benoa. Sehingga apabila anda melintas jalan tol diatas laut Bali mandara Tol maka anda dapat melihat pemandangan kapal pesiar Dunia bersandar di pelabuhan benoa tersebut. Tahun Ini Lebh dari 50 Kapal rencananya akan berlabuh di benoa menurut pantauan pelabuhan benua. Hingga Bali akan di penuhi wisatawan manca negara bahkan di dunia. Sebab bayangkan saja kapasitas pengunjung yang ada di dalam kapal 2000 passengger sampai 4000 passenger. Serta itu belum termasuk Crue ataupun staff kapal pesiar tersebut !

Sayangnya kita tidak dapat melakukan tour ke dalam kapal sebab scuritynya yang ketat. Jika ada mungkin sudah ada yang membuat program Visiting Cruise line untuk orang yang ingin mengunjungi ! Tetapi kalau mau lihat jarak dengan dekat masih bisa jadi anda mampir saja ke pelabuhan benoa. Jika ada kapal dunia tersebut bersandar ! Kapal kapal yang besar tersebut sangat indah jika di lihat dari tol pada malam hari. Sebab lampunya yang cerah membuat susanan malam menjadi hidup. Pelabuhan Benoa tidak hanya untuk tempat tujuan kapal pesiar mancanegara saja. Akan tetapi juga sebagai tempat kapal kontainer, kapal penumpang, kapal perikanan, dan juga Terminal Curah Air serta Gas. Dan rencananya, Pelabuhan Benoa akan dibangun Pelabuhan Marina, rencana ini masih terkendala dengan masalah perizinan.

Lokasi Pelabuhan Benoa

Pelabuhan benoa yang ada di pulau bali juga sebagai lokasi perlombaan perahu layar tingkat internasional yang di ikuti oleh seluruh penjuru dunia. Dan tidak jauh dari pelabuhan benoa ada begitu banyak wahana permainan. Dan yang pastinya memicu andrenalin para pengunjung. Tempat ini terkenal dengan surganya permainan air berbagai permainan yang anda harus mencoba pada saat anda berkunjung di pulau bali.

Pelabuhan Benoa perbah kebanjiran kapal pesiar, sejak tahun 2014 dan juga 2015 kedatangan kapal pesiar tercatat mengalami peningkatan yang begitu baik. Pada tahun 2014, kiranya tercatat 49 unit kapal pesiar kemudian tahun 2015 sebanyak 58 kapal pesiar. Dan Pada tahun 2016 rencana kedatangan kapal sebanyak 56 unit kapal pesiar. Untuk Akhir Februari sampai dengan awal Maret 2016, sebanyak 5 unit kapal pesiar berturut-turut bersinggah dikapal pesiar. Dan hingga sempat membuat manajemen PT Pelindo III (Persero) Cabang Benoa begitu kuwalahan untuk mempersiapkan tambatan serta pembagian personil guna memberikan pelayanan terminal.

Artikel terkait Pelabuhan Benoa Menjadi Kunjungan Kapal Pesiar Internasional