lklan-728x90
Menu

Pantai Watu Bolong Gunungkidul, Pantai Unik Yang Eksotik

Siapa yang tak tahu keindahan Gunungkidul, pesona deretan pantai selatan yang begitu menawan membuatnya selalu menjadi pilihan menarik untuk menghabiskan waktu liburan anda. Bila anda ingin merasakan sensasi pantai yang unik dan eksotik serasa milik anda sendiri, di sinilah tempatnya di Pantai Watu Bolong Gunungkidul.

Pantai Watu Bolong ini merupakan daya tarik tersendiri yang ada di sekitar Pantai Wediombo atai tepat di sebelah Pantai Watu Lumbung. Mendengar nama Watu Bolong tentu sepintas kita akan teringat pada tempat wisata Karang Bolong yang banyak di temukan di beberapa daerah di Indonesia seperti Pantai Karang Bolong Anyer dan Pantai Karang Bolong Kebumen.

Pantai Watu Bolong Gunungkidul, Pantai Unik Yang Eksotik

Lokasi Pantai Watu Bolong

Secara administratif Pantai Watu Bolong ini berada di desa Balong, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul. Karena lokasinya yang cukup terpencil dan dikelilingi oleh bukit-bukit, hanya ada dua jalur khusus untuk menuju Pantai Watu Bolong ini, yaitu dari Pantai Drini dan dari Pantai Ngrumput. Untuk yang dari Pantai Drini, kita bisa melewati jalan setapak yang ada di bukit sebelah timur Pantai Drini. Medan jalan dari Pantai Drini ini cukup menantang, karena kita harus melewati bukit yang cukup tinggi. Namun pemandangan di atas bukit tersebut tentu membuat perjalanan anda semakin menyenangkan.

Unik Dan Eksotiknya Pantai Watu Bolong

Jika ingin tetap kering, Anda bisa memutari bukit yang berada di sebelah kiri pantai Drini. Sudah ada jalan setapak untuk pejalan kaki ke Pantai Watu Bolong. Jalan setapak tersebut sama dengan jalan menuju Pantai Ngrumput. Rasa lelah mengitari bukit akan hilang ketika Anda menemukan pantai yang tidak terlalu luas dan cenderung berbatu tersebut. Letak Pantai Watu Bolong yang cukup tersembunyi, akan memberikan Anda sensasi seolah memiliki pantai pribadi.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kondisi alam di Pantai Watu Bolong ini masih sangat alami dan belum ada satupun bangunan yang didirikan sekitar pantai tersebut. Hal inilah yang membuat Pantai Watu Bolong begitu menarik, karena di sana kita bisa menikmati suasana alam yang masih alami dan berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya.

Selain kondisi alamnya yang masih sangat alami, pemandangan di Pantai Watu Bolong ini juga sangat menarik. Dengan adanya bebatuan karang yang tersebar di sepanjang pantai dan tebing-tebing yang menjulang tinggi di sekitarnya tentu membuat pemandangan di Pantai Watu Bolong ini semakin indah. Apalagi saat ombak datang menghempas kebebatuan karang tersebut tentu menjadi pemandangan menarik untuk dinikmati.

Di bagian tengah Pantai Watu Bolong ini ada sebuah pulau karang, dan di bagian bawahnya terdapat lubang yang cukup besar. Saat air laut dalam kondisi surut, lubang tersebut akan terlihat seperti terowongan. Sedangkan pada saat air laut sedang pasang, obak akan menerobos masuk ke lubang tersebut dan menghasilkan uap air yang berbentuk seperti asap keluar melalui lubang bagian selatan. Fenomena unik ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang ke sana.

Kemudian di bagian selatan Pantai Watu Bolong, terdapat padang rumput yang luas dengan dikelilingi oleh bukit-bukit. Bagi anda yang suka berkemping, Padang rumput ini juga bisa digunakan untuk tempat kemping atau kemah. Tentunya kita harus bertanya dan meminta ijin terlebih dahulu kepada warga sekitar untuk keamanan dan kenyamanan anda saat berkemping, mengingat tempat ini masih belum berpenghuni.

Artikel terkait Pantai Watu Bolong Gunungkidul, Pantai Unik Yang Eksotik