lklan-728x90
Menu

Pantai Srakung Gunungkidul, Rasakan Wisata Seperti Pulau Pribadi

Jika kita berbicara mengenai kekayaan dan keindahan yang ada di Kabupaten Gunungkidul memang tak akan pernah ada habisnya. Selalu saja ada tempat tempat wisata yang baru dan unik di sini.

Kawasan selatan Gunungkidul sebenarnya menyimpan banyak potensi wisata. Selain kawasan pantai yang sudah beken di khalayak wisatawan, masih banyak pula pantai-pantai yang belum banyak diketahui meski keindahannya juga tak kalah dibandingkan lainnya. Salah satunya adalah Pantai Srakung. Pantai ini bagaikan permata alami yang sama sekali belum terasah. Pantai dengan potensi yang sangat besar apabila ada penanganan tepat.

Pantai Srakung Gunungkidul, Rasakan Wisata Seperti Pulau Pribadi

Pantai Srakung Yang BelumTerjamah

Sama seperti Pantai Seruni yang sempat kita bahas kemarin, bisa dibilang Pantai Srakung ini merupakan surga tak terjamah yang berada di pelosok Gunungkidul. Pantai Srakung terletak di Padukuhan Nujo, Desa Pucung, Kecamatan Girisubo. Dengan pasir putihnya dan dua bukit hijau yang dipadu dengan birunya laut membuat pantai menjanjikan pemandangan yang sangat indah.

Pantai yang terletak di teluk dengan diapit tebing di sisi kanan dan kiri ini memiliki pasir putih yang landai dan masih bebas dari sampah plastik. Tumbuhan liar di sekeliling menambah indahnya pemandangan khas laut yang menenangkan. Kamu juga bisa memandangi beberapa kelompok kepompong kecil yang bertebaran di pantai. Sekelompok kupu-kupu beraneka warna yang beterbangan menandakan udara di sekitar masih jauh dari gangguan segala bentuk pencemaran.

Pantai ini menyuguhkan eksitisme pemandangan pantai yang sungguh luar biasa, Pantai yang terletak di teluk dengan diapit tebing di sisi kanan dan kiri ini memiliki pasir putih yang landai dan masih sangat bersih. Deburan ombak yang mengenai tebing rasanya alam sangat menyatu dengan diri kita.

Bagaimana Menuju Pantai Srakung?

Untuk menuju pantai ini memang tidak mudah karena kita masih harus melalui jalan bebatuan yang dibuat berdasarkan inisiatif warga sekitar Pantai Srakung. Jalan ini belum dapat dilalui kendaraan, sehingga harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer sebelum mencapai bibir pantai. Jangan khawatir, di sepanjang jalan kita di suguhkan pemandangan mempesona lain berupa perbukitan dan ladang penduduk yang hijau menyegarkan mata, sehingga rasa lelah tak akan terasa.

Tapi setelah kita melalui medan yang lumayan sulit semuanya itu akan terbayarkan setelah kita sampai di tepian pantai srakung. Pantai ini masih sangat sunyi jadi sangat cocok sekali untuk menenangkan jiwa dan melepaskan lelah dan urusan duniawi barang sejenak dengan menikmati keindahan serta suara debur ombak yang tiada hentinya untuk mengembalikan suasana hati yang tak menentu menjadi seperti sedia kala.

Pantai Srakung Serasa Pulau Pribadi

Meski menawarkan suasana keteduhan yang luar biasa indah, namun pantai ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Lokasi yang cukup terpencil dengan medan yang sulit membuat para wisatawan relatif belum mengetahui perihal keberadaan Pantai Srakung. Namun keadaan inilah yang menjadi sensasi berbeda bagi para pengunjung. Sepinya wisatawan membuat para pengunjung serasa mempunyai resort pribadi. Sejauh mata memandang hanya ada laut dan pantai. Tak ada pedagang ataupun kios yang terkadang merusak pemandangan. Para pengunjung bebas melakukan apapun lantaran memang hanya segelintir orang yang datang.

Perairan Pantai Srakung memang cukup tenang, sehingga anda bisa berenang atau sekadar main air dengan aman. Ingat, jangan terlalu jauh dari bibir pantai karena tak ada penjaga pantai yang siap menolong jika terjadi sesuatu hal menimpa para pengunjung. Kesunyian Pantai Srakung memang cocok bagi anda yang senang menyendiri. Lepaskan lelah dan urusan duniawi barang sejenak dengan menikmati keindahan serta suara debur ombak yang tiada hentinya untuk mengembalikan suasana hati yang tak menentu menjadi seperti sedia kala.

Artikel terkait Pantai Srakung Gunungkidul, Rasakan Wisata Seperti Pulau Pribadi