lklan-728x90
Menu

Pantai Jungwok Gunungkidul Keindahan Di Sela Karang Yang Menawan

Daerah Gunung Kidul atau Wonosari memang menyimpan banyak potensi wisata yang luar biasa, salah satu yang menjadi magnet utama adalah wisata pantainya. Sebagaimana kita ketahui, pesisir pantai yang ada di Gunung Kidul menawarkan pasir pantai putih yang kecantikannya tidak kalah dari pantai-pantai yang ada di pulau Bali.  Pantai Jungwok adalah salah satu dari sekian banyak pantai yang ada di kabupaten Gunung Kidul, DIY. Nama pantai ini memang unik. Pantainya pun asyik. Terutama untuk camping ceria bersama teman-teman.

Pantai Pulang Syawal/Indrayanti boleh saja menjadi pantai paling ramai di Gunung Kidul. Tapi, ada banyak pantai lain di sana yang sangat menarik untuk kita jelajahi satu-satu. Salah Satunya ya Pantai Jungwok ini. Pantai ini masih berada di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Tepatnya terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Nama pantainya adalah Pantai Jungwok. Lokasinya sekitar satu kilometer sebelah timur Pantai Wediombo.

Pantai Jungwok Gunungkidul Keindahan Di Sela Karang Yang Menawan

Keunikan Pantai Jungwok Yang Mempesona

Pantai ini mempunyai tiga aliran sungai air tawar yang langsung menuju ke pantai. Aliran sungai air tawar tersebut seolah-olah membelah Pantai Jungwok menjadi tiga bagian. Suasana Pantai Jungwok masih sangat alami dan sepi, serasa pantai ini milik pribadi. Bentuk pantainya cekung dan dikelilingi oleh perbukitan yang indah. Anda bisa bermain-main air di kawasan ini. Namun ingat, jangan terlalu ke tengah. Selain itu, terdapat sebuah batu karang besar yang berada di tengah laut. Batu karang ini dikenal dengan nama Batu Topi atau Watu Topi. Di atas batu inilah, penduduk sekitar atau para pengunjung biasanya melakukan kegiatan memancing.

Hamparan pasir pantai yang berwarna putih serta birunya air laut semakin menambah daya pikat dan eksotisme pantai ini. Selain kedua hal tersebut, pantai ini juga mempunyai kekayaan biota laut. Di pantai ini Anda bisa menyaksikan ikan-ikan kecil yang terdampar di sela-sela karang laut. Lobster, alga, serta bintang laut pun juga banyak terdapat di kawasan pantai ini. Beberapa pengunjung bahkan biasanya berkemah di kawasan pantai.

Garis pantai Jungwok ini cukup panjang. Sayangnya, jika air sedang surut, kita tidak bisa bermain kejar-kejaran ombak karna bibir pantainya berupa karang yang cukup kasar dan tajam. Sebagai gantinya, kita bisa berjalan-jalan menyusuri setiap sudut pantai Jungwok untuk mencari spot-spot menarik untuk mengambil beberapa foto

Pemandangan Pantai Jungwok ini semakin aduhai jika kita lihat dari buktit yang ada di sekitar pantai. Penduduk lokal menyebutnya sebagai Bukit Manjung. Dari bukit ini, garis pantai Jungwok akan terlihat sangat jelas. Pemandangan hijau di sekitarnya semakin menambah keindahan natural di Pantai Jungwok.

Fasilitas yang Tersedia Di Pantai Jungwok

Karena Pantai Jungwok memiliki akses yang cukup sulit, maka tidak banyak fasilitas umum yang dapat Anda temukan. Tidak ada tempat parkir serta rumah makan. Bahkan rumah penduduk pun tidak ada. Sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Bila ingin menginap, Anda bisa berkemah/mendirikan tenda di kawasan pantai ini.

Rute Menuju Pantai Jungwok

Berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta. Akses untuk menuju ke Pantai Jungwok masih terbilang sulit. Untuk menuju ke pantai ini, Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau dengan kendaraan pribadi.

Dengan kendaraan umum rutenya adalah :

Dari Terminal Giwangan Yogyakarta bisa menggunakan bus yang menuju ke Terminal Wonosari (biayanya sekitar Rp 6.000). Dari Terminal Wonosari dilanjutkan menuju ke Pantai Wediombo dengan menggunakan ojek (biayanya sekitar Rp 20.000 atau sesuai kesepakatan dengan pengemudi).

Sedangkan bila menggunakan kendaraan pribadi rutenya adalah :

Dari pusat kota Yogyakara – Wonosari – Semanu – Jepitu – Pantai Wediombo. Sesampainya di Pantai Wediombo, Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda di area Pantai Wediombo dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar satu kilometer untuk dapat mencapai bibir Pantai Jungwok.

Artikel terkait Pantai Jungwok Gunungkidul Keindahan Di Sela Karang Yang Menawan