lklan-728x90
Menu

Pantai Gunung Gandul Alternatif Wisata Pantai Sambil Mancing Mania

Jika anda sedang berlibur ke Jogja atau pada saat mudik lebaran seperti ini, tidak melulu anda harus ke Malioboro, Prambanan, Kraton, atau Ratu Boko. Jika mudik lebaran anda membosankan sedangkan anda punya waktu lebih di Jogja, cobalah untuk menjelajahi keindahan pesisir pantai selatan Kabupaten Gunungkidul. Karena Di Gunungkidul ini memang sudah mendapat julukan surganya wisata pantai Jogja. Karena selain pantai-pantai yang telah terkenal di Gunungkidul seperti Baron, Krakal, Kukup, Sundak,dan sebagainya ada banyak pula pantai baru yang masih sepi dan alami.

Banyak yang menjadikan pantai-pantai di Gunung Kidul sebagai destinasi liburan untuk mengusir penat. Ada puluhan pantai yang berada di Gunung Kidul. Hampir semuanya memiliki pasir putih serta air yang masih bersih. Pantai-pantai di Gunung Kidul juga menjadi tujuan favorite mahasiswa-mahasiswa di Jogja untuk bermalam sambil mendirikan tenda, bercengkrama bersama teman menikmati suasana.

Pantai Gunung Gandul Alternatif Wisata Pantai Sambil Mancing Mania

Pantai Gunung Gandul Girisubo, Gunungkidul

Wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul terkenal akan keidahannya. Jika musim libur tiba objek-objek wisata pantai dipadati wisatawan baik dari dalam daerah hingga luar daerah yang tertarik menikmati keindahan pantai selatan. Namun berbeda dengan tempat yang satu ini, mungkin hanya kalangan orang tertentu saja yang mau dan berani mengunjunginya, pantai Gunung Gandul namanya. Kenapa demikian? Sepertinya Pantai Gunung Gandul ini merupakan salah satu kawasan yang ekstrim sehingga dikatakan tidak semua orang bisa ke sana.

Pantai yang terletak di Padukuhan Kandri, Desa Pucung, Kecamatan Girisubo ini  tidak seperti pantai pada umumnya. Letaknya yang jauh dari jalan raya, hanya akses jalan setapak untuk dapat sampai di lokasi membuat pantai ini letaknya begitu tersembunyi dan belum banyak wisatawan baik lokal maupun luar di Gunungkidul yang mengetahui. Untuk sebagian orang, lokasi pantai begitu ekstrim dan berbahaya, namun berbeda dengan para penghobi mancing dengan spot ekstrim pantai ini seakan menjadi surga bagi mereka.

Lokasinya yang tepat di tebing setinggi 20 meter membuat pantai ini menjadi tantangan tersendiri untuk para pemancing. Ditambah pemandangan berupa gunung seperti menggantung, sehingga kemudian oleh masyarakat setempat disebut Gunung Gandul dan nama itu bertahan sampai sekarang. Pemandangan seperti itu menambah kesan ekstrim dan eksotis pada pantai Gunung Gandul ini.

Mancing Mania Di Pantai Gunung Gandul, Gunungkidul

Pantai Gunung Gandul ini memang belum terkenal seperti kebanyakan pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Pantai Gunung Gandul masih terdengar asing di telinga para wisatawan seperti pantai Nglambor, Pantai Jogan, Pantai Siung dan pantai lain di Gunungkidul. Hal ini karena memang lokasi pantainya yang sangat tersembunyi dan pantai yang tergolong ekstrim.

Pantai ini biasanya banyak diminati oleh para pemancing. Bahkan para pemancing ini ada yang datang dari luar Gunungkidul karena penasaran dengan spot memancing yang ada di pantai Gunung Gandul ini. Kebanyakan alasan mereka datang ke pantai ini adalah untuk memancing dan menikmati ekstrimnya lokasi pantai Gunung Gandul ini, karena hal ini menurut mereka adalah sebuah tantangan tersendiri sehingga bisa sampai di pantai Gunung Gandul ini.

Sedangkan pendapat lain datang dari warga Gunungkidul sendiri bahwasanya warga sekitar pantai yang sering mencari rumput di sekitar Gunung Gandul mengatakan bahwa memang pada hari- hari biasa Pantai Gunung Gandul ini masih sepi wisatawan karena memang akses jalur menuju Gunung Gandul hanya dapat dilewati dengan jalan setapak. Namun pada waktu sore atau hari- hari tertentu kadang banyak juga pemancing baik itu dari warga sekitar maupun pendatang dari luar daerah Gunungkidul.

Artikel terkait Pantai Gunung Gandul Alternatif Wisata Pantai Sambil Mancing Mania