lklan-728x90
Menu

Tempat Panjat Tebing Paling Asyik Di Gunungkidul Yogyakarta

Panjat Tebing atau bahasa asingnya dikenal dengan Rock Climbing termasuk salah satu dari sekian banyak olahraga alam bebas. Serta termasuk salah satu bagian dari mendaki gunung yang tidak dapat dilakukan dengan cara berjalan kaki. Akan tetapi harus menggunakan peralatan serta teknik-teknik tertentu untuk dapat melewatinya. Pada umumnya panjat tebing dilakukan di daerah yang dengan kontur batuan tebing dengan sudut kemiringan mencapai lebih dari 45.° Serta mempunyai tingkat kesulitan tertentu.

Untuk melakukan panjat tebing harus memakai berbagai perlengkapan yang khusus. Seperti perlengkapan helm,sepatu panjat, kantung kapur, tali kernmantle serta masih banyak peralatan peralatan lainnya. peralatan ini untuk menunjang keselamatan waktu melakukan pemanjatan. Pada dunia pariwisata, panjat tebing dikategorikan dalam wisata minat khusus. Indonesia mempunyai banyak sekali lokasi panjat tebing dengan keistimewaan dari masing-masing. Tidak hanya menyuguhkan tebing-tebing curam untuk pemanjatan akan tetapi juga keindahan alam yang mempesona. Di Indonesia sendiri juga banyak di jumpai tebing-tebing yang tepat dan sesuai untuk olahraga ekstrim ini.

Panjat Tebing Gunung Nglanggeran

Dengan Potensi alam juga pilihan berbagai tempat pada Kawasan Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Terdapat berbagai alternatif kegiatan yang bisa dilakukan dilokasi ini, salah satunya yaitu panjat Tebing. Bongkahan batu yang menjulang dengan kemiringan serta tingkat kesulitan beragam bisa kita temui di sekitar Pendopo Joglo Kalisong. Untuk para pecinta alam serta kalangan anak muda mendaki gunung adalah suatu hal yang sangat menyenangkan. Dan juga kerja team, kebersamaan serta kekompakan bisa teruji dan dilihat oleh kegiatan tersebut. Selain itu kita juga bisa melihat panorama keindahan Alam yang masih alami pada lokasi ini.

Sampai begitu tertariknya guna mencoba menaklukkan tebing di Gunung Nglanggeran seorang Wisatawan asing berkemah selama 3 hari guna melakukan Tracking. Wisatawan asing ini termasuk salah satu contoh dari wisatawan yang kagum akan keindahan Gunung Berapi Purba pada lokasi Wisata Alam Gunung Nglanggeran. Bersama dengan anggotanya wisatawan asing ini selama 3 hari dengan pindah-pindah mencoba menakhlukan tebing yang terjal. Ditemani dengan beberapa mahasiswa dari salah satu universitas di Jogjakarta. Para Wisatawan asing ini merasa senang juga nyaman sebab tanggapan oleh masyarakat sekitar yang ramah dan bersahabat sehingga bisa berbaur.

Tempat ini juga menawarkan tempat panjat tebing yang ada beberapa tingkatan kesulitan dari ringan, sedang serta susah. Jika merasa minat berpetualang, mencoba ketrampilan anda dalam Panjat Tebing, datanglah ke Lokasi Wisata Alam Gunung Nglanggeran atau Gunung Berapi Purba ini dan takhlukan banyak tebing terjalnya.

Panjat Tebing Pantai Siung

Nama Pantai Siung mungkin tidak sepopuler Pantai Indrayanti ataupun Pantai Pok Tunggal yang sekarang melejit sebagai primadona baru oleh para wisatawan. Akan tetapi, bagi para pegiat kegiatan outdoor Pantai Siung jadi salah satu pantai yang wajib anda dikunjungi. Karena pantai yang bersebelahan dengan Pantai Nglambor ini mempunyai banyak jalur panjat tebing yang menguji nyali.

Awalnya Pantai Siung hanyalah pantai yang biasa dan jarang dikunjungi wisatawan. Waktu itu beberapa komunitas pecinta alam mulai melirik tebing-tebing Siung dan mulai mencoba menaklukkannya. Pantai ini dibuka menjadi areal pemanjatan secara resmi pada tahun 2000. Dan ditandai dengan dibukanya jalur panjat “Welcome to Siung”. Sesudah dibuka dengan cara resmi, Siung pun perlahan mulai dikenal oleh kalangan para pecinta alam. Jangan lupa menggunakan perlengkapan panjat tebing demi keamanan dan keselamatan anda.

Artikel terkait Tempat Panjat Tebing Paling Asyik Di Gunungkidul Yogyakarta