lklan-728x90
Menu

Panasonic dan Toshiba Tutup 3 Pabrik di RI, Ribuan Karyawan Terkena PHK

03/02/2016 | Berita & Peristiwa

Dua perusahaan elektronik asal Jepang, yakni Panasonic dan Toshiba membawa kabar yang mengejutkan bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, dua perusahaan tersebut melakukan penutupan tiga pabrik di Tanah Air yang tentunya membawa dampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebanyak lebih dari 2.500 karyawan.

Panasonic dan Toshiba Tutup

Dua perusahaan elektronik raksasa ini gulung tikar dengan menutup tiga pabrik di Indonesia karena dihantam pelemahan daya beli masyarakat di Tanah Air. Lantaran kondisi tersebut, menggerus penjualan produk elektroniknya.

PT Toshiba Consumer Products Indonesia, salah satu perusahaan manufacturing Jepang yang bergerak di bidang industri elektronik mengklarifikasi data yang disebutkan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) terkait pemutusan hubungan kerja (PHK) yang akan dilakukan pihaknya. Perusahaan membantah ada 900 karyawan terkena PHK. Namun, akhir Maret nanti hanya akan ada PHK terhadap sekitar 360 orang.

Penutupan 3 Pabrik Elektronik

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja (KSPI), Said Iqbal mengatakan, Toshiba telah menutup pabrik televisi di Kawasan Industri Cikarang, Jawa Barat. Penutupan pabrik bakal dieksekusi pada April 2016. Saat ini, sedang terjadi proses negosiasi pesangon antara manajemen perusahaan dengan serikat pekerja pabrik tersebut.

Perusahaan lainnya yang ikut terhantam pemburukan ekonomi adalah Panasonic lighting. Sebanyak dua pabriknya resmi ditutup, seperti Panasonic Lighting Indonesia (PLI) di Pasuruan, Jawa Timur di awal Januari ini dan satu pabrik lainnya di Kawasan Industri Bekasi pada Februari 2016.

Menurut Said Iqbal, Menteri Perindustrian Saleh Husin tidak perlu kaget mendengarkan kabar tersebut. Lebih baik memikirkan mencegah pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan memberikan insentif. Masalah utamanya bukan ada PHK setelah pabrik tutup melainkan kepercayaan berinvestasi di Indonesia. Dikhawatirkan akan timbul pertanyaan dari investor dunia.

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menilai wajar jika pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kaget mendengar Toshiba dan Panasonic menutup pabriknya di Tanah Air.

Artikel terkait Panasonic dan Toshiba Tutup 3 Pabrik di RI, Ribuan Karyawan Terkena PHK