lklan-728x90
Menu

Olahan Makanan Dari Tepung Singkong, Kerupuk Lempeng

13/02/2015 | Kuliner, Produk Unggulan

Olahan Makanan Dari Tepung Singkong, Kerupuk Lempeng

Gedangsari.com – Gunungkidul memang begitu akrab dengan Gaplek atau singkong. Masih seputar olahan makanan, kali ini Gedangsari.com akan berbagi seputar apa itu lempeng singkong dan bagaimana cara membuatnya. Lempeng singkong adalah kerupuk asli homemade dari Yogyakarta. Lempeng singkong ini terbuat dari singkong, bawang putih, dan garam.

Di Gunungkidul banyak sekali olahan makanan yang terbuat dari singkong dan tepung gapleknya. Salah satunya adalah lempeng. Cara pengolahannya dengan cara digoreng menggunakan minyak panas dan lempeng siap dimakan. Dinamakan lempeng singkong karena cara membuatnya dipipihkan dengan menggunakan botol atau ditipiskan. Sehingga disebut lempeng atau artinya gepeng.

Cara membuat Lempeng

Cara membuat kerupuk lempeng ini sangat mudah dan tak perlu biaya yang mahal. Dengan bahan yang tentunya dapat diperoleh dengan mudah di Gunugkidul yakni tepung gaplek/ singkong dapat diolah menjadi makanan camilan yang bernilai ekonomis tinggi.

Bahan yang digunakan: Tepung Gaplek atau singkong, kelapa parut secukupnya, bawang putih, garam, minyak goreng.

Cara membuat lempeng sendiri sangat mudah: pertama-tama tepung gaplek yang sudah kering di campur dengan parutan kelapa, bawang putih dan garam. kemudian diberi air sedikit-sedikit. Setelah itu di guyeng atau di awug-awug. Sementara itu panaskan panci untuk mengukus adonan tepung singkong tersebut. Setelah mendidih kukus adonan selama kurang lebih 30 menit. Setelah matang ambil satu sendok makan adonan kemudian giling menggunakan gilingan atau botol kaca. Jemur sampai kering lalu goreng dalam minyak. Lempeng siap disantap.

 

jasa buat blog

Artikel terkait Olahan Makanan Dari Tepung Singkong, Kerupuk Lempeng

loading...