lklan-728x90
Menu

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta Wisata Bersejarah

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta Wisata BersejarahMuseum Ullen Sentalu Yogyakarta Wisata Bersejarah – Museum Ullen Sentalu, terletak di daerah Pakem, Kaliurang, Kabupaten Sleman, adalah museum yang menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram (Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman) beserta koleksi bermacam-macam batik (baik gaya Yogyakarta maupun Surakarta).

 

Museum ini juga menampilkan tokoh raja-raja beserta permaisurinya dengan berbagai macam pakaian yang dikenakan sehari-harinya.

Nama Ullen Sentalu merupakan singkatan dari bahasa Jawa: “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku” yang artinya adalah “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Filsafah ini diambil dari sebuah lampu minyak yang dipergunakan dalam pertunjukkan wayang kulit (blencong) yang merupakan cahaya yang selalu bergerak untuk mengarahkan dan menerangi perjalanan hidup kita. Museum ini didirikan oleh salah seorang bangsawan Yogyakarta yang dikenal sangat dekat dengan keluarga keraton Surakarta dan Yogyakarta.

Di Museum Ullen Sentalu, dapat diketahui bagaimana para leluhur Jawa membuat batik yang memiliki arti dan makna yang mendalam di dalam setiap coraknya. Ada juga berbagai sejarah mengenai keadaan budaya Jawa kuno dengan segala aturannya. Keadaan museum yang dibangun dengan baik, mampu membuat pengunjung seperti terserap ke masa Jawa kuno yang mengagumkan.

Museum Ullen Sentalu bercerita banyak tentang 4 keraton di Solo dan Yogyakarta; Kasunanan dan Istana Mangkunegaran Surakarta, Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Puro Pakualaman Yogyakarta.

Museum Ullen Sentalu sangat kental dengan aura wanita, karena banyak bercerita mengenai tokoh-tokoh putri keraton yang memiliki talenta-talenta luar biasa. Yang menjadi daya tarik di museum ini adalah kisah tentang Gusti Siti Nurul yang sangat cantik rupawan. Gusti Nurul adalah Puteri Kraton Mangkunegaran yang banyak membuat pangeran-pangeran jatuh cinta kepadanya, pada masa itu. Ia memberi inspirasi para pangeran Mataram dan putri-putri lain pada masa itu untuk tidak berpoligami.

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta Wisata Bersejarah,

Di area luar Museum Ullen Sentalu ada resto Beukenhof. Menarik bagi pengunjung yang ingin menyantap masakan dengan suasana Eropa dan nuansa istana. Buat yang ingin membeli buah tangan, ada Souvenir Shop yang menjual pernak-pernik hasil kerajinan dan batik gaya Jogja dan Solo.

Artikel terkait Museum Ullen Sentalu Yogyakarta Wisata Bersejarah