lklan-728x90
Menu

Museum Sonobudoyo Yogyakarta Tempat Wisata Bersejarah Kebudayaan Jawa

Museum Sonobudoyo Yogyakarta Tempat Wisata Bersejarah Kebudayaan JawaMuseum Sonobudoyo Yogyakarta Tempat Wisata Bersejarah Kebudayaan Jawa – Museum sonobudoyo yogyakarta adalah museum sejarah dan kebudayaan Jawa, termasuk bangunan arsitektur klasik Jawa. Museum ini menyimpan koleksi mengenai budaya dan sejarah Jawa yang dianggap paling lengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia di Jakarta. Selain keramik pada zaman Neolitik dan patung perunggu dari abad ke-8, museum ini juga menyimpan beberapa macam bentuk wayang kulit, berbagai senjata kuno (termasuk keris), dan topeng Jawa.

Museum Sonobudoyo terdiri dari dua unit. Museum Sonobudoyo Unit I terletak di Jalan Pangurakan No. 6 Yogyakarta, sedangkan Unit II terdapat di nDalem Condrokiranan, Wijilan, di sebelah timur Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta.

Museum yang terletak di bagian utara Alun-alon Utara dari kraton Yogyakarta itu pada malam hari juga menampilkan pertunjukkan wayang kulit dalam bentuk penampilan aslinya (dengan menggunakan bahasa Jawa diiringi dengan musik gamelan Jawa). Pertunjukan wayang kulit ini disajikan secara ringkas dari jam 08.00-10.00 malam pada hari kerja untuk para turis asing maupun turis domestik.

Harga Tiket

Harga tiket untuk memasuki Museum Sonobudoyo Yogyakarta :

– Untuk Dewasa Rp.3.000,-
– Anak-anak Rp.2.500,-
– Rombangan : Untuk Dewasa Rp.2.500,- dan untuk anak-anak Rp.2.000,-
– Wisatawan Asing sebesar Rp.5.000,-
– Menonton Pagelaran wayang orang Rp.20.000,-

Museum Sonobudoyo Yogyakarta Tempat Wisata Bersejarah Kebudayaan Jawa,

Fasilitas

Fasilitas penunjang yang tersedia ditempat pada museum sonobudoyo ini berupa koleksi buku dan naskah yang menggambarkan kebudayaan Indonesia, ruang laboratorium konversi, pendopo untuk ruang pengunjung.

– Museum Sonobudoyo Unit I mempunyai Auditorium yang dapat digunakan untuk ruang rapat, pelatihan atau seminar yang berkapasitas 75 orang untuk lantai pertama dan 100 orang untuk lantai dua

– Museum Sonobudoyo Unit II mempunyai Ruang Serbaguna yang berkapasitas 500 orang yang dapat digunakan untuk tempat pernikahan dan sarasehan yang dilengkapi dengan AC, sound system, kursi lipat, meja seminar dan ruang transit berkapasaitas 15 orang.

 

Artikel terkait Museum Sonobudoyo Yogyakarta Tempat Wisata Bersejarah Kebudayaan Jawa