lklan-728x90
Menu

Misteri Pantai Parangtritis Yogyakarta Yang Semakin Menguak

Pantai Parangtritis yaitu wisata pantai yang paling terkenal di wilayah Jogjakarta. Lokasinya yang hanya berjarak 27 kilometer dari pusat kota Jogjakarta, membuat pantai ini termasuk wajib dikunjungi. Ombaknya yang begitu besar khas pantai di pesisir selatan, serta juga pemandangannya di waktu matahari tenggelam yang sangatlah romantis.Ini menjadi daya Tarik pantai parangtritis. Tidak heran jika tempat ini kerap digunakan sebagai lokasi prewedding ataupun sekedar lokasi rekreasi bersama dengan keluarga. Panorama pantai yang luas serta eksotis dengan pasir yang berwarna gelap. Dan dilengkapi dengan tebing tebing karang yang membingkai pada tepi pantai.

Semua itu menjadi ciri khas dan keindahan dari panorama alam pantai parangtritis. akan tetapi tidak hanya itu saja penyebab mengapa pantai ini menjadi ramai oleh pengunjung dari berbagai negara. Kisah misteri pantai parangtritis juga menjadi daya pikat para wisatawan untuk berkunjung di tempat wisata ini. Siapapun yang mendengar kisah cerita misteri pantai parangtritis, mereka ingin menyaksikan langsung seperti apa pantai yang terkenal dengan keindahannya dan banyak dikelilingi dengan mitos dan kepercayaan akan hal mistis ini.

Misteri Pantai Parangtritis

Mulai dari misteri Kerajaan Kanjeng Ratu Kidul yang telah melegenda. Sampai dengan misteri ombak besarnya yang sering memakan banyak korban. Banyak sekali fenomena serta misteri pantai parangtritis yang mencuat dari kisah Nyi Roro Kidul selama ini. Dari hal yang biasa sampai dengan yang luar biasa  selalu menjadi perhatian seluruh masyarakat yang percaya akan legenda Ratu Selatan ini. Tidak ada salahnya bila fenomena-fenomena ini diteliti dengan lebih mendalam. Adanya ilmu pengetahuan tentunya fenomena-fenomena yang ada kaitannya dengan Nyai Roro Kidul akan terjawab dengan cara ilmiah.

Konon katanya , Kanjeng Ratu Kidul, atau ada juga yang menyebutnya Nyi Roro Kidul, merupakan salah satu penguasa gaib yang mengelilingi Kesultanan Yogyakarta. Sebab itu para Sultan harus tetap menjalin komunikasi pada penguasa laut selatan ini. Serta harus meminta restu Nyi Roro Kidul saat melaksanakan setiap kegiatan, supaya semua berjalan dengan aman juga tenteram. Nah, pantai Parangtritis dipercaya sebagai pintu gerbang menuju kerajaan gaib di wilayah laut selatan. Akibatnya di pantai Parangtritis sering dilakukan tata cara adat supaya sultan bisa berkomunikasi dengan kanjeng ratu gaib itu.

Mitos Baju Hijau Parangtritis

Masyarakat yang beranggapan jika orang yang ke pantai Parangtritis dengan memakai baju ataupun kaos hijau akan dijadikan budak untuk sang Nyai. Buktinya dahulu banyak sekali ditemukannya mayat yang memakai baju hijau di sekitar pantai parangtritis. Serta banyak keluarga yang mengaku kehilangan beberapa anggota keluarganya dengan keterangan ciri-ciri memakai baju yang berwarna hijau.

Nasib sial juga dialami oleh seorang pengunjung pantai parangtritis. Menurut masyarakat sekitar pengunjung tersebut mungkin belum tau akan riwayat baju hijau di pantai Parangtritis. Nah, Setelah tidak lama ada di pantai Parangtritis, ada salah satu keluarga yang bingung mencari anggota keluarganya yang hilang dengan dibantu oleh penjaga pantai disitu. Sayang sekali dalam setengah hari mereka tidak menemukan dimana orang yang mereka cari tersebut. Jarak beberapa hari, dikabarkan ada penemuan mayat dengan ciri memakai baju hijau dipesisir pantai. Akhirnya mayat itu pun teridentifikasi adalah salah satu anggota keluarga yang hilang kemarin itu.

Di samping mitos tersebut, dunia ilmiah ternyata telah membuktikan dengan adanya pasir besi yang berada pada sekitar pantai. Pasir ini mempunyai tekstur tidak rapat serta tidak dapat menahan beban berat diatasnya seperti halnya lumpur. Pasir ini juga mudah sekali terbawa arus air. Jadi jika kita diam di tepi pantai parangtritis, maka tidak lama kaki kita akan menjadi semakin tenggelam. Serta tertimbun pasir yang dibawa arus ombak pantai Parangtritis. Bisa disimpulkan bisa saja yang terseret ombak dengan baju hijau ini karena memang kecelakaan laut.

Artikel terkait Misteri Pantai Parangtritis Yogyakarta Yang Semakin Menguak