lklan-728x90
Menu

Menikmati Satu Lagi Pesona Bukit Cabaan Di Mertelu, Gedangsari, Gunungkidul

Bukit Gunung Tugel atau Bukit Cabaan merupakan suatu deretan bukit yang terdapat di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lebih tepatnya di Desa Mertelu Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul. Bila dari kota Jogja, Anda  masih terus mengambil jalur ke timur ke arah kota Wonosari yang merupakan ibukota Kabupaten Gunungkidul. Dari ibukota Kabupaten, Gunung Tugel masih berjarak kurang lebih 40 km. Gunung Tugel adalah suatu bukit di Desa Mertelu yang hampir sama dengan bukit – bukit yang lain di sekitar daerah tersebut. Pesona wisata yang membuat Gunung Tugel menjadi salah satu pilihan berlibur alternatif yang akan bisa memulihkan pikiran maupun badan adalah mengenai pemandangan di sekitar Bukit  Gunung Tugel yang indah.

Puncak Bukit Gunung Tugel ini biasa juga disebut dengan Bukit Cabaan. Anda bisa dimanjakan dengan adanya pemandangan kota Klaten yang terhampar luas di depan Bukit Gunung Tugel. Selain itu juga dapat melihat sebuah rawa yang terkenal di Klaten (Rawa Jombor) dari atas bukit di Gunung Tugel. Kurang lengkap juga kalau bisa melihat dua gunung yang berada di persis di depan Gunung Tugel, yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Saat cuaca sedang cerah, Anda  bisa melihat sunrise dan sunset yang memukau di atas bukit Gunung Tugel. Hal tersebut merupakan salah satu daya tarik wisata, mengapa Gunung Tugel dapat menjadi wisata alternatif. Banyak potensi wisata yang bisa menjadi nilai pendukung Gunung Tugel untuk menarik wisatawan.

Menikmati Satu Lagi Pesona Bukit Cabaan Di Mertelu, Gedangsari, Gunungkidul

Rute Menuju Bukit Cabaan

  • Dari Jogja = lewat Pathuk, Sambipitu ambil kiri ke arahKecamatan Gedangsari, sampai Kantor Kecamatan Gedangsari ambil ke arah timur ke desa Mertelu. Sampai desa Mertelu, silakan ambil jalan ke SD Mertelu Baru. Basecamp untuk menitipkan motor ada dirumahnya Mbah Slamet.
  • Dari Klaten/Solo =  Klaten lewat Wedi, lewat jalur ke Gantiwarno yang sebelah timur, keselatan arah kecamatan Gedangsari. Sampai Kantor Kecamatan Gedangsari ambil ke arah timur ke desa Mertelu. Sampai desa Mertelu, silakan ambil jalan ke SD Mertelu Baru.

Pesona Bukit Cabaan

Pesona Bukit Cabaan

Selain anda datang langsung ke bukit Cabaan Di Desa Mertelu ini, anda juga bisa menikmati pesona bukit Cabaan dari Green Village Gedangsari. Bukit-bukitnya sudah menghijau oleh pepohonan yang bersemi. Adalah Pucak Bukit Cabaan atau disebut juga sebagai Gunung Tugel di sisi selatan. Menikmatinya sambil meluruskan kaki di gasebo-gasebo berdesain unik di puncak Green Village ini saya kira adalah cara terbaik melepaskan penat. Atau mau melempar lelah jauh ke jurang?

Anda akan dimanjakan dengan beraneka pemandangan alam yang bisa dilihat dari atas bukit. Siapkan rencana Anda untuk bergegas mengatur jadwal wisata alam ke Gunung Tugel. Berwisata tidak harus mahal, yang penting adalah Anda bisa merasa pikiran segar dan tentunya dengan suguhan alamnya yang menawan.

Artikel terkait Menikmati Satu Lagi Pesona Bukit Cabaan Di Mertelu, Gedangsari, Gunungkidul