lklan-728x90
Menu

Menikmati Indahnya Wisata Susur Goa Di Karangmojo Gunungkidul

Kabupaten Gunungkidul, mungkin masih belum banyak yang mengetahui kalau wilayah kabupaten dengan luas 1.485,36 km2 ini menyimpan potensi wisata yang Luar Biasa dibandingkan daerah daerah lainnya. Meskipun Kabupaten Gunungkidul di dominasi oleh perbukitan dan pegunungan kapur yang identik dengan gersang di musim kemarau, kabupaten ini mempunyai ciri khas yang unik, baik dari sejarah, budaya, pariwisata dan kuliner. Beberapa tahun lalu mungkin masih banyak orang yang memandang sebelah mata Gunungkidul sebagai tempat liburan. Atau mungkin memang belum banyak yang tahu tentang potensinya sebagai kawasan wisata yang menakjubkan. Berbeda dengan kota Jogja yang lebih mengandalkan wisata-wisata sejarah dan budaya, Gunungkidul punya daya tarik utama berupa wisata alam, terutama pantai. Banyak yang mengatakan, Wilayah kabupaten Gunungkidul dikenal sebagai wilayah yang susah sinyal, terpencil atau semacamnya. Tapi, dibalik itu semua, ada sejuta keindahan yang akan membuat siapapun akan sangat terpesona dengan keindahan wisata di Kabupaten Gunungkidul ini.

Menikmati Indahnya Wisata Susur Goa Di Karangmojo Gunungkidul

Dari tahun ke tahun, potensi wisata Gunungkidul di Jogjakarta mampu menyedot kunjungan wisatawan, baik domestik dan mancanegara hingga mencapai 1,9 juta wisatawan dan memberi kontribusi yang positif terhadap Pendapatan Asli Daerah mencapai hingga Rp 15 miliar. Tempat wisata di Gunungkidul Yogyakarta memang memiliki keunikan dan daya pikat tersendiri bagi para pengunjung. Ini karena Gunungkidul memiliki beberapa landmark dan juga destinasi yang sangat indah. Selain pantai, di sana juga ada beberapa air terjun, goa dan juga keindahan alam yang sangat menarik. Gunungkidul sendiri merupakan salah satu tempat wisata di Jogja paling menarik dan populer. Di daerah Gunungkidul ini banyak sekali wisata pantai, tidak hanya satu atau dua pantai saja, tetapi puluhan pantai yang mempunyai keindahan luar biasa ini terdapat di wilayah Gunungkidul.

Wisata Goa Di Gunungkidul

Selain keindahan pantainya, Gunungkidul juga terdapat banyak wisata Goa yang mempunyai keindahan luar biasa. banyak sekali Goa baru yang dijadikan sebagai tempat wisata di daerah Gunungkidul ini. Memang kabupaten Gunungkidul saat ini baru di buru oleh wisatawan. Seperti belum lama ini kabupaten Gunungkidul meluncurkan wisata alam yang baru dan bahkan sangat keren sekali. Keberadaan goa alami yang ada di Gunungkidul tidak dapat dilepaskan dari keberadaan kawasan karst di kabupaten ini. Karst adalah sebuah bentuk permukaan bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, dan gua. Daerah ini dibentuk terutama oleh pelarutan batuan, kebanyakan batu gamping. Daerah karst terbentuk oleh pelarutan batuan terjadi di litologi lain, terutama batuan karbonat lain misalnya dolomit, dalam evaporit seperti halnya gips dan halite, dalam silika seperti halnya batupasir dan kuarsa, dan di basalt dan granit dimana ada bagian yang kondisinya cenderung terbentuk gua (favourable). Masih menurut wikipedia juga, kawasan karst yang ada di Kabupaten Gunungkidul ini masih termasuk dalam Kawasan Karst Pegunungan Sewu, yang membentang dari Kabupaten Bantul di barat hingga Kabupaten Tulungagung di timur.

Beberapa tempat wisata goa di Gunung Kidul diantaranya memang sudah dikembangkan sebagai tempat wisata yang sangat digemari masyarakat. Hal itu karena goa yang ada di Gunungkidul ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa yaitu berupa stalagtit dan stalagmit yang menjulang di tengah goa. Beberapa diantaranya bahkan dialiri aliran sungai bawah tanah, sehingga menambah keindahan goa di Kabupaten Gunungkidul ini. Semua orang pasti ingin mencoba mengunjungi wisata goa di Kabupaten gunungkidul ini.

Keindahan Wisata Goa Tanding Bejiharjo

Keindahan Wisata Goa Tanding Bejiharjo

Seperti belum lama ini kabupaten Gunungkidul khususnya di Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo, meluncurkan wisata alam yang baru dan bahkan sangat keren sekali dan mungkin akan membuat terpesona dengan keindahan alam ini . Goa baru ini bernama Goa Tanding. Goa Tanding ini lokasinya berada di dekat Goa Pindul yang sudah terlebih dahulu terkenal. Asal mula nama Goa Tanding ini adalah ketika ada warga masyarakat dari Bejiharjo yang ingin membuat sumur air yang bernama Harto Tanding lama kelamaan menggali sumur namun tak kunjung mendapat air yang keluar dan niat mbah Harto Tanding ini ingin menggali semakin dalam hasilnya ketika linggis alat untuk menggali sumur mbah Harto Tanding ini menembus rongga yang berada di perut bumi, dan secara tidak sengaja Goa ini di temukan oleh Mbah Harto bersama keluarganya, mulanya Goa Tanding ini tidak ada akses keluar masuk kecuali melewati sumur mbah Harto. Karena situasi gua di dalam tanah ini cukup luas dan melebihi goa Pindul yang sudah lama terkenal akhirnya gua ini dinamakan “Gua Tanding” nama Tanding sendiri diambil dari nama mbah Harto Tanding yang menemukan jalan pertama kali menuju goa yang ada di bawah tanah ini.

Setelah di lakukan penelitian, pemetaan dan juga penggalian lagi Goa Tanding ini memang layak untuk di jadi kan tempat wisata baru yang sejenis dengan goa Pindul, bahkan Goa Tanding ini lebih luas dan lebih panjang dari pada Goa Pindul, jalan masuknya sebelumnya hanya melalui sumur mbah Harto kini sudah di bangun pintu masuk ke Gua Tanding ini sehingga untuk memudahkan akses menikmati indahnya wisata susur air bawah tanah. Sebelumnya Goa Tanding ini hanya gelap gulita dan kurangnya sirkulasi udara namun sekarang sudah di buat lubang untuk pergantian udara. Selain tidak jauhnya Goa Tanding ini dari Goa Pindul kedepannya Goa ini akan menjadi wisata alternatif baru ketika Goa Pindul membludak pengunjung yang belakangan ini dari satu hari pengunjung Pindul mencapai puluhan ribu wisatawan ketika libur panjang tiba. Wisata Goa Tanding ini sangat indah dan membuat anda berdecak kagum.

Goa Tanding ini sebenarnya masih satu aliran sungai bawah tanah dengan Goa Pindul namun kalau di Goa Pindul hanya bisa di lakukan dengan cave tubing (menyusuri sungai dengan ban dalam) sedangkan untuk di Goa Tanding sendiri bisa memakai perahu karet dan bisa di naiki secara berkelompok. Goa Tanding ini mempunyai kedalaman air mencapai 4 meter dan tinggi dari permukaan air sampai atap goa mencapai 5 meter sampai 16 meter, sedangkan lebar Goa Tanding ini sendiri kurang lebih 4 meter hingga 9 meter sesuai dengan kontur goa dan sangat bervariasi, Goa Tanding ini memiliki panjang atau jarak susur hingga 460 meter. Untuk anda yang melakukan wisata di Goa Tanding ini akan merasa nyaman dan aman karena ada pemandu wisatanya.

Situasi di dalam goa stalagmit dan stalagtit menjadi hiasan yang begitu menakjubkan ketika kita berada di Goa Tanding ini namun yang masih disayangkan di dalam Goa belum ada penerangan khusus jadi masih sangat gelap karena kita hanya mengandalkan lampu senter saja. Batuan yang kuning keemasan sangat berkilau ini akan menemani kita sepanjang kita menyusuri Goa Tanding ini menggunakan perahu karet yang berisi 6 orang wisatawan. Keindahan di dalam Goa ini akan membuat para wisatawan kagum. Untuk menikmati susur sungai di Goa Tanding ini perlu merogoh uang cukup mahal dari pada di Goa Pindul, karena per orang di kenakan tarif Rp. 250.000 dan lama penyusuran kurang lebih 1jam 30menit, cukup lama bukan selain itu kita mendapatkan fasilitas yaitu Perahu karet, pemandu wisata per perahu 1 pemandu, perlengkapan keamanan seperti (helm, pelampung,dll), tempat istirahat seperti gazebo, dan makan. Tidak sia sia anda membayar 250 ribu.

Jika anda ingin datang ke wisata ini, anda bisa mengikuti rute jalan ini.  Dari kota Yogyakarta berjarak 40km dan bisa Anda tempuh dengan kendaraan pribadi selama 1jam 20 menit, berikut ini rute paling efektif untuk menuju Goa Tanding,
Yogyakarta > Jl.wonosari (Ringroad Ketandan) > Wiyoro > Piyungan > Patuk.bukit bintang > perempatan Gcd lurus aja > Sambi Pitu > hutan Bunder > perempatan Gading sebelum sampai Langan udara (belok ke kiri ikuti jalur menuju goa Pindul) > ngijo Rejo > Baju harjo > Goa Pindul (ketimur sedikit lagi ) > Goa Tanding.

Keindahan Goa Sriti Karangmojo

Keindahan Goa Sriti Karangmojo

Obyek Wisata Goa Sriti terletak di Dusun Karangmojo, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi Goa Sriti berdekatan dengan Wisata Goa Pindul dan Goa Tanding yang sudah lebih dahulu terkenal, tepatnya 500 meter di sebelah baratnya. Seperti juga Goa Pindul, Goa Sriti terbentuk dari batuan karst yang berproses beratus tahun yang lalu. Goa Sriti mempunyai panjang kurang lebih 320 Meter, membentang dari barat ke timur dan di atasnya di lintasi jalan besar yang menuju kea rah Goa Pindul. Jadi goa ini berada di bawah jalan yang setiap hari ramai di lalui lalulalang kendaraan para pengunjung yang lewat. Tipikal Goa Sriti agak berbeda dengan Goa Pindul, walaupun sama sama dilewati sungai bawah tanah, tetapi sungai bawah tanah di goa ini air nya tidak terlalu dalam, kedalaman airnya paling dalam adalah sebatas pinggang orang dewasa, Ini tentu saja membuat petualangan di goa ini lebih unik dan membuat kagum para wisatawan.

Di dalam Goa Sriti terdapat batuan stalaktit dan stalakmit yang masih aktif sampai sekarang, batuan stalaktit ini tampak indah menjuntai dari atas goa. Menurut Sejarahnya goa ini di jadikan sarang burung sriti sejak dulu yang membuat sarang menempel di dinding goa. Sampai sekarang burung burung sriti ini tampak berseliweran di dalam goa. Goa Sriti adalah goa yang penuh misteri. Menurut penduduk sekitar, goa ini pernah di jadikan tempat untuk bertapa oleh seorang raja yang sakti mandra guna. Raja ini adalah raja Malowopati yang bernama Prabu Angling Darma. Prabu Angling Darma mempunyai seorang isteri yang cantik dan sangat di cintainya yaitu bernama Dewi Setyowati.

Menurut cerita rakyat yang masih melekat sampai sekarang, prabu Angling Darma di percaya menjelma menjadi Burung belibis, oleh masyarakat sekitar burung tersebut dinamakan dengan sebutan Meliwis Putih, karena berwarna putih bersih. Burung tersebut sampai saat ini, setiap tahun sekali di percaya masih sering menampakkan diri di sebuah telaga di Banyubening kira-kira 600 meter sebelah selatan Goa Sriti. Burung mliwis putih tersebut biasanya menampakkan diri dalam waktu yang relatif singkat dan tidak semua orang berkesempatan menyaksikan kedatangannya. Prabu Angling Darma sering bertapa di goa sriti dalam waktu yang cukup lama. Prabu angling Darma mempunyai kesaktian yang luar biasa, salah satu kesaktian yang dimiliki beliau adalah ajian “”Gineng”, dengan ajian tersebut, Prabu angling Darma mampu berkomunikasi dengan semua jenis hewan.

Petualangan di Goa Sriti di mulai dari mulut goa yang agak gelap, Anda akan di pandu oleh pemandu pemandu yang berpengalaman menyusuri dan mengexplorasi goa yang bersejarah ini. Sebelum masuk, Anda akan di bekali dengan peralatan standart susur goa diantaranya, Jaket Pelampung, Senter Kepala, Sepatu Karet dan Topi.Untuk anda yang ingin mengabadikan dan mengambil photo di dalam goa ini harus hati hati karena takutnya cameranya tejebur ke dalam air, Bila anda menginginkan di sini juga tersedia jasa photography murah dan Anda tidak perlu takut lagi cameranya basah. Durasi penelusuran Goa Sriti adalah sekitar 1 jam, Selama 1 jam itu Anda akan menikmati pemandangan dalam goa yang penuh stalaktit dan stalakmit yang masih aktif, juga nuansa misteri Goa Sriti ini.

Susur Goa Gelatik

Goa Gelatik adalah salah satu goa di Karangmojo yang telah berusia ribuan tahun di Kabupaten Gunungkidul, pada jaman dulu goa ini di gunakan para pengikut spiritual sebagai tempat untuk menenangkan diri karna tipikal goa gelap dan panjang tidak kurang dari 400 meter. Namun sekarang goa ini menjadi tempat wisata dan tak ada lagi yang menggunakan untuk bertapa disini. Goa Gelatik berlokasi di wilayah desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo Gunungkidul, letaknya sangat dekat dengan Goa Pindul. Keindahan goa ini melengkapi keberadaan desa wisata Bejiharjo. Di Goa Gelatik para wisatawan akan merasakan sensasi petualangan susur goa yang tak kalah seru dengan Goa Pindul. Bedanya di goa ini tidak ada sungai bawah tanahnya, sehingga wisatawan bisa menyusuri goa ini dengan sepuas hati.

Di tempat ini pemandu akan mendampingi wisatawan di dalam goa, disamping itu pengelola sudah menyediakan perlengkapan keamanan berupa helm untuk menjaga kepala kita dari benturan dinding goa, selain itu ada juga sepatu mengingat di dalam goa keadaanya cukup licin sehingga tidak terpeleset, ada juga tabung oksigen untuk berjaga-jaga karena didalam goa udara cukup minim. Dan tidak lupa senter untuk menerangi selama perjalanan didalam Goa Gelatik. Anda harus berhati hati saat menyusuri wisata Goa Gelatik ini. Memasuki Goa Gelatik dijamin akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Di Goa Gelatik, Anda dapat menjumpai kumpulan stalaktit dan stalakmit yang tersusun indah. Goa ini masih terjaga keasliannya, memiliki panjang sejauh 400 meter. Jika Anda bermaksud menelusuri goa ini, disarankan untuk membawa peralatan keamanan yang diperlukan. Gua ini sedikit lebih rendah sehingga saat memasukinya, Anda harus menundukkan kepala. Juga agar berhati-hati karena goa ini adalah pula tempat tinggal kelelawar yang hidup di dalamnya.

Memasuki di goa Gelatik dijamin akan menjadi pengalaman yang menyenangkan, jadi tidak ada salahnya jika anda mengunjungi desa wisata bejiharjo dan mengunjungi goa Ini. Untuk memasuki Goa Gelatik ini anda hanya perlu membayar dengan uang 30.000 rupiah. Dengan 30.000 rupiah anda bisa menikmati keindahan yang ada di dalam Goa Gelatik ini bersama seorang pemandu, dan juga dilengkapi dengan pengaman kepala berupa helm agar anda tidak terbentur bebatuan Goa yang ada di Goa Gelatik ini. Demikianlah ulasan tentang keindahan wisata Goa di Kabupaten Gunungkidul ini.  Semoga anda semua bisa mengunjungi keindahan wisata di Gunungkidul ini.

Artikel terkait Menikmati Indahnya Wisata Susur Goa Di Karangmojo Gunungkidul