lklan-728x90
Menu

Menelusuri Jejak Keindahan Pantai Celeng Tibo Gunungkidul

Jika kita berkunjung ke Pantai- pantai yang ada di Gunungkidul, kita pasti hafal dengan nama pantai yang terkenal di sana. Ada Pantai Baron, Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, Pantai Kukup dan Masih banyak lagi pantai yang ada di pesisir selatan Gunungkidul ini. Semakin lama kini banyak bermunculan pantai baru yang lokasinya masih terbilang tersembunyi dan belum banyak di kenal orang. Bahkan dari pantai- pantai baru yang ada tak jarang memiliki nama yang unik, ada pantai Butuh, Pantai Siung, Pantai Klumpit dan lainnya.

Nama Pantai Celeng Tibo sendiri sepertinya terdengar aneh dan asing bagi para pecinta wisata pantai di Gunungkidul.Sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Panggang ini hanya diketahui oleh penduduk sekitar dan para pecinta olah raga memancing. Karena memang di Pantai Celeng Tibo ini merupakan tempat memancing yang pas.

Menelusuri Jejak Keindahan Pantai Celeng Tibo Gunungkidul

Lokasi Pantai Celeng Tibo

Secara geografis, Pantai Celeng Tibo terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul. Pantai yang letaknya berdekatan dengan Pantai Kesirat ini memang belum terlalu familiar di telinga banyak orang. Namun, bagi Anda yang sedang mencari alternatif tujuan wisata pantai, tentunya berkunjung ke pantai ini akan menjadi ide yang brilian.

Rute Menuju Pantai Celeng Tibo

Untuk mencapai Pantai Celeng Tibo, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor atau kendaraan roda empat. Jika Anda tak membawa kendaraan pribadi, tak usah bingung karena saat ini sudah banyak tempat penyewaan kendaraan bermotor di kota Yogyakarta. Perjalanan bisa Anda mulai dari kota Yogyakarta menuju jalan Wonosari. Kemudian, masuklah ke Kecamatan Panggang dan mengikuti penunjuk arah ke Pantai Kesirat. Setelah memarkir kendaraan di Pantai Kesirat, perjalanan menuju Pantai Celeng Tibo hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Dari Pantai Kesirat, Anda harus menempuh perjalanan melalui jalan setapak yang membutuhkan waktu cukup singkat, yaitu 10 hingga 15 menit. Akses jalan setapak ini membawa kita melewati turunan tebing yang cukup curam. Untuk itu, perlu ekstra hati-hati dalam melewati tebing ini. Sesampainya di Pantai Celeng Tibo, segala peluh dan letih selama perjalanan dijamin akan terobati. Pemandangan indah khas pantai Gunung Kidul yang menawan akan segera menyambut Anda.

Yang Menarik Dari Pantai Celeng Tibo

Selain menjadi spot memancing yang cukup Asyik Pantai ini juga menyuguhkan panorama yanh tidak kalah indah dengan pantai pantai disekitarnya, dengan beberapa icon khasnya seperti adanya tebing yang mengapit, papan bambu yang rapi, serta pohon besar yang ada di tepian atau bibir pantainya.

Kekhasan pantai ini yang lain adalah, pantai ini terlihat cenderung lebih sepi jika dibandigkan deretan pantai yang lain di sekitarnya, sehingga sangat cocok bagi para traveler untuk relax, meditasi, ataupun semedi.. hahahahaha.

Pantai Celeng Tibo sebenarnya merupakan aternatif lokasi memancing laut (rock fshing)yang dekat dengan pantai Kesirat. Bila kawasan Pantai Kesirat telah penuh dengan pemancing, maka sebagian pemancing yang baru datang memilih ke Pantai Celeng Tibo yang lebih sepi dan memiliki bentang alam yang hampir sama.Selain itu, pengunjung yang hobi menjelajah tidak melewatkan kawasan Pantai Celeng Tibo saat melakukan jelajah pantai di sekitar pantai Kesirat atau Kecamatan Panggang.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai keindahan pantai Celeng Tibo yang ada di Gunungkidul beserta lokasi dan lengkap pula dengan riye menuju pantai tersebut. Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa menjadi referensi anda jika hendak berwisata ke Pantai di Gunungkidul khususnya memancing.

Artikel terkait Menelusuri Jejak Keindahan Pantai Celeng Tibo Gunungkidul