lklan-728x90
Menu

Mendalami Keindahan Bawah Laut Pantai Sadranan Gunungkidul

Obyek wisata alam memang selalu menjadi primadona para traveller untuk berlibur melepas penat dari segala kesibukan rutinitas sehari-harinya. Salah satu obyek wisata alam yang digemari para traveller tersebut ialah pantai Sadranan. Pantai yang terletak di Dusun Pulegundes II, Sidoarjo, Tepus, Gunungkidul ini masih berada dalam satu rumpun dengan pantai Krakal, Slili, dan Ngandong. Untuk masuk ke pantai Sadranan ini, pengunjung hanya cukup merogoh kocek Rp 10.000 saja. Dengan retribusi utama tiket masuk tersebut, pengunjung juga dapat menikmati deretan pantai lainnya di sekitar pantai Sadranan.

Asal usul nama pantai Sadranan itu sendiri berasal dari kata ‘nyadran’ yang memiliki arti ritual sedekah laut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta lautan atas rezeki yang telah penduduk dapatkan berupa hasil tangkapan laut yang melimpah. Di pantai Sadranan tersebut, pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan dari permukaannya saja melainkan juga dari bawah lautnya yang begitu menyejukkan mata setiap pengunjung yang melihatnya. Untuk info lebih jelasnya, langsung saja anda simak keindahan bawah laut pantai Sadranan berikut ini.

Mendalami Keindahan Bawah Laut Pantai Sadranan Gunungkidul

Snorkeling Pantai Sadranan Gunungkidul

Bagi setiap pengunjung yang ingin menikmati keindahan bawah laut pantai Sadranan dapat melakukan snorkeling disana. Terlebih lagi, di pantai Sadranan telah menyediakan tempat penyewaan peralatan snorkeling yang memang lengkap, mulai dari google, snorkel, sepatu katak, dan sepatu karet biasa. Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang, di tempat penyewaan ini juga menyediakan jaket pelampung. Hanya dengan membayar Rp 50.000, pengunjung sudah dapat menggunakan semua perlengkapan tersebut selama 2 jam lamanya. Lain halnya jika suasana pantai Sadranan tengah sepi dan tidak banyak yang menyewa, pengunjung dapat menggunakan semua peralatan snorkeling tanpa dibatasi waktu.

Bagi pengunjung yang masih terbilang awam dengan kegiatan snorkeling tidak perlu khawatir. Dibandingkan dengan snorkeling arus air pantai Nglambor, arus air pantai Sadranan terbilang cukup tenang sehingga keselamatan anda cukup terjamin. Yang pasti, setiap pengunjung harus mematuhi semua peraturan yang telah dibuat. Pengunjung akan mendapatkan pemandangan yang bagus saat melakukan snorkeling di pagi dan senja harinya. Di saat itulah matahari tidak bersinar terik dan visibility air masih bagus. Jika tengah beruntung, wisatawan pun dapat menikmati pemandangan sunset yang menawan dan memanjakan mata. Pantai Sadranan menjadi tempat favorit untuk dikunjungi terutama oleh anak-anak muda. Biasanya pantai Sadranan ini selalu ramai pada saat akhir pekan dan musim liburan sekolah tiba.

Di pantai Sadranan juga selalu dipenuhi banyak anak muda yang berkemah dan menikmati malam di tepi pantai sebelum menghabiskan Minggu dengan bermain-main air. Sementara untuk menuju ke Pantai Sadranan, wisatawan dapat mengambil rute jalan melalui Pantai Krakal. Kemudian susuri jalan sepanjang Pantai Krakal ke arah timur sampai menemukan petunjuk jalan masuk menuju area Pantai Sadranan. Hal utama saat melakukan snorkeling di pantai Sadranan itu sendiri ialah harus tetap menjaga terumbu karang dengan tidak merusaknya, baik dengan tangan maupun menginjakkan kaki di atas terumbu karang. Dengan begitu, kita akan merasakan kesenangan sembari menikmati keindahan alam pantai Sadranan tanpa merusak keanekaragaman hayati di alam tersebut.

Demikianlah ulasan terupdate mengenai mendalami keindahan bawah laut pantai Sadranan Gunungkidul selengkapnya untuk anda. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar tempat wisata terbaru dan terpopuler saat ini.

Artikel terkait Mendalami Keindahan Bawah Laut Pantai Sadranan Gunungkidul