lklan-728x90
Menu

Memacu Adrenalin Di Wisata Susur Goa Sriti Gunungkidul

Obyek wisata Goa Sriti ini terletak di Dusun Gelaran I, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul. Lokasi wisata Goa Sriti ini memang berdekatan dengan Wisata Goa Pindul yang lebih dulu populer. Tidak jauh, hanya sekitar 500 meter sebelah barat goa Pindul.

Seperti halnya Goa Pindul, Goa Sriti ini terbentuk dari batuan karst yang berproses ratusan tahun yang lalu. Masyarakat setempat memberi nama goa Sriti karena dahulu goa tersebut merupakan tempat yang digunakan untuk bersarangnya burung sriti. Burung sriti ini mirip dengan burung walet tapi ukurannya lebih kecil.

Memacu Adrenalin Di Wisata Susur Goa Sriti Gunungkidul

Pesona Goa Sriti

Goa yang terletak di bawah jalan raya menuju Goa Pindul ini membentang dari arah barat ke timur sepanjang 320 meter. Belum banyak yang tau akan obyek wisata goa ini karena promosi yang kurang dari PemDa Setempat, tapi berhubung letaknya yang sangat dekat dengan Goa Pindul maka wisatawan dapat mengambil paket wisata Goa Pindul dan Goa Sriti sekaligus.

Untuk menikmati eindahan goa dengan arus bawah tanah tersebut wisatawan harus mengenakan alat keselamatan seperti pelampung, ban, “headlamp” sepatu karet dan lainnya. yang dapat disewa di tempat penyewaan yang banyak dijumpai di sepanjang desa Bejiharjo.

Petualangan dimulai dari mulut goa yang sempit dan rendah. Ada sedikit kesan mistis pada waktu pertama kali menginjakkan kaki di goa ini, namun begitu masuk ke dalam keindahan mulai dapat anda rasakan.

Goa Sriti mempunyai keunikan tersendiri karena selain jalurnya yang berliku-liku juga mempunyai kedalaman yang berbeda-beda, stalaktit dan stalakmit yang unik-unik menjuntai sampai kebawah dan bisa kita pegang tanpa penghalang.

Berhubung arus sungai bawah tanah di goa ini masih sangat aktif sehingga dimusim penghujan kadang kala datang banjir kiriman dari sungai, maka sebaiknya tidak terlalu berlama-lama di dalam gua. Waktu yang paling baik untuk mengunjungi goa ini adalah dimusim kemarau.

Artikel terkait Memacu Adrenalin Di Wisata Susur Goa Sriti Gunungkidul