lklan-728x90
Menu

Memacu Adrenalin Di Wisata Rafting Kali Oya Gunungkidul

Jika Anda menggemari olahraga rafting, Yogyakarta adalah tempat liburan yang ideal. Di sekitar Yogyakarta, ada beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi untuk melakukan rafting. Salah satu tempat tersebut adalah Kali Oyo. Untuk melakukan Rafting Kali Oyo, Anda harus mengunjungi Dusun Gelaran, yang berada di Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul.

Rafting Kali Oya biasa dikenal dengan nama River tubing Sungai Oya. Panjang sungai 1500m dg durasi 1 – 2 jam jika diarungi. Sepanjang aliran sungai terdapat tebing-tebing yg indah dan alami khas batuan karst Gunungkidul. Disana kita bisa menikmati keindahan aliran sungai Oya dengan menggunakan ban dalam, seperti halnya di goa Pindul. Dengan ditemani pemandu dan peralatan yang membuat kita aman dan nyaman maka tak perlu takut untuk mengarungi sungai dengan kedalaman 7 – 11 Meter ini.

Memacu Adrenalin Di Wisata Rafting Kali Oya Gunungkidul

Rute Menuju Kali Oya

Dari kota Yogyakarta, tempat ini dapat dijangkau dengan menempuh perjalanan sekitar 2 jam apabila menggunakan kendaraan pribadi. Untuk sampai ke obyek wisata ini, Anda dapat melewati Jl Wonosari, melewati Bukit Bintang Pathuk, dan terus mengikuti jalan tersebut sampai di bundaran yang dekat dengan SPBU Siyono. Dari sana, Anda harus belok ke kiri, dan mengikuti jalan tersebut sampai menemukan perempatan yang ada traffic light nya. Anda harus lurus terus, dan belok ke kiri di perempatan Grogol. Anda akan melewati SMPN2 Karangmojo, dimana Anda harus belok ke kiri. Anda akan menemukan Balai Desa Bejiharjo, lalu Anda harus belok ke kanan. Anda akan menemukan gang yang menuju ke Goa Pindul, dan Anda harus mengunjungi kantor sekretariatnya.

Untuk menuju ke Kali Oyo, Anda akan diantarkan dari sekretariat Gua Pindul menggunakan mobil pick up. Tapi, saat turun dari mobil, Anda masih harus berjalan karena jalan menuju kesana tidak dapat dilalui mobil. Anda harus berjalan melewati sawah-sawah penduduk, yang tentunya cukup mengasyikkan karena Anda dapat menikmati suasana yang berbeda. Untuk Rafting Kali Oyo, Anda harus membayar biaya yang cukup murah, yaitu Rp. 50.000,- per orang untuk track 4 km, dan Rp. 35.000,- per orang untuk track sekitar 1,5 – 2 km. Paket ini sudah termasuk jasa pemandu, dan perlengkapan yang meliputi ban pelampung, sepatu karet, dan jaket pelampung. Tentunya paket ini juga sudah termasuk transportasi dari dan ke sekretariat, serta asuransi. Untuk menyusuri Kali Oyo, Anda harus dalam rombongan yang berjumlah minimal 5 orang.Jika kurang dari 5 orang maka akan digabungkan dengan rombongan lain.

River Tubing Kali Oya Yang Menantang

Rafting Kali Oya

Di Kali Oyo Anda akan mengarungi sungai dengan air terjun dan batu-batu karst di tepiannya dengan cara tubing juga. Di musim kemarau, debit air sungai akan berkurang membuat arus tidak cukup deras. Saat musim hujan dan debit air meningkat, airnya deras namun masih cukup aman untuk Anda mengarunginya.

Wisata santai menikmati pemandangan alam Gunungkidul nan hijau asri, Kali Oyo menjadi tempat yang tepat untuk anda. Kanan kiri sungai ini diselingi tebing-tebing karst. Sekilas, pemandangannya nampak seperti Grand Canyon mini.

Di sungai Oya kita akan menjumpai air terjun yang sangat indah, Air terjun ini di namakan air terjun Pengantin, di lokasi ini Anda bisa beristirahat sejenak untuk menikmati pemandangan yg masih alami. Uji adrenalin Anda dengan ‘natural wall jumping’ melompat dari tebing dengan ketinggian bervariasi, sensasi ‘life in the jungle’.

Rafting Kali Oyo cukup unik karena tidak seperti wahana rafting biasa. Anda tidak menggunakan perahu karet, melainkan hanya mengapung diatas pelampung yang terbuat dari ban. Tapi tentunya, wahana ini cukup mengasyikkan, dan relatif lebih santai daripada rafting mengarungi sungai yang deras dengan perahu karet.

Artikel terkait Memacu Adrenalin Di Wisata Rafting Kali Oya Gunungkidul