lklan-728x90
Menu

Objek Wisata Mandala Wisata Wenara Wana Ubud Bali

Ubud Bali menawarkan beragam jenis destinasi wisata menarik untuk anda kunjungi. Objek wisata di Ubud Bali begitu terkenal hingga ke mancanegara akan alam, seni, dan budayanya. Dengan ciri khas tersendiri, berbagai objek wisata di Ubud Bali tersebut mampu mencuri perhatian wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Beberapa aktivitas liburan yang dapat anda lakukan di Ubud Bali ialah menyaksikan tari kecak, mengunjungi museum kesenian, liburan ke Mandala Wisata Wenara Wana, dan masih banyak lagi lainnya.

Mandala Wisata Wenara Wana itu sendiri juga banyak dikenal sebagai Ubud Monkey Forest. Destinasi wisata yang satu ini masuk dalam salah satu objek wisata di Ubud Bali yang wajib dikunjungi. Pasalnya, wisata ini sangat ikonik dan juga mewakili kesan akan tempat wisata Ubud secara keseluruhan. Destinasi wisata Ubud Monkey Forest ini merupakan kawasan hutan lindung. Di dalam hutan tersebut, terdapat Pura Dalem Agung Padangtegal, yakni pura sakral umat Hindu Bali.

Mandala Wisata Wenara Wana

Mandala Wisata Wenara Wana adalah sebuah tempat cagar alam dan juga kompleks candi di Ubud, Bali. Wisata ini mempunyai sekitar 340 ekor monyet ekor panjang atau Macaca fascicularis (19 jantan muda, 77 betina dewasa, 32 jantan dewasa, 122 remaja dan 54 bayi). Terdapat 4 kelompok monyet menempati wilayah yang berbeda di taman ini. Selain itu, wisata ini juga ada atraksi yang sering dikunjungi lebih dari 10.000 wisatawan setiap bulannya.

Ubud Monkey Forest ini memiliki luas sekitar sepersepuluh dari 1 km persegi atau sekitar 27 hektare. Setidaknya berisi 115 spesies pohon berbeda. Wisata ini berlokasi di desa Padangtegal. Diatur anggota dewan desa yang langsung melayani di Ubud Monkey Forest. Yayasan yang mengelola wisata ini memiliki fungsi untuk menjaga integritas kesucian dan juga untuk mempromosikan situs keramat tersebut sebagai destinasi bagi pengunjung.

Lokasi Ubud Monkey Forest

Lokasi destinasi wisata Bali Monkey Forest Bali ini terletak di Jalan Monkey Forest Ubud, Gianyar, Bali, kode pos 80571. Jika wisatawan berangkat dari bandara Ngurah Rai dapat langsung menuju lokasi Ubud Monkey Forest. Dalam perjalanan tersebut, pengunjung akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam, 15 menit, dalam jarak tempuh kurang lebih 36 km.

Salah satu tips untuk wisatawan jika mengunjungi objek wisata Sacred Monkey Forest Sanctuary. Taruh barang berharga di tas dan jika ingin foto, pegang erat kamera. Jika tidak anda lakukan dikhawatirkan kera-kera disana akan mengambil barang anda tersebut.

Harga Tiket Masuk Ubud Monkey Forest

Ketika wisatawan memasuki kawasan destinasi wisata Ubud Monkey Forest ini, wisatawan akan merasakan udara sejuk dan melihat pemandangan pepohonan hijau. Sebelum pengunjung memasuki pintu masuknya, di bagian kiri dari pintu masuk tersebut akan terdapat loket tiket. Pada loket tiket inilah pengunjung membayar tiket masuknya.

Ketika akan memasuki kawasan Ubud Monkey Forest tersebut, pengunjung dikenakan tarif tiket masuk dengan harga sebagai berikut:

  • Anak (usia 3 – 12 tahun): Rp 40.000 / anak.
  • Dewasa: Rp 50.000 per orang.
  • Parkir mobil gratis untuk wisatawan Sacred Monkey Forest Sanctuary.

Di pintu masuknya, pengunjung dapat melihat beberapa pedagang yang menawarkan pisang yang pengunjung dapat beli yang bisa digunakan untuk memberikan makan kera. Jam buka dari objek wisata Ubud Monkey Forest mulai jam 08:30 hingga 18:00 waktu Bali. Waktu terbaik untuk mengunjungi Sacred Monkey Forest Sanctuary ialah jam 14:00. Pasalnya, pada waktu tersebut hampir sebagian besar kera sudah kenyang, memperoleh makanan dari wisatawan sebelumnya.

Artikel terkait Objek Wisata Mandala Wisata Wenara Wana Ubud Bali