lklan-728x90
Menu

Makanan tradisonal masyarakat dalam jamuan pesta / acara

24/08/2013 | Informasi Update, Kuliner

Gedangsari.com – Masyarakat Gunungkidul khususnya masyaakat gedangsari pada bulan Agustus 2013 ini sedang ramai mengadakan acara respti pernikahan, perta rakyat dan sejenis pesta tradisonal lainnya.

Berikut ini daftar makanan hidangan tradisonal yang disajikan dalam acara tersebut :

Jadah

Di sebagian masyarakat Yogyakarta Jadah masih menjadi sajian dalam hidangan pesta rakyat. Makanan camilan ini terbuat dari beras ketan sebagai bahan utamanya yang ditaburi parutan kelapa.

makanan tradional gunungkidul-gedangsari jadah

Jenang

Warga gedangsari masih terbiasa menghidangkan jenang ini pada jamuan pesta tradisional seperti acara pernikahan, khitanan dan pesta rakyat tradisional lainnya. Bahan utanya tepung beras ketan yang dicampur dengan gula merah.

jenang makanan tradional untuk pesta jawa

Wajik

Masih saudara dengan jenang dan jadah, wajik terbuat dari berat ketan sebagai bahan utamanya namun didominasi campuran gula merah.

makanan tradisioanal gunungkidul - gedangsari wajik

Kripik Ketan dan Keripik MlinjoDua model kripik ini biasa disajikan dalam acara – acara yang diadakan di masyarakat tradisional gedangsari.

kripik ketan dan kripik mlinjo

Roti Lampit

Entah dari mana asal pastinya, namun yang pasti roti jenis ini hampir dipastikan roti jenis ini masih banyak dijumpai pada acara di warga Mertelu yang masuk dalam wilayah kecamatan Gedangsari Gunungkidul.

roti lampit - makanan tradisional untuk adat jawa gunungkidul

Roti Kuping Gajah / Roti Kembang jambu

Jenis roti ini banyak varian jenis namanya, walaupun lain tempat lain nama, namun jenis dan bentuknya sama. Makanan ini masih umum di sajikan dalam acara-acara tradional.

roti kambang jambu

Pisang

Sebagai kecamatan penghasil Gedang (pisang) warga Gedangsari bisa dipastikan dalam setiap perhelatan pesta rakyat selalu menyajikan buah ini. Selain sebagi buah, pisang juga menjadi ciri khas dari hidangan di masayarakat Gedangsari Gunungkidul yang lokasinya berbatasan dengan kabupaten Klaten Jawatengah.

pisang hidangan pesta rakyat gunungkidul

Sekiranya cukup ini dulu jenis-jenis hidangan makanan tradisional yang disajikan dalam pesta acara di warga masyarakat gedangsari. Semoga bisa bermanfaat. Jika pembaca masih ingin menambahkan jenis masakan liannya, silahkan kontak kami agar dapat kami update info ini.

Artikel terkait Makanan tradisonal masyarakat dalam jamuan pesta / acara