lklan-728x90
Menu

Luweng Sampang Gedangsari, Air Terjun Green Canyon Versi Gunungkidul

Luweng Sampang Gedangsari, Air Terjun Green Canyon Versi Gunungkidul

Gedangsari.com – Luweng Sampang Gedangsari, Air Terjun Green Canyon Versi Gunungkidul. Kabupaten Gunung Kidul ternyata menyimpan sejuta keindahan alam yang sangat mengagumkan. Tak hanya deretan pantainya yang sangat indah, di balik lekuk Gunungnya ternyata Kabupaten yang terletak di Tenggara Kota Jogja tersebut menyimpan banyak air terjun nan indah. Salah satunya adalah Air terjun Luweng Sampang.

Keindahan Luweng Sampang Gedangsari

Luweng (dalam bahasa Jawa) berarti lubang atau sumur. Begitu juga dengan Luweng Sampang ini terlihat hanya seperti lubang jika diamati dari atas air terjun dengan aliran air yang tidak terlalu deras debit airnya juga cukup kecil. Namun ketika kita berada di bawah aliran air terjun, kita akan melihat keindahan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 8 meter ini. dari bawah kita akan melihat formasi bebatuan yang menjepit air terjun terlihat seperti Grand Canyon di Arizona.

Bedanya, Jika Grand Canyon Arizona terbentuk akibat gerusan angin, formasi bebatuan di Luweng Sampang tersebut terjadi akibat gerusan air yang menerpa bebatuan kapur khas Gunung Kidul, sehingga membuat permukaan menjadi berulir dan bermotif. Gesture bebatuan seperti ini memang sangat khas dan dapat kita temui juga di aliran Sungai Oya di dekat goa Pindul.

Luweng Sampang Gedangsari, Air Terjun Green Canyon Versi Gunungkidul

Rute menuju Luweng Sampang

Untuk menuju ke lokasi Luweng Sampang, kita harus sedikit bekerja keras karena melalui medan yang cukup sulit dan agak pelosok. Air terjun Luweng Sampang ini terletak di Desa Sampang Kecamatan Gedangsari kabupaten Gunung Kidul. Dari arah kota Jogja melewati Jalan Solo ke pertigaan arah gantiwarno (6 KM gapura perbatasan Jogja Jateng) setelah itu ambil arah ke Gantiwarno dan berjalan ke Kantor Kecamatan Gantiwarno. Kemudian menuju ke Desa Jogoprayan dan ikiuti arah sungai yang ada di sekitar situ.sejatinya merupakan nama sebuah Gua unik, namun di dekat gua tersebut terdapat sebuah air terjun yang sangat indah bahkan banyak pelancong menyebutnya sebagai Grand canyon-nya Gunung Kidul.

Luweng Sampang Gedangsari, Air Terjun Green Canyon Versi Gunungkidul

Tarif masuk Objek Wisata luweng Sampang

Pengunjung dapat bermain air di sini karena kedalaman kolam air terjun tak terlalu dalam., atau bisa juga mengabadikan foto dan beraksi di atas dinding batu yang indah. Selain air terjun utama, di Luweng Sampang juga terdapat air terjun kecil dan sebuah kolam yang cukup nyaman untuk duduk duduk santai di atas bebatuan. Untuk masuk ke objek wisata alternatif ini sepertinya lebih asyik berkendara roda 2. Ongkos parkir dan masuk (tidak resmi) adalah 5000. , jadi benar benar masih alami.

Menurut penjaga Parkir yang sudah sepuh di sana, lokasi air terjun luweng Sampang Gedangsari ini dulunya adalah tempat pertapaan Sunan Kalijogo. Benarkah? Wallahualam. Yang bikin heran adalah sungai yang begitu tenang dan airnya sedikit mampu menciptakan sebuah air terjun nan eksotik.

jasa buat blog

Artikel terkait Luweng Sampang Gedangsari, Air Terjun Green Canyon Versi Gunungkidul

loading...