lklan-728x90
Menu

Lokasi Bendungan Katulampa Bogor, Tempat Wisata Hits yang Bersejarah

Bendungan menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Terlebih lagi saat musim penghujan seperti sekarang ini. Adapun salah satu bendungan yang kini tengah banyak diperbincangkan wisatawan ialah Bendungan Katulampa. Bendungan Katulampa ini memiliki struktur bangunan bendungan yang sangat kokoh. Selain itu, bendungan ini juga memiliki nilai estetika tersendiri. Apalagi lokasi Bendungan Katulampa yang mudah diakses membuat banyak orang semakin tertarik untuk mengunjunginya.

Selain sebagai objek wisata, Bendungan Katulampa ini juga berfungsi sebagai sarana irigasi. Disamping itu, Bendungan Katulampa ini juga berperan penting sebagai informasi dini untuk permasalahan bahaya banjir yang seringkali mengancam Jakarta. Saat anda mengunjungi Bendungan Katulampa ini, anda bisa berfoto selfie dengan latar belakang bendungan yang menarik. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja lokasi Bendungan Katulampa beserta info menarik tentangnya berikut ini.

Lokasi Bendungan Katulampa

Bendungan Katulampa terletak di Kampung Bantar Kemang, Katulampa, Kecamatan Bogor Timur. Bendungan ini didirikan di tahun 1911 silam. Pada umumnya Bendungan Katulampa sama saja dengan bendungan lain yang ada di Indonesia. Hanya saja, Bendungan Katulampa memiliki daya tarik lain yang membuatnya sangat mencuri perhatian. Bendungan Katulampa ini merupakan hulu sungai Ciliwung yang membagi kota Jakarta.

Bendungan Katulampa ini juga termasuk bendungan besar yang telah dilengkapi dengan pintu-pintu air yang begitu kokoh. Maka tak heran jika banyak warga Jakarta yang ingin mengunjungi Bendungan Katulampa. Bendungan Katulampa ini mampu memanjakan kita dengan panorama alamnya yang begitu indah. Terlebih lagi, udara di Kota Bogor sangatlah sejuk.

Di atas Bendungan Katulampa ini terdapat jembatan bergaya kuno yang juga bisa anda jadikan spot foto keren. Tak hanya Bendungan Katulampa, anda juga bisa berkunjung ke tempat wisata di sekitarnya, yakni Kampung Warna Warni. Kampung Warna Warni berlokasi di RT 04/09 Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur. Kampung ini ada di bantaran anak sungai Bendungan Katulampa.

Sejarah Bendung Katulampa

Sekitar tahun 1872, Batavia pernah dilanda banjir. Untuk mencegah kejadian tersebut terulang kembali, pemerintah Hindia Belanda membangun sebuah bendungan untuk mengendalikan aliran sungai yang mengalir ke Batavia (Jakarta). Meski secara resmi proyek pengerjaan Bendungan Katulampa dimulai sejak 16 April 1911, namun langkah awal pembangunannya telah dirintis sejak tahun 1889.

Proyek konstruksi Bendungan Katulampa dimulai tahun 1911 dan dikomandoi oleh Ir. Hendrik Van Breen yang adalah pengawas daerah Leuwiliang dan Bogor pada masa tersebut. Proyek ini selesai pada 11 Oktober 1912. Bendungan ini memiliki panjang 74 meter dengan 5 pintu air tanpa penahan guna mengalirkan air ke aliran di bawahnya dan 3 buah pintu air berpenahan pada ujung Timur.

Bagian tiga pintu terakhir berfungsi untuk mengalirkan air ke selokan atau saluran air yang terpisah dari 5 pintu yang tak berpenahan. Fungsinya juga untuk menahan supaya air tidak terlalu deras mengalir ke Jakarta. Sementara untuk fungsi irigasi bendungan ini mampu mengairi hingga 10.000 bouw lahan pertanian (bouw ukuran sama dengan 0.7 hektar).

Dalam peresmian Bendungan Katulampa pada masa lalu, banyak orang penting yang menghadirinya. Peresmian yang dilakukan pada tahun 1912 dihadiri oleh Gubernur Jenderal Belanda yang adalah Alexander Willem Frederik Idenburg. Gubernur Jenderal Belanda juga didampingi oleh banyak pejabat penting Hindia Belanda. Tak hanya itu saja, peresmian Bendungan Katulampa ini juga dilakukan dengan upacara yang meriah. Acara peresmian diisi dengan berbagai tarian dan musik yang menarik. Selain itu, selamatan juga diadakan dengan penanaman kepala kerbau.

jasa buat blog

Artikel terkait Lokasi Bendungan Katulampa Bogor, Tempat Wisata Hits yang Bersejarah

loading...