lklan-728x90
Menu

Pesona Keindahan Wisata Air Terjun Lembah Anai Sumatra Barat

Lembah Anai merupakan salah satu air terjun yang terkenal serta menjadi maskot pariwisata di Sumatera Barat. Orang Padang biasa menyebutnya dengan Aia Tajun atau Aia Mancua Lembah Anai. Air terjun yang punya ketinggian sekitar 35 meter ini merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai. Air terjun ini berada di bagian barat Cagar Alam Lembah Anai. Ada 3 air terjun di lokasi ini, salah satunya di antaranya terdapat di pinggir jalan yang sering populer dengan Air Terjun Lembah Anai. Sementara dua air terjun lainnya tertutup oleh hutan yang lebat. Sehingga belum banyak dikenal oleh masyarakat yang luas. Pengunjung yang ingin menyaksikan dua air terjun tersebut bisa menempuh perjalanan sekitar 15 menit dari lokasi Air Terjun Lembah Anai.

Air Terjun Lembah Anai ini jadi solusi wisata alam murah meriah untuk warga kota Padang dan juga sekitarnya. Bahkan tak sedikit pula pengunjung domestik dari berbagai penjuru tanah air yang menyaksikan keindahan alam pada air terjun ini. Terlebih akses menuju ke lokasi air terjun ini juga begitu mudah. Air Terjun Lembah Anai ini terdapat di pinggir jalan raya trans Sumatera yang jadi jalur transportasi dari kota Padang menuju Bukittinggi. Air terjun ini pun jadi bagian dari wilayah Kecamatan Sepuluh Koto Kabupaten Tanah Datar. Dengan jarak kurang lebih 60 kilometer dari kota Padang.

Keindahan Air Terjun Lembah Anai

Air terjun ini mendapatkan pasokan airnya dari Gunung Singgalang. Dengan tinggi air terjun mencapai 50 meter, Air Terjun Lembah Anai ini pun jadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Terlebih saat menyaksikan pemandangan kabut dengan pelangi warna-warni saat tempat ini terpapar cahaya matahari. Pada Lembah Anai, setidaknya ada tiga air terjun. Hanya saja, air terjun ini termasuk satu-satunya air terjun yang dapat disaksikan keindahannya secara langsung oleh para pengunjung. Dua air terjun lainnya memiliki lokasi yang cukup sulit diakses sebab terutup oleh hutan yang lebat.

Air Terjun Lembah Anai ini adalah sebuah air terjun yang menjadi bagian dari Cagar Alam Lembah Anai. Jadi, untuk para traveler yang berkunjung ke tempat ini pun harus senantiasa mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan oleh pengelola cagar alam. Terlebih tempat ini menjadi habitat dari berbagai hewan yang langka. Mulai dari kera ekor panjang, harimau sumatera, beruk, siamang, kancil, trenggiling, dan lain sebagainya.

Bagi para traveler yang hendak berkunjung ke tempat ini pun begitu mudah. Bisa menggunakan kendaraan umum ataupun dengan kendaraan pribadi. Untuk kendaraan berupa angkutan umum, tersedia angkot untuk menuju lokasi Kawasan Cagar Alam Lembah Anai dengan biaya berkisar 30 ribu rupiah tiap orang. Selain itu, ada pula kereta yang beroperasi pada tiap hari minggu dengan tiket yang harganya lebih murah.

Sejarah Air Terjun Lembah Anai

Wisata ini sejak dahulu pun dikenal menjadi lokasi yang begitu penting di Sumatera Barat. Tempat ini pun sebagai jalur utama yang menghubungkan kota-kota besar. Misalnya seperti Payakumbuh, Batusangkar, Solok, Padang Panjang dan bukittinggi. Dengan kota-kota seperti Pariaman, Padang, Lubukbasung serta Painan. Buktinya merupakan pembangunan jalur kereta api oleh Belanda di area ini.

Akses Air Terjun

Berjarak sekitar 60 km dari kota Padang. Nah, Untuk mencapai lokasi ini perjalanan bisa ditempuh dengan menggunakan angkutan umum (bus), mobil sewaan, ataupun mobil pribadi. Apabila menggunakan angkutan umum, perjalanan dimulai dari Bandar Udara Ketaping Padang menuju area Cagar Alam ini. Dan dengan waktu tempuh sekitar kurang lebih 1,5 jam dengan biaya sekitar Rp 20.000-25.000 tiap orang (November 2008). Selain dengan angkutan umum, kereta api wisata juga bisa menjadi alternatif perjalanan. Tetapi, kereta api hanya beroperasi setiap hari Minggu dengan tiket pulang-pergi sebesar Rp 25.000 untuk kelas eksekutif. Kemudian Rp 15.000 untuk kelas ekonomi.

Artikel terkait Pesona Keindahan Wisata Air Terjun Lembah Anai Sumatra Barat