lklan-728x90
Menu

Kisah Mistis Watu Dakon, Situs Kali Gowang Paliyan, Gunungkidul

Desa Giring yang berada di wilayah Kecamatan Paliyan memang dikenal sebagai desa budaya yang memiliki beberapa situs wisata religi. Salah satunya adalah situs Watu Dakon yang termasuk ke dalam situs kali Gowang, konon memiliki kisah misteri.

Situs Kali Gowang Giring Paliyan, konon “watu dakon” adalah sebuah batu yang mirip dengan alat permainan dakon ini terbentuk akibat air mata Nawang Wulan saat ditinggal Joko Tarub, namun juga ada beberapa versi cerita yang berkembang di Masyarakat sekitar. termasuk ada yg menduga batu ini adalah bukti peninggalan zaman megalitikum. Yang lebih menarik lagi di Sungai ini katanya juga terdapat kandungan emasnya, saat kami berada di sana kami juga menemui beberapa warga yang sedang mencari serpihan emas.

Watu Dakon

Kisah Mistis Watu Dakon

Mengapa Watu Dakon ini dikenal sebagai tempat yang memiliki kekuatan mistis? Hal ini dikarenakan Watu Dakon ini memiliki nilai sejarah mengenai Ku Ageng Giring dan Situs kali Gowang.

Kali Gowang yang mengalir di desa Giring sampai saat ini menjadi tumpuan warga desa Giring, Mulusan, Karangasem dan desa Sodo. Terlebih pada setiap musim kemarau tiba. Sungai ini memiliki keterkaitan erat dengan perjuangan Ki Ageng Giring. Secara ekologis Ki Ageng Giring terbukti mengajarkan simbiosis mutualisme antara warga dengan lingkungan sekitarnya. Airnya sangat jernih dan tak pernah kering, mengalir sampai ke laut selatan.

Selain itu yang menjadi keunikan lain adalah jumlah lubang yang ada di Watu Dakon tersebut tidak bisa diketahui secara pasti. Bahkan anehnya setiap orang yang menghitung lubang itu tidak pernah sama hasilnya. Setiap orang yang menghitung tidak pernah sama. Hal itu memang benar terjadi dan masih menjadi misteri sampai sekarang.

Selain memiliki keunikan misteri jumlah lubangnya, Watu Dakon juga banyak dikunjungi orang untuk berdoa memohon sesuatu, seperti pangkat dan jabatan. Tak sedikit pula pejabat yang pernah datang dan berziarah ke tempat itu.

Diperoleh informasi pula bahwa para peziarah yang berkunjung di Watu Dakon biasanya melanjutkan ritual dengan berendam di Kali Gowang. Maklum, lokasi Watu Dakon juga berada di tepi Kali Gowang.

 

Artikel terkait Kisah Mistis Watu Dakon, Situs Kali Gowang Paliyan, Gunungkidul

loading...