lklan-728x90
Menu

Kincir Angin Pantai Parang Racuk Wisata Plus Edukasi

Apa yang terlintas dibenak kalian saat merencanakan liburan di kota gudeg, Yogyakarta? Ya! Pasti sebagian besar akan langsung berpikir tentang indahnya hamparan pasir putih di pantai-pantai indah di Gunung Kidul. Terkenal dengan pantai cantiknya, kabupaten ini terus unjuk diri terlebih dengan banyaknya pantai baru yang menjadi potensi wisata pantai, salah satunya adalah Pantai Parang Racuk yang tak hanya menjadi destinasi wisata pantai namun juga berpotensi sebagai wisata edukasi.

Bertempat di sebelah barat pantai Baron, tersaji sebuah pantai yang tak memiliki bibir pantai  bernama Pantai Parang Racuk. Suasana sejuk dengan semilir angin dipadu dua buah kincir angin raksasa,membuat lokasi ini sangat cocok bagi para traveler  mania. Ada keunikan yang bisa ditemukan di Pantai Parang Racuk, spot pantai yang berbentuk tebing landai bak seperti negara kincir angin di Belanda.

Kincir Angin Pantai Parang Racuk Wisata Plus Edukasi

Lokasi Pantai Parang Racuk

Pantai Parang Racuk secara geografis terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul. Pantai ini terletak kurang lebih 3 kilometer di sebelah barat Pantai Baron. Untuk mencapai pantai ini, tentunya akan lebih mudah untuk mengikuti papan penunjuk jalan menuju Pantai Baron yang notabene sudah lebih dikenal oleh masyarakat. Nah, sekitar 50 meter sebelum Pantai Baron, arahkan kendaraan Anda ke arah barat dari pertigaan besar sebelum Pantai Baron. Dari situ, Anda hanya tinggal mengikuti rute ke arah Pantai Parang Racuk.

Lokasi Parang Racuk sendiri berada tak jauh dari kawasan Gunungkidul Baron Techno Park. Pantai tanpa bibir pantai ini tidak hanya menyajikan pemandangan ekstrim dengan deburan ombak besar dan hiasan tebing curam, namun jika pengujung berada dikawasan ini, juga akan disuguhi edukasi alat-alat pembangkit energi alami, seperti kincir angin raksasa, pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), dan pembangkit listrik tenaga  Gelombang (PLTG).

Taman Teknologi Alternatif Kincir Angin Seperti Di Belanda

Tak hanya berpotensi sebagai destinasi wisata pantai, Pantai Parang Racuk juga mengajak wisatawan untuk belajar lebih dekat tentang pemanfaatan laut sebagai sumber daya alam. Adalah Baron Technopark Project yang menjadikan pantai ini sebagai area sumber energy alternatif. Disini, wisatawan bisa melihat prototype PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang). Tak heran jika kincir angin, sel surya dan beberapa alat lain juga bisa Anda lihat di sekitar pantai. Tak heran, pantai ini bisa menjadikan wisatawan lebih awas tentang potensi alam untuk mengembangakn sumber energy alternatif.

Sebelum memasuki pantai, para pengunjung akan dijamin serasa di negara kincir angin Belanda dengan hamparan padang rumput hijau kurang lebih 600 meter persegi, dan 2 buah kincir angin raksasa mengantarkan sensasi kental bak di negara kincir angin. Kawasan ini dijadikan sebagai tempat budidaya tanaman buah naga sebagai tempat lahan produksi wisata di kawasan tersebut. Sayangnya tempat ini hanya diketahui oleh segelintir orang saja lantaran kalah pamor dengan wisata yang di sebelah timur Pantai Baron.

Tak jarang pula banyak yang menjadikan lokasi ini menjadi tempat area camp. Karena sangat cocok sekali dengan spot tebing landainya yang menjorok jauh ke laut, menjadikan para pengunjung tertarik untuk camp di area tersebut. Menariknya dari ujung spot, jika pengunjung melihat ke arah timur akan dipuaskan dengan pemandangan penuh pesisir pantai wilayah timur, seperti pantai baron, pantai kukup, Krakal dan pantai-pantai lainnya.

Selain potensi sumber energy alternatif, tentunya Pantai Parang Racuk juga bisa dijadikan alternatif destinasi wisata pantai di kabupaten Gunungkidul. Keindahan alam yang disajikan pantai ini tentunya tidak kalah dibandingkan dengan pantai-pantai lain di kabupaten ini. Birunya laut lepas berpadu dengan birunya langit dan tebing membuat suatu lukisan yang begitu sedap dipandang mata. Dengan segala keindahannya, bersantai di pantai ini akan menjadi liburan yang menyenangkan,

Artikel terkait Kincir Angin Pantai Parang Racuk Wisata Plus Edukasi