lklan-728x90
Menu

Kerang Usal, Kuliner Lezat Warga Pesisir Gunungkidul

Warga Desa yang tinggal di pesisir pantai Krakal tepatnya di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjung sari memiliki kebiasaan untuk mencari sumber makanan di pinggir laut. Hal ini mereka lakukan karena tidaklah cukup jika hanya mengandalkan hasil pertanian mereka. Nah, yang sering mereka cari sebagai sumber makanan di tepi Pantai Krakal ini adalah Usal.

Selain sebagai menu makanan warga pesisir, ternyata Usal saat ini menjadi kuliner yang banyak diburu wisatawan. Makanan khas warga pesisir Pantai Krakal ini memiliki cita rasa yang nikmat. Bahkan bagi sebagian orang, usal dirasa lebih  nikmat dan lezat dari pada daging kambing ataupun sapi.

Kerang Usal, Kuliner Lezat Warga Pesisir Gunungkidul

Menikmati Usal Di Pantai Krakal Gunungkidul

Usal adalah salah satu komoditi laut yang dapat ditemukan di beberapa pesisir pantai berkarang. Salah satu jenis keong laut tersebut banyak diincar oleh penikmat kuliner karena rasanya mampu menggoyang lidah. Hewan yang dalam bahasa latin bernama Turbo Sparverius itu saat ini sedang banyak ditemukan di Pantai Krakal, Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari.

Usal ini sering bersembunyi di balik batu karang . Dan warga pesisir pantai dapat dengan mudah menemukan Usal diantara lubang- lubang karang yang berada di tepi pantai. Ketika air laut sedang surut maka ini adalah waktu yang tepat untuk mencari Usal. Namun tidak setiap saat Usal dapat ditemukan di sini. Keberadaannya yang musiman dan jarang ditemukan membuat Usal menjadi hidangan istimewa yang ditunggu banyak penggemarnya.

Usal sendiri dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan seperti tongseng, rica-rica dan oseng. Kalau mau dimasak apa, itu sesuai selera. Bahkan direbus di bumbu bawang dan garam saja juga sudah maknyus rasanya. Usal bisa menjadi lauk makan malam atau camilan wedangan. Karena Usal mempunyai cangkang yang keras, sehingga untuk mengolahnya harus direbus terlebih dulu. Setelah itu, dagingnya baru dikeluarkan dari dalam cangkang kemudian dimasak.

Jika anda berkunjung ke Gunungkidul khususnya ke Pantai Krakal anda wajib mencoba kuliner yang satu ini. dijamin anda akan datang dan datang lagi ke sini karena ketagihan Usal yang lezatnya nggak ketulungan.

 

Artikel terkait Kerang Usal, Kuliner Lezat Warga Pesisir Gunungkidul