lklan-728x90
Menu

Kemeriahan Pesta Rakyat Rasulan Desa Gari, Wonosari, Gunungkidul

15/05/2015 | Seni Budaya, Sosial

Kemeriahan Pesta Rakyat Rasulan Desa Gari, Wonosari, Gunungkidul

Kemeriahan Pesta Rakyat Rasulan Desa Gari, Wonosari, Gunungkidul – Greget warga 3 padukuhan di Desa Gari, Kecamatan Wonosari untuk bersatu ternyata tak cukup dengan sebuah kata sepakat. Biaya sekitar Rp 50 juta pun juga disiapkan demi kemeriahan pesta rakyat dalam rangka rasulan setempat.

Tak main-main, rasulan kali memang sengaja dibuat berbeda dari biasanya dengan menonjolkan rasa persatuan demi kebersamaan. Sebab biasanya 3 padukuhan yakni Ngelorejo, Gelung dan Tegalrejo memang hanya menggelar rasulan sendiri-sendiri.

Kegiatan Rasulan Dari Hari Jum’at Sampai Puncaknya Hari Senin

Kegiatan rasul diawali dengan acara tradisi bersih sumber air dan dilanjutkan kebersihan lingkungan pada Jumat siang (15/05). Sedang malam harinya, karangtaruna Tegalrejo rencananya juga mengadakan pentas dangdut. Yang ramai hari Minggunya ada kirab budaya menempuh jarak 3 km, start dan finis di Ngelorejo. Tuan rumah rasul saat ini memang jatuh di Padukuhan Ngelorejo. Kirabnya dari 14 RT, masing-masing menampilkan satu kesenian. Setelah kirab, malamnya di balai padukuhan Ngelorejo juga ada pengajian akbar.

Sementara itu puncak kegiatan rasulan akan diselenggarakan pada hari Senin dengan acara kenduri 2 kali, pagi dan sore hari. Acara ditutup pada Senin malam dengan pentas wayang kulit semalam suntuk menampilkan dalang lokal.

Sejak 2007 sampai 2014 kemarin rasulannya memang pecah atau sendiri-sendiri. Nah mulai tahun ini baru kita rintis untuk dipersatukan kembali, sedikit demi sedikit. Acaranya dimulai sejak Jumat hingga puncaknya hari Senin (18/05). Tiga padukuhan itu ada sekitar 500 KK, iurannya Rp 60.000/KK. Kalau dana totalnya sekitar Rp 50 juta.

jasa buat blog

Artikel terkait Kemeriahan Pesta Rakyat Rasulan Desa Gari, Wonosari, Gunungkidul

loading...