lklan-728x90
Menu

Gapoktan Desa Hargomulyo Mendapat Bantuan Bibit Bambu Petung

04/03/2016 | Pertanian

Bambu Petung merupakan tanaman bambu yang memiliki dinding tebal dan kokoh serta berdiameter dapat mencapai lebih dari 20 cm. Bambu betung dapat tumbuh hingga mencapai tinggi lebih 25 meter dan terdiri dari dua jenis, yaitu betung hijau dan betung hitam. Bambu betung ini dapat dijumpai di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi dan tumbuh subur pada lahan yang basah dengan daerah penyebarannya ada di Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi bahkan sampai ke kawasan timur Indonesia.

bambu petung

Petung banyak dimanfaatkan untuk bangunan karena diameternya yang besar dan kokoh, selain untuk tiang, jenis bambu ini juga sering dibelah untuk dijadikan reng atap. Paling cocok untuk dibuat papan laminasi bambu. Selain untuk bahan bangunan rebung petung dapat dijadikan sayuran yang lezat.

Pemanfaatan bambu betung sebagai bahan bangunan telah dilakukan sejak lama, terutama untuk tiang atau penyangga bangunan. Selain itu, juga digunakan untuk keperluan reng atau usuk dibuat dengan cara membelahnya menjadi dua. Bambu betung dapat digunakan sebagai alternatif bahan baku briket arang, karena mudah didapatkan dan relatif murah harganya jika dibandingkan menggunakan bahan lain.

Salah satu cara untuk membuat briket arang yaitu, bahan baku di arangkan terlebih dahulu lalu dihaluskan dengan cara ditumbuk atau digiling, kemudian dicampur dengan perekat (Tapioka) setelah itu dicetak dengan cara pengempaan yang tinggi agar menghasilkan briket yang bermutu baik. Perekat yang digunakan untuk menghasilkan briket yang bermutu baik sebanyak 4% karena menghasilkan kadar air, kadar abu dan nilai kalor.

Gabungan Kelompok Tani Desa Hargomulyo Mendapatkan Bantuan Bibit Bambu Petung

Di gedangsari masih jarang terdapat tanaman bambu petung padahal jika kita lihat manfaat dari bambu petung sangatlah banayak sekali, maka kita perlu membudidyakan tanaman bambu ini untuk kebutuhan yang kita perlukan. Kebanyakan bambu yang terdapat di wilayah gedangsari adalah bambu wuluh dan bambu apus dua jenis bambu ini biasa di gunakan oleh warga gedangsari untuk kerajinan.

Untuk membudidayakan tanaman bambu petung gabungan kelompok tani desa hargomulyo mendapatkan bantuan bibit bambu petung daria dinas pertanian untuk dibagikan kepada masarakat untuk dibudidayakan. Bibit bambu saat ini berada di dusun ngasinan.

Artikel terkait Gapoktan Desa Hargomulyo Mendapat Bantuan Bibit Bambu Petung