lklan-728x90
Menu

Kelapa Muda Bakar, Kuliner Andalan Objek Wisata Sri Gethuk

Penyajian makanan sekarang ini semakin aneh-aneh saja. Jika dulu makanan dimasak dan diolah secara konvensional sekarang untuk memberikan variasi kuliner untuk dikonsumsi ternyata memberikan cara baru yang kadang tidak terpikirkan sebelumnya. Tak terkecuali kuliner andalan di Objek Wisata Sri Gethuk Gunungkidul.

Kelapa muda paling nikmat dinikmati saat cuaca panas karena rasanya yang segar. Apa lagi kelapa muda yang baru di petik dari pohonnya. Namun ada yang unik dengan penyajian kelapa muda di objek wisata Air Terjun Sri Gethuk.

Kelapa Muda Bakar, Kuliner Andalan Objek Wisata Sri Gethuk

Kelapa Muda Bakar Nikmat dan Berkhasiat

Kelapa muda bakar, ya kuliner kelapa muda sebelum dibuka, diolah dengan jalan dibakar terlebih dahulu.  Kelapa muda diletakkan dalam bara api sehingga kulit buah akan terbakar gosong. Proses pembakaran ini bisa berlangsung lama sampai 1-2 jam sehingga kelapa terbakar hitam. Setelah menghitam inilah baru kemudian kelapa dibuka dengan cara seperti biasa. Tentu saja untuk penyajian kulit kelapa akan dikupas sehingga menyisakan bagian dalam kulit yang tidak gosong.

Kelapa muda bakar, kini menjadi andalan di tempat wisata alam tersebut. Tidak sembarang jenis kelapa muda yang bisa disajikan dengan dibakar, hanya kelapa muda yang berserat merah.

Kelapa muda bakar

Tugiyanto, pencetus kelapa muda bakar ini mengaku, cara penyajian kelapa muda jenis ini dapat membuat penasaran para pengunjung. Selain rasanya yang nikmat, kelapa muda bakar ini menyimpan banyak manfaat bagi tubuh.

Kelapa muda bakar ini bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh, membersihkan paru-paru, dan membantu mengobati jantung yang lemah. Selain itu, minuman ini diklaim bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti asam urat, kolesterol, diabetes hingga menghancurkan lemak.

Pria paruh baya warga RT 60/09, Padukuhan Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen mempunyai inisiatif untuk membuka usaha tersebut berkat saudaranya yang berada di Surabaya. Tarif kelapa bakar dibandrol dengan harga Rp 15.000,-/biji, dan proses pembakaran selama 10 menit.

 

 

Artikel terkait Kelapa Muda Bakar, Kuliner Andalan Objek Wisata Sri Gethuk