lklan-728x90
Menu

Keelokan Pesona Istana Air Taman Sari Keraton Yogyakarta

Tidak hanya terkenal dengan deretan pantai dan pusat perbelanjaannya, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga kondang dengan arsitektur bangunannya. Salah satu arsitektur bangunan Jogja yang begitu populer ialah Taman Sari Keraton Yogyakarta. Objek wisata Taman Sari Keraton Yogyakarta itu sendiri merupakan bekas taman Keraton Yogyakarta yang dibangun pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono I (1758-1765). Terbayang bukan, bahwa Taman Sari Keraton Yogyakarta ini memiliki nilai sejarah dan budaya yang perlu dikulik lebih dalam lagi.

Taman Sari Keraton Yogyakarta buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB. Setiap pengunjung yang datang harus membayar tiket masuk dengan harga Rp 3000 untuk satu wisatawan lokal, sementara untuk wisatawan manca negara sebesar Rp 7.000 per orang. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau tersebut, pengunjung dapat leluasa melihat keindahan Taman Sari Keraton Yogyakarta dengan lebih detail. Untuk mengintip keindahannya, langsung saja anda simak keelokan pesona istana air Taman Sari Keraton Yogyakarta berikut ini.

Keelokan Pesona Istana Air Taman Sari Keraton Yogyakarta

Pesona Taman Sari Keraton Yogyakarta

Taman Sari Keraton Yogyakarta terdiri dari 4 bagian, yaitu bagian pertama berupa danau buatan yang terletak di sebelah barat. Bagian kedua merupakan bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan, antara lain berupa Pemandian Umbul Binangun. Bagian ketiga ialah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua. Sementara bagian keempat merupakan bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua, bangunan terakhir ini meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan.

Saat berkunjung ke objek wisata Taman Sari Keraton Yogyakarta, pengunjung dapat mendengarkan gemericik air yang bersahutan. Tidak hanya itu saja, keindahan arsitekturnya yang kuno membuat Taman Sari Keraton Yogyakarta semakin digemari sebagai objek wisata budaya yang mengesankan. Serangkaian pemandangan yang menakjubkan tersebut membuat Taman Sari Keraton Yogyakarta sangat mempesona. Lorong-lorong dan bangunannya menjadikan Taman Sari Keraton Yogyakarta penuh rahasia yang akan terus dikuak.

Rute Menuju Taman Sari

Taman Sari Keraton Yogyakarta berlokasi tidak jauh dari Keraton Yogyakarta. Objek wisata ini hanya berjarak sekitar 1 km dan dekat dengan alun-alun Selatan Yogyakarta. Bagi pengunjung yang berangkat dari Jalan Malioboro, cukup berkendara menuju ke Selatan tepatnya ke arah Keraton Yogyakarta atau Alun-alun utara Jogja. Setelah itu, ambil jalan yang berada di sebelah barat Alun-alun Jogja hingga bertemu perempatan pertama. Kemudian belok kiri dan ikuti terus jalan tersebut. Tidak butuh waktu yang lama, anda dapat menemukan lokasi objek wisata Taman Sari Keraton Yogyakarta tersebut.

Jika rute tersebut dinilai rumit, anda dapat memilih rute yang lebih mudah dengan memarkir kendaraan di area parkir Keraton yang berada di sebelah timur Alun-alun Jogja. Kemudian anda teruskan perjalanan menggunakan jasa becak dengan tarif Rp 10.000 per orang. Dalam perjalanan menuju objek wisata Taman Sari, anda dapat menikmati keindahan bangunan tua seperti Benteng. Di sepanjang jalan menuju objek wisata Taman Sari Keraton Yogyakarta, mata pengunjung akan selalu dimanjakan dengan deretan pemandangan yang menarik. Saat berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa juga untuk singgah ke pantai Parangtritis sembari menikmati sensasi Paralayang bukit Parangtritis di Bantul, Yogyakarta.

Demikianlah ulasan terupdate mengenai keelokan pesona istana air Taman Sari Keraton Yogyakarta selengkapnya untuk anda. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar tempat wisata terbaru maupun terpopuler saat ini.

Artikel terkait Keelokan Pesona Istana Air Taman Sari Keraton Yogyakarta