lklan-728x90
Menu

Kebun Binatang Semarang Tempat Rekreasi Paling Asyik

Kebun Binatang Mangkang atau disebut Taman Marga Satwa Semarang adalahsalah satu tempat wisata favorit . Untuk para wisatawan yang berkunjung di kota Semarang. Kebun binatang ini adalah tempat konservasi satwa yang memadukan konsep pendidikan dengan konsep rekreasi.  Taman Marga Satwa sampai saat ini telah mempunyai lebih dari 40 macam satwa. Dan pada tiap periodenya akan selalu ditambah dengan macam satwa lain untuk melengkapi koleksi di kebun binatang. Masing-masing macam satwa jumlahnya sekitar 2 ekor sampai 6 ekor. Hewannya ditempatkan di dalam suatu kandang yang hampir sama dengan habitat semulanya di alam bebas.

kebun-binatang-semarang-tempat-rekreasi-paling-asyik

Di Bonbin Mangkang, Anda dapat melihat beberapa macam binatang yang bebas, tak di kandang. Akan tetapi masih ditempatkan di habitatnya. Untuk mengelilingi kebun binatang yang memiliki  luas 9 hektar. Apabila anda  lelah, Anda dapat keliling menggunakan kereta yang mini. Fasilitas yang lainnya yang bisa pengunjung nikmati antara lain becak air, gajah dan lan sebagainya. Mungkin yang begitu unik yaitu becak airnya. Sebab anda bisa berjalan-jalan memakai becak air tersebut di dalam  danau buatan. Serta melihat-lihat burung pelikan berenang dengan begitu bebas. Tidak hanya yang itu saja, masih ada banyak fasilitas lainnya, rata-rata fasilitas untuk anak-anak. Yaitu water boom, kolam keceh, serta museum pesawat.

Kebun Binatang Semarang

Kebun binatang ini telah beroperasi cukup lama, mulai Februari tahun 2007. Sebelumnya, terdapat kebun binatang Tinjomoyo,  akan tetapi kondisinya telah memprihatinkan. Hingga akhirnya didirikanlah kebun binatang Mangkang ini sebagai pengganti Tinjomoyo. Sejak tahun 2006, hewan yang ada sudah mulai dipindah ke huniannya yang baru. Bila mau mengetahui sejarahnya lebih dalam lagi, masih ada kebun binatang Tegalwareng.  Pada waktu tahun 1954, didirikanlah kebun binatang ini. Untuk konsep yang dipakai kala itu yakni kombinasi kebun binatang dilengkapi dengan taman hiburan.

Namun banyak binatang yang menjadi stress disebabkan konsep tersebut. Ya, memang taman hiburan keadaanya bising sekali dan binatang di kebun binatang pun terganggu olehnya. Hingga, akhirnya pada tahun 1985 kebun binatang dipindah ke kebun binatang Tinjomoyo dan juga Taman Lele. Untuk masalah sejarahnya memang cukup panjang. Ini juga merupakan cerita kenapa Bonbin Mangkang ini bertempat di perbatasan kota Semarang. Sekarang ini Kebun Binatang Mangkang Semarang juga dikenal dengan sebutan Taman Marga Satwa Semarang.

Koleksi Bonbin Semarang

Tempat wisata Kebun Binatang Mangkang merupakan kebun binatang dengan spesies hewan yang cukup banyak, terdapat  sekitar 40 spesies, dengan keseluruhan 200 hewan. Antara lain singa, rusa tutul, rusa timor, harimau sumatra, beruang, kuda, ular, buaya, gajah sumatera, kudanil dan masih banyak lagi hewan yang ada di kebun binatang sumatra ini. Untuk tiketnya cukup membayar 5 ribu rupiah, Anda sudah bisa memasuki kawasan bonbin Mangkang ini.

Anda pun dapat berfoto dengan burung ataupun dengan ular. Dan Anda dapat juga mengajak anak anda untuk naik gajah. Di tempat ini Anda mengajarkan anak Anda untuk mulai menyayangi hewan dari kecil. Biaya lainnya di Kebun Binatang Mangkang antara lain Naik Gajah Rp 5 ribu, Naik Becak Air Rp 5 ribu, dan Naik Kuda  5 ribu rupiah. Untuk  Flying Fox Rp 5 ribu, menaiki Perahu Rp 3 ribu, Naik Kereta Mini Rp 3 ribu, Tiket Water Boom 10 ribu rupiah. Dan Nonton Film Satwa Rp 3 ribu.  Sedangkan Jam buka adalah  08:00 – 17:00.

Hanya terdapat sedikit hotel ataupun penginapan pada sekitar objek wisata Taman Safari Semarang. Itupun yang paling dekat yang berada di jalur pantura hanya Kuta Indah Hotel yang terletak pada tengah-tengah kota Kendal serta Kebun Binatang Mangkang. Demikian ulasan tentang kebun binatang semarang. Jangan lupa baca juga kebun binatang medan yang telah diulas kemarin.

Artikel terkait Kebun Binatang Semarang Tempat Rekreasi Paling Asyik