lklan-728x90
Menu

Fakta Terlengkap Wisata Kebun Binatang Medan Simalingkar

Medan adalah salah satu kota paling besar di Sumatera bahkan terbesar di Indonesia. Kota Medan merupakan ibukota provinsi dari Sumatera Utara. Dan Kota ini termasuk kota besar di Indonesia yang di tinggali oleh berbagai macam etnis. Sebagai kota yang paling besar, Medan mempunyai banyak tempat tujuan wisata yang begitu menarik. Salah satu tempat tujuan wisata di Medan yang sangat populer bahkan sampai ke luar negeri yaitu Danau Toba. Perkembangan infrastruktur sangatlah berpengaruh pada geliat pariwisata di kota Medan. Tempat wisata alam adalah paket wisata diandalkan yang ditawarkan di Medan Sumatra utara ini. Salah satunya adalah kebun binatang siantar sumatra utara.

Kebun Binatang Medan merupakan sebuah kebun binatang yang ada di Medan, Sumatera. Letaknya berada di Kelurahan Simalingkar B, Medan Tuntungan, kurang lebih 10 kilometer dari pusat kota ke arah Brastagi. Wisata Kebun binatang yang saat ini adalah kebun binatang baru yang diresmikan oleh Walikota Medan, yaitu Abdillah, pada tanggal 14 April 2005. Sebelumnya Kebun Binatang Medan berada di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Kampung Baru, Medan Maimun. Walaupun baru, kebun binatang di Simalingkar banyak menerima kritikan karena dianggap tidak menyuguhkan fasilitas yang layak bagi hewan-hewan yang terdapat disitu. Suasana yang gersang dan juga pemberian makanan yang kurang untuk para hewan juga menjadi masalah yang ada di kebun binatang ini.

fakta-terlengkap-wisata-kebun-binatang-medan-simalingkar

Sekitar 1.000 orang mendatangi kebun binatang seluas 30 hektare ini pada tiap akhir minggunya. Untuk hari-hari biasa, jumlah pengunjung kiranya berjumlah 150 orang per harinya. Menyusuri kebun binatang di medan di Jalan Bunga Rampai, Medan Simalingkar, Sumatera Utara, memang sangatlah melelahkan. Jarak binatang satu dengan binatang yang lainnya bisa mencapai sejauh 1 kilometer. Akan tetapi wisata ini cukup menarik untuk penggemar tracking jungle atau pecinta alam. Dikarenakan wisatawan diajak melintasi pohon-pohon yang besar. Untuk jalan tanjakan dan turunan sampai dengan pemandangan sungai kecil. Kebun Binatang Medan mempunyai luas 30 hektar. Ada sekitar 100an binatang yang terdiri dari berbagai jenis ayam, burung, monyet, harimau, gajah, buaya ataupun ular.

Kebun Binatang Medan

Sepanjang mencari kawasan binatang unggas, wisatawan harus menghabiskan tenaga untuk berjalan terus menerus untuk melihat jenis binatang yang lain. Wisatawan yang gemar olahraga, tentu menggemari kegiatan keliling ini. Akan tetapi, bagi wisatawan yang jarang berolahraga sebaiknya banyak berhenti untuk melakukan istirahat. Di Kebun Binatang banyak menawarkan bermacam jualan makanan serta minuman. Mulai dari makanan yang berat seperti halnya nasi, aneka macam mie dan snack serta berbagai minuman dingin. Ada juga persewaan kuda, delman dan juga bisa keliling naik gajah, untuk membantu para wisatawan berkeliling. Akan Tetapi tidak sampai seluruh wilayah, melainkan area yang telah ditentukan.

Tapi kegiatan itu tentu lumayan guna merasakan sensasi naik serta turun jembatan dengan mengendarai delman ataupun kuda. Bagi wisatawan yang gemar outbond juga bisa bermain flying fox, trampolin serta ada juga aral lintang. Baik anak-anak atau orang dewasa dapat juga bermain outbond, dengan membayar dengan uang Rp 5 ribu sampai dengan Rp 10 ribu tiap permainan outbond. Terdapat juga kuda putar dan permainan anak-anak yang dapat menghibur anak-anak setelah kelelahan menyusuri wisata kebun binatang.

Permainan Di Kebun Binatang

Andi, sebagai penjaga permainan, mengungkapkan setiap pengunjung yang ingin bermain outbond dipasangkan alat alat keamanan. Yang paling lengkap untuk bermain flying fox, trampolin serta aral lintang. Meskipun harga sekali bermain terbilang begitu murah, pengunjung dapat merasakan kegiatan outbond menggunakan peralatan profesional. “Flying fox akan melintasi jurang kecil, tetapi uniknya jurang buatan ini sudah ditanami tanaman dengan aneka warna. Hingga bukannya takut melihat jurang dari ketinggian sekitar 15 kaki, melainkan takjub. Begitu juga aral lintang,” katanya.

Wisata ini, selain wisata untuk refreshing juga dapat menambah ilmu pengetahuan mengenai  kekayaan binatang di Indonesia serta di luar negeri. Wisata fauna Kebun Binatang Medan ini dibuka pada tiap hari mulai jam 7 pagi sampai pada jam 5 sore. Tiket yang digunakan juga sangat terjangkau, dengan Rp 8 ribu bagi orang dewasa dan gratis untuk anak-anak di bawah umur 4 tahun. Sedangkan untuk hari weekend ataupun tanggal merah hanya Rp 11 ribu saja.

Kelahiran Anak Harimau

Harimau Sumatera telah melahirkan 3 ekor anak di Kebun Binatang Medan, pada Kawasan Simalingkar B, Medan. Dan tiga ekor anak yang lahir pada tanggal 18 Oktober 2012 lalu. Dari pasangan harimau jantan yang bernama Anhar yang lahir di Kebun Binatang Medan serta sang betina kini berusia 17 tahun. Kepala Urusan Kesehatan Hewan beserta Konservasi Taman Margasatwa Medan, Sucitrawan, kepada wartawan. Mengungkapkan bahwa pihaknya masih terus memantau kondisi kesehatan dari ketiga bayi harimau serta induknya. Anak harimau yang dilahirkan dengan mempunyai berat 1,3 kg serta panjang 20 senti meter. Pada saat itu ketiga anak harimau langsung ditangani oleh tim dokter hewan dan dengan kondisi terpisah dengan induknya.

Pengelolaan Kebun Binatang Medan

Kebun Binatang Medan berada di Jl. Brigjen Katamso KM. 4,5 Kampung Baru, Medan memiliki areal 3,5 hektar. Serta diresmikan pada tanggal 17 Agustus tahun 1968 oleh Gubernur Kepala Daerah Sumatera. Yaitu Bapak Marah Halim Harahap dengan status Yayasan dibawah Pemerintah Daerah yang telah dibentuk pada tahun 1961 dengan SK. Dan Walikotamadya Medan nomor: 812 tanggal 2 September tahun 1961. Lalu dengan Akte Notaris Rusli nomor: 86 tanggal 9 September tahun 1961. Yang kemudian bakal diperbaharui lagi dengan Akte Notaris Rusli nomor: 117 tanggal 28 Juni tahun 1967.

Kebun Binatang Medan yang saat ini pengelolaannya dibawah unit Perusahaan Daerah Pembangunan Kota Medan terdapat perubahan yang begitu signifikan. Pada tanggal 23 Maret 2005 pindah ke kawasan di Jl. Bunga Rampai IV, Simalingkar B, Medan Tuntungan, di Medan. Luas wilayah baru mencapai 30 hektar yang ditempati 78 spesies. Dan jumlahnya lebih dari 182 ekor satwa. Dengan pemindahan ke wilayah baru yang lebih luas diharapkan bisa memberikan kesejahteraan untuk satwa koleksinya. Guna mewujudkan keinginan tersebut maka akan selalu dilakukan berbagai pembenahan agar bisa menampilkan sarana rekreasi pendidikan. Yang tentunya harus representatif untuk masyarakat Medan dan di sekitarnya.

Pelebaran Jalan Kebun binatang Medan

Salah satu obyek wisata yang murah di Kota Medan yaitu Kebun Binatang Medan. Pada tiap tahun, khususnya hari libur dan hari besar pengunjung kebun binatang medan mencapai ribuan orang. Pengunjung dari berbagai wilayah termasuk luar Medan. Sayangnya akses jalan menuju kebun binatang yang hanya selebar 5 meter belum jadi perhatian Pemko Medan. Jadi kerap macet terutama pada waktu pengunjung bon bin membeludak pada hari libur ataupun hari besar lainnya. Saran pembangunan atau pelebaran Jalan Luku I, II, Serta Pintu Air IV. yang jadi akses menuju KBM diulas dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan Kwala Bekala.

Warga berharap agar jalan ini diperlebar. Sebab sering macet.  Menurutnya, warga sudah siap membebaskan tanahnya dengan ganti rugi yang dibilang wajar. Sebab, warga juga merasa jenuh melihat kemacetan pada kawasan itu. Apalagi, pada gerbang akses KMB saat ini menjadi jalur alternatif dari Jalan Jamin Ginting sampai Jalan AH Nasution. Diungkapkannya, setiap hari libur sekolah, terutama hari-hari besar, volume kendaraan di Jalan Pintu Air IV begitu padat. Banyak sekali kendaraan yang masuk dengan ukuran besar sebab membawa rombongan ke kebun binatang. Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli sepakat bila akses menuju KBM di buat lebar. Pembangunan jalan ini adalah langkah untuk menarik minat pengunjung ke KBM.

 

Artikel terkait Fakta Terlengkap Wisata Kebun Binatang Medan Simalingkar