lklan-728x90
Menu

Pesona Bukit Kawah Wurung Bondowoso Yang Menakjubkan

Kawah Wurung Bondowoso termasuk sebuah kawasan perbukitan yang mempunyai hamparan padang rumput atau savana yang hijau dengan cerukan dengan bentuk seperti kawah gunung. Perbukitan ini dikelilingi sebuah lubang raksasa seperti halnya kaldera. Kawah Wurung bermakana kawah yang tidak jadi atau bisa dimaknai kawah yang telah mati. Jika sebuah kawah biasanya terdapat air atau endapan belerang dengan buih-buihnya. Akan tetapi di sini sepanjang mata memandang yang tampak hanyalah perbukitan yang diselimuti rerumputan hijau diselingi dengan pepohonan yang sedikit pada beberapa bagiannya.

Ada yang mengungkapkan pemandangan Kawah Kurung adalah miniatur Gunung Bromo. Ada jugayang mengingatkan padang savana di sana bak di New Zealand, landscape nya disebut juga bagaikan di film televisi Teletubbies. Bentuk dari bukitnya yang indah serta kehijauan membuatnya dijuluki sebagai jamrudnya Bondowoso. Semua pujian benar saja sebab memang begitu adanya. Secara administratif, letak geografis Kawah Wurung Bondowoso berada di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Bondowoso. Atau berada pada sebelah barat Kawah Ijen. Akan tetapi pengelolaan Kawah Wurung yang mempunyai luas sekitar 100 ha ini berada dibawah Perhutani KPH Bondowoso.

Panorama Kawah Wurung Bondowoso

Begitu anda mencoba berkunjung ke obyek wisata ini, maka selama perjalanan pun anda telah disuguhi oleh keindahan panorama menakjubkan dari kawasan perkebunan juga hutan-hutan pinus. Hawa sejuk serta dingin karena posisinya yang berada di ketinggian 1500 mdpl. cukup tinggi guna merasakan hawa sejuk disertai nuansa alam pepohonan yang masih banyak anda jumpai. Lokasi Kawah Wurung juga begitu cocok untuk dijadikan sebagai lokasi untuk anda yang gemar dengan olehraga off road. Wilayahnya yang sangat luas serta pemandangan menawan menajdi poin lebih untuk anda untuk melkaukan kegiatan-kegitan lam terbuka semacam ini. Akhir akhir ini bahkan lokasi ini juga dijajaki sebagai tempat untuk berlatih paralayang juga gantole.

Dari atas bukit tampak jelas hamparan luas rumput hijau bagai permadani. Beberapa fauna seperti kijang serta sapi berkeliaran bebas di padang rumput ini. Bila pandangan diarahkan ke sekeliling, tampak dikejauhan bibir kaldera Ijen berdampingan dengan puncak Merapi. Sementara di sudut lain tampak Gunung Raung dengan kalderanya yang begitu terjal. Pastinya pecinta fotografi yang amatiran pun tidak akan berhenti mengabadikan keindahannya. Kawah Wurung tak selalu tampil dengan pesona kehijauannya. Ini hanya dapat disaksikan di musim hujan, sedangkan bila traveler datang pada saat musim panas, pemandangan padang savananya berubah menjadi merah muda merona sampai dengan kekuningan. Tapi pesonanya tetap tak pudar.

Akses Kawah Wurung Bondowoso

Untuk anda yang berkunjung ke Kawah Wurung jangan lupa untuk membawa kamera anda serta mengabadikannya dalam bidikan lensa. Karena lokasinya yang indah dapat menjadi objek mengagumkan pada album foto anda. Jangan lupa juga untuk berkunjung pada bukit cicin pada areal tersebut. Bukit cincin termasuk sebuah kubangan besar kering yang hijau karena rumput. Bentuknya seperti kaldera besar yang sangatlah menawan dan juga indah.

Untuk anda yang ingin mencoba menikmati keindahan alam Kawah Wurung seharusnya membawa kendaraan pribadi saja. Bila tidak ingin terlalu dipusingkan dengan masalah angkutan. Tapi bagi anda yang ingin menuju ke lokasi ini tidak dengan kendaraan pribadi, maka langkah yang bisa anda lakukan adalah dengan menumpang mobil angkutan warga. Dengan plat hitam dari terminal menuju ke Sempol. Angkutan tersebut juga hanya tersedia sampai jam 2 siang saja atau kurang. Sesudah penuh mereka akan langsung berangkat. Untuk menambah referensi tempat wisata anda baca juga panjat tebing di Gunungkidul.

Artikel terkait Pesona Bukit Kawah Wurung Bondowoso Yang Menakjubkan