lklan-728x90
Menu

Kali Kuning Kaliurang, Pesona Alam di Lereng Merapi yang Menakjubkan

Kali Kuning  Kaliurang adalah salah satu objek wisata menarik yang berlokasi di dekat lereng gunung Merapi. Destinasi wisata ini mempunyai pemandangan yang sangat menarik. Tempat ini cocok sekali jika digunakan untuk kegiatan seperti camping, berkemah atau outbound training.

Sudah banyak wisatawan yang berdatangan ke Kali Kuning Kaliurang ini. Baik dari dalam maupun luar negeri untuk bisa menikmati pemandangan alam yang segar.

Udara yang disuguhkan sangatlah dingin pada waktu malam. Jadi saat kemping sebaiknya anda menyiapkan pakaian hangat.

Anda tidak akan menyesal kemping disini, sebab anda dapat menyaksikan sunrise yang menakjubkan dengan latar belakang gunung Merapi.

Ditambah lagi pemandangan yang dihiasi tebing dengan batuan andesit, membuat foto yang anda abadikan tampak lebih menarik.

caripaketwisatajogja.com

Pesona Alam Kali Kuning Kaliurang

Bila anda menyusuri Kali Kuning menuju bukit sangat menyenangkan. Anda akan melewati Kaliadem dengan pemandangan berupa gemericik aliran air dan hutan pinus yang lebat. Tentu saja diiringi dengan udara sekitar yang menyenangkan.

Walaupun jarak menuju bukit terbilang jauh, tetapi hal tersebut tidak akan terasa. Sebab kondisi udaranya segar walaupun di siang hari yang terik.

Sepanjang perjalanan menuju bukit, anda bisa melihat indahnya bunga kantong semar yang sedang mekar. Bahkan beberapa wisatawan juga sering memotret momen tersebut.

Selain itu ada juga hewan-hewan yang bisa anda temui seperti elang hitam, ayam hutan dan elang jawa. Hal ini akan membuat perjalanan anda tak akan terasa melelahkan.

Gemericik air yang bisa didengar sepanjang perjalanan menuju bukit asalnya dari mata air Umbul Wadon. Mata air ini adalah hulu sungai oya, Progo dan sungai Opak.

Umbul Wadon ini konon berasal dari lahar merapi yang meluap ketika meletus beberapa tahun yang lalu. Walau begitu, Umbul ini juga sukses menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Bukit Kali Kuning ini telah dikelola Taman Nasional Gunung Merapi. Pengelola ini berupa Kelompok Pemberdayaan masyarakat yang ikut andil dalam melestarikan serta menjaga alam. Destinasi wisata ini mulai dikembangkan pada Januari 2017 lalu.

Lokasi Bukit Kali Kuning

Lokasi dari tempat wisata Kali Kuning park ini terbilang mudah untuk dijangkau dan mudah ditemukan. Sebab jalan untuk menuju ke tempat wisata alam ini sudah bagus dan layak dilewati.

Alamat lengkap dari bukit Kali Kuning ini berada di jalan Bebeng, Palemsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman.

Rute yang bisa dilalui untuk menuju ke tempat ini sangat mudah. Bila berangkat dari pusat kota Jogja anda bisa menempuh jarak sekitar 27 km. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk kendaraan bermotor kurang lebih sekitar 1 jam.

Tiket Masuk Kali Kuning Park

Agar bisa menikmati keindahan wisata Kali Kuning di atas ketinggian, maka anda akan dikenakan biaya Rp3.000 per orang. Sementara itu, bila anda ingin camping maka biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp20.000.

Harga ini tentu tidak terlalu mahal bagi anda yang ingin melihat pemandangan indah dan menakjubkan.

Sementara itu, harga tiket parkir untuk masuk ke tempat wisata ini sebesar Rp2.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp5.000 untuk mobil.

Fasilitas yang Ada di Kali Kuning

Saat ini fasilitas yang terdapat di tempat wisata Kali Kuning ini sudah lumayan lengkap. Pastinya bisa membuat pengunjung merasa nyaman.

Fasilitas seperti area parkir yang luas, toilet, persewaan penginapan, serta pusat informasi yang akan dilayani dengan baik.

Selain itu saat anda berwisata ke Kali Kuning Kaliurang ini anda tak perlu khawatir dan takut kelaparan. Sebab disini juga tersedia warung makanan dan minuman yang menyediakan makanan yang bisa memuaskan rasa haus dan lapar anda.

Artikel terkait Kali Kuning Kaliurang, Pesona Alam di Lereng Merapi yang Menakjubkan