lklan-728x90
Menu

Jerami Fermetasi Sangat Baik Untuk PakanTernak Sapi

18/03/2016 | Pertanian

Ternak bagi sebagian petani, merupakan komponen usaha tani yang tidak kalah pentingnya dengan usaha utamanya seperti padi dan palawija.  Walaupun ternak hanya berfungsi sebagai usaha sampingan dan tabungan tetapi kehidupan ternak menjadi perhatian sepanjang hari.  Sebagai makhluk hidup ternak membutuhkan makanan dan minum yang harus disediakan sepanjang hari.

jerami untuk pakan ternak

Di musim penghujan mungkin para petani tidak akan kesulitan untuk memberi pakan pada ternak yang dimilikinya karena banyak terdapat rumput dan dedaunan yang tumbuh dengan subur. Yang menjadi kendala adalah di saat musim kemarau para petani agak kesulitan untuk mendapatkan pakan ternak. Untuk mengatasi pakan ternak yang langka di musim kemarau para petani biasanya mengeringkan jerami saat panen dan di simpan untuk pakan ternak di musim kemarau yang akan datang.

Cara Mengawetkan Jerami Untuk Di Jadikan Pakan Ternak

Cara yang paling sederhana untuk menyimpan jerami jika kita hanya butuh serat kasarnya saja tanpa perlu perbaikan palatabilitas dan peningkatan nutrisi adalah dengan menumpuknya sedemikian rupa. Caranya tumpukan jerami diberdirikan secara bertingkat (kondisi batang berdiri) terus ke atas hingga berbentuk seperti gunung atau kerucut, cara ini bisa menghambat pembusukan jerami karena kandungan air jerami akan terus keluar secara alami dan dengan bantuan sinar matahari. Cara yang lainnya adalah dengan di hampar begitu saja sampai kering kemudian di tumpuk dan di press atau diikat dan disimpan dalam gudang yang bebas dari air hujan atau tidak lembab agar terhindar dari kebusukan karena ditumbuhi jamur.

Sedangkan cara yang terbaik dalam penyimpanan jerami adalah dengan fermentasi jerami, kenapa? Karena dengan di fermentasi kandungan nutrisi atau nilai gizi jerami akan meningkat, palatabilitas meningkat dan tingkat kecernaan juga meningkat. Jerami padi yang di fermentasi di samping dijadikan sebagai pakan berserat atau pakan sumber serat utama untuk ternak sapi juga memiliki TDN dan palatabilitas yang lebih tinggi daripada jerami tanpa fermentasi. Pemberian jerami pada ternak sapi diberikan sebanyak 6-8 kg/ekor/hari.

Sedangkan pakan konsentrat diberikan sebanyak 2 % dari berat badan. Formula ransum pakan konsentrat dapat disesuaikan dengan bahan yang ada ditempat, salah satu contoh formula ransum pakan konsentrat adalah 2 bagian dedak, 1 bagian jagung dan 1 bagian bungkil kelapa 1 bagian ampas tahu dan ditambahkan vitamin mineral sebanyak 1 kg untuk setiap 100 kg pakan konsentrat. Jadi jika berat sapi yang akan diberi pakan adalah 400 kg maka konsentrat yang diberikan adalah 400 kg x 2% sekitar 8 kg ditambah dengan 8 kg jerami fermentasi, sehingga total pakan untuk sapi tersebut adalah 16 kg/ekor/hari jika berat sapinya rata-rata 400 kg.

Artikel terkait Jerami Fermetasi Sangat Baik Untuk PakanTernak Sapi