lklan-728x90
Menu

Jenis Buah Tropis yang Sudah Mulai Jarang Dijumpai di Indonesia

Indonesia berada tepat di lintasan garis khatulistiwa dan ini memberikan keuntungan tersendiri sehingga Indonesia menjadi sebuah negara tanahnya sangat subur. Indonesia bisa menghasilkan kebutuhan pangan yang dinilai sangat produktif. Sehingga tak heran bila Indonesia menjadi negara agraris. Berbagai macam jenis buah tropis tumbuh di Indonesia dengan rasanya yang lezat dan hasil melimpah bisa tumbuh subur di negara ini.

Berbagai macam jenis buah seperti manggis, durian, rambutan, sampai dengan buah naga bisa dengan mudah ditemukan. Di samping berbagai macam buah yang populer tersebut, ternyata Indonesia juga mempunyai berbagai buah unik yang keberadaannya saat ini mulai langka. Khususnya jenis buah tropis yang sekarang sudah jarang ditemukan.

8 Jenis Buah Tropis yang Mulai Langka

Beralihnya lahan perkebunan menjadi pemukiman penduduk merupakan salah satu alasan kelangkaan berbagai jenis buah ini. Pohon buah tropis yang dulu bisa mudah ditemukan di kebun atau di pekarangan rumah saat ini sudah mulai menghilang. Lantas apa saja buah tropis yang saat ini sudah semakin sulit ditemui?

  1. Buah Menteng

Nama buah ini telah diabadikan sebagai nama daerah di ibu kota. Buah menteng adalah salah satu jenis buah tropis khas dari Indonesia yang saat ini sudah sulit ditemukan. Bentuk buah ini mirip seperti duku. Buah menteng atau yang sering dikenal dengan kokosan mempunyai rasa yang lebih asam.

Salah satu hal unik dari buah ini yaitu cara makannya. Buah kokosan atau buah menteng nikmat sekali disantap dengan cara langsung menyedot ujung buah. Hingga sari-sari nya keluar tanpa perlu mengupasnya terlebih dahulu.

  1. Buah Kecapi

Di samping memiliki nama yang unik, buah kecapi juga mempunyai bentuk fisik seperti buah manggis ketika dibelah Buah ini memiliki kulit yang berwarna kuning terang. Buah yang sering disebut dengan manggis liar ini mempunyai rasa manis ditambah dengan sensasi asam yang begitu menyegarkan.

Buah ini dapat digunakan sebagai obat yang baik untuk mengatasi demam, sakit perut, kram perut dan lain sebagainya. Tak heran disamping disantap secara langsung, buah kecapi juga sering diolah menjadi minuman berupa sirup segar,

  1. Buah Kepel

Keberadaan buah kepel ini sudah mulai langka. Konon dahulu buah kepel adalah buah kesukaan putri putri keraton Jawa. Buah ini memiliki rasa yang manis ditambah dengan aroma yang harum semerbak yang menjadi salah satu daya tarik buah kepel. Karena keharuman yang dikeluarkan oleh buah kepel ini, zaman dahulu buah yang mirip dengan sawo ini sering dimanfaatkan sebagai salah satu obat untuk menghilangkan bau badan tak sedap.

  1. Cempedak

Cempedak adalah salah satu buah tropis yang memiliki penampilan fisik yang bisa dibilang mirip dengan nangka. Tetapi sudah dibelah, buah yang memiliki kulit tajam ini mempunyai daging yang teksturnya lebih lembut dan juga aroma harum yang mirip seperti buah durian. Selain sering dikonsumsi secara langsung, buah cempedak juga biasanya diolah menjadi berbagai macam sajian. Seperti kue, gorengan sampai dengan cemilan berupa keripik.

  1. Buah Gandaria

Buah ini memiliki bentuk seperti mangga namun ukurannya lebih kecil. Gandaria mempunyai rasa yang manis berpadu dengan asam yang segar. Jika buah gandaria sudah matang, warnanya kuning terang dan begitu nikmat ketika disantap secara langsung ketika cuaca sedang terik. Bukan hanya buah gandaria yang sudah matang saja yang nikmat rasanya. Tetapi buah gandaria yang masih mentah dengan rasa asam dan memiliki teksturnya cocok sekali diolah menjadi campuran rujak atau dibuat sebagai asinan.

  1. Matoa

Matoa merupakan salah satu tanaman khas dari wilayah Papua. Memiliki buah yang berbentuk seperti kelengkeng. Buah matoa ini kulitnya berwarna hijau atau ungu dan memiliki tekstur tebal. Selain di Papua, buah ini juga tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Rasanya khas dan unik seperti paduan rambutan dan juga kelengkeng yang sangat manis.

  1. Gowok

Satu lagi salah satu buah tropis yang merupakan khas Indonesia dan saat ini sudah jarang ditemukan. Namanya adalah buah gowok, bentuk fisik buah ini mirip dengan blueberry besar. Gowok atau kepa dulunya adalah buah liar yang merupakan favorit anak-anak yang tinggal di pedesaan.

Buah gowok mempunyai kulit yang tebal dan teksturnya renyah saat digigit. Rasanya manis bercampur asam dan sering dimanfaatkan sebagai campuran asinan atau rujak. Buah yang satu ini sekarang sudah jarang ditemui di Indonesia. Meskipun ada, jumlahnya juga sudah tidak banyak.

  1. Buah Buni

Buni merupakan salah satu jenis buah tropis yang sudah jarang ditemui. Tersebar di wilayah Asia Tenggara dengan ciri khas menggerombol dalam satu batang mirip seperti anggur. Rasanya manis dan asam sedikit sepat, membuat buah ini cocok diolah menjadi campuran asinan atau rujak yang menyegarkan.

Artikel terkait Jenis Buah Tropis yang Sudah Mulai Jarang Dijumpai di Indonesia