lklan-728x90
Menu

Inilah Pantai Tersembunyi Dengan Keindahan Yang Luar Biasa

Gunungkidul Yogyakarta memang terkenal dengan banyaknya pantai yang sangat indah dan unik. Di Yogyakarta sendiri, daerah yang memiliki jumlah wisata pantai terbanyak memang di Gunungkidul ini. Mungkin jika Anda ingin mencoba merasakan keindahan masing-masing pantai ini tidak akan cukup dalam sehari meskipun memang jarak pantai satu dengan yang lain masih berjajar. Wisata Pantai di Gunung Kidul memang layak dijadikan destinasi liburan Anda. Bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai yang unik masih asri dengan udara yang masih segar, Gunungkidul Yogyakarta adalah tujuan yang wajib Anda kunjungi. Selain itu di pantai-pantai daerah Gunungkidul ini terkenal dengan pasir yang berwarna putih dan menambah pemandangan semakin elok.

Inilah Pantai Tersembunyi Dengan Keindahan Yang Luar Biasa

Dari masing-masing pantai juga memiliki keistimewaan yang berbeda-beda baik dari segi pemandangannya, fasilitasnya atau berbagai kegiatan yang dapat Anda lakukan disana. Yang pasti, Anda akan terkagum-kagum dengan keindahan yang ada di pantai Gunungkidul Yogyakarta ini dan selain menikmati suasana pantai Anda juga dapat menikmati kuliner yang berbeda-beda yang nikmat tentunya. Gunung Kidul memiliki beberapa landmark dan juga destinasi yang sangat indah. Selain pantai, di sana juga ada beberapa air terjun, goa dan juga keindahan alam yang sangat menarik. Gunung Kidul sendiri merupakan salah satu tempat wisata di Jogja paling menarik dan populer. Penasaran kan? Berikut adalah daftar tempat obyek di Gunung Kidul paling populer.

Keindahan Wisata Pantai Gunungkidul

Meskipun Kabupaten Gunungkidul di dominasi oleh perbukitan dan pegunungan kapur yang identik dengan gersang di musim kemarau, kabupaten ini mempunyai ciri khas yang unik, baik dari sejarah, budaya, pariwisata dan kuliner. Beberapa tahun lalu mungkin masih banyak orang yang memandang sebelah mata Gunungkidul sebagai tempat liburan. Atau mungkin memang belum banyak yang tahu tentang potensinya sebagai kawasan wisata yang menakjubkan. Berbeda dengan kota Jogja yang lebih mengandalkan wisata-wisata sejarah dan budaya, Gunungkidul punya daya tarik utama berupa wisata alam, terutama pantai. Banyak yang mengatakan, Wilayah kabupaten Gunungkidul dikenal sebagai wilayah yang susah sinyal, terpencil atau semacamnya. Tapi, dibalik itu semua, ada sejuta keindahan yang akan membuat siapapun akan sangat terpesona dengan keindahan wisata di Kabupaten Gunungkidul ini.

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai yang unik masih asri dengan udara yang masih segar, Gunungkidul Yogyakarta adalah tujuan yang wajib Anda kunjungi. Selain itu di pantai-pantai daerah Gunungkidul ini terkenal dengan pasir yang berwarna putih dan menambah pemandangan semakin elok seperti Pantai Trenggole. Dari masing-masing pantai juga memiliki keistimewaan yang berbeda-beda baik dari segi pemandangannya, fasilitasnya atau berbagai kegiatan yang dapat Anda lakukan disana. Yang pasti, Anda akan terkagum-kagum dengan keindahan yang ada di pantai Gunungkidul Yogyakarta ini dan selain menikmati suasana pantai Anda juga dapat menikmati kuliner yang berbeda-beda yang nikmat tentunya.

Pantai Tersembunyi Di Gunungkidul

Gunungkidul memang sudah terkenal sebagai surganya pantai indah di Yogyakarta. Jajaran pantai-pantai indah nan menawan siap untuk menyambut setiap wisatawan yang datang berkunjung ke kabupaten ini. Selain pantai-pantai yang sudah tersohor namanya, seperti Pantai Indrayanti dan Pantai Sepanjang, kabupaten ini juga menyimpan banyak pantai-pantai indah yang masih terbilang perawan alias belum banyak diketahui orang. Buat teman-teman travelers semua yang ingin merasakan suasana pantai nan indah yang serasa milik pribadi, berikut daftar beberapa pantai cantik tersembunyi di Gunungkidul yang bisa kalian tandangi. Meskipun letaknya tersembunyi, keindahan yang ditawarkan pantai-pantai ini tak bisa dipandang sebelah mata.

Pantai Seruni Gunungkidul

Pantai Seruni Gunungkidul

Pantai Seruni Gunungkidul adalah salah satu tempat wisata Gunungkidul. Pantai ini memiliki view yang sangat indah dan dilengkapi dengan desiran ombak pantai yang memberikan kesan romantis bagi setiap pengunjung. Selain itu, di pantai ini, para pengunjung akan mendapatkan suasana yang tenang dan lingkungan yang masih angat alami. Sehingga, bagi anda yang menyukai petulangan di alam sangat cocok untuk datang ke tempat ini. nama Seruni ini berasal dari nama bunga Seruni atau Chrysanthemun atau Chrysous yang berarti emas. Pantai Seruni Gunungkidul dapat ditempuh sekitar dua jam perjalanan. Sama seperti halnya menggali emas, perjalanan menuju Pantai Seruni tidaklah mudah. Untuk menuju ke sana, anda hanya bisa menemupuhnya dengan berjalan kaki atau dengan menaiki perahu. Sebenarnya, ada dua akses yang bisa dilalui untuk menempuh pantai ini yaitu dengan melewati bibir pantai ataupun bukit. akan tetapi, kalau sudah sore hari, sebaiknya melewati bibir pantai bukanlah pilihan tepat karena air laut sudah mulai pasang dan akan memberikan efek yang berbahaya. Walaupun anda diharuskan berjalan kaki untuk menuju Pantai Seruni Gunungkidul ini, anda bisa membawa mobil atau motor dan memarkirkannya di tempat terdekat sebelum akhirnya berjalan kaki. Jika anda tidak memiliki kendaraan pribadi.

Pantai Seruni Gunungkidul memiliki pemandangan panorama pantai yang indah dan menawan. Saat anda tiba di sini, semua keletihan anda untuk mendatangi tempat ini akan terbayarkan dengan keindahan alam atau landscape pesona Pantai Seruni Gunungkidul yang begitu eksotis. Anda bisa langsung menyusuri bibir pantai dan menginjakkan kaki ke pasir laut yang masih terbilang sangat alami. Selain itu, udara di Pantai Seruni ini masih sangat segar sehingga tidak heran jika anda akan betah berlama-lama di tempat ini. anda juga bisa melakukan kegiatan kecil-kecilan bersama rekan-rekan anda. pantai Seruni memang tidak seterkenal pantai Indrayanti, Pantai Kukup, atau Pantai Krakal yang seringkali dikunjungi oleh wisatawan. Akan tetapi dengan sepinya pengunjung inilah, kebersihan pantai ini masih terjaga.

Pantai Seruni Gunungkidul masih tetap terjaga sehingga memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang memang sengaja menghabiskan waktu di sini. Anda juga bisa melakukan kegiatan camping atau memancing selama berwisata di Pantai Seruni. Di atas tebing sebelah timur, pengunjung akan menemukan sumber air tawar yang akan mengalir tanpa berhenti. Sebagiannya mengalir ke bawah dan menjadi air terjun kecil yang elok dan menarik. Sumber air ini sudah dilengkapi dengan bagaikan penampungan yang dibuat oleh inisiatif warga dengan dilengkapi pipa pancuran sehingga para pengunjung tidak perlu kesulitan ketika ingin berbilas ataupun mencuci peralatan yang dibawa. Anda tidak perlu khawatir saat tiba di pantai Seruni ini karena pantainya masih sangat alami di mana kebersihannya masih amat terjaga.

Keberadaan Pantai Seruni Gunungkidul ini memang tidak seterkenal pantai-pantai lainnya yang berlokasi di Gunungkidul. Akan tetapi, keindahan yang disuguhkan tidak perlu diragukan, bahkan tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai yang sudah lebih dikenal namanya. Pantai seruni memiliki karang-karang yang menarik dan cocok untuk dijadikan tempat bersantai saat air laut belum pasang. Viewnya yang indah dan menarik cocok sekali untuk dijadikan tempat berfoto-foto sekedar mengabadikan liburan anda dengan rekan-rekan maupun keluarga anda.

Pantai Slili Tepus Gunungkidul

Pantai slili ini berada tepatnya di Desa Sidoharjo, kecamatan tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Pantai Slili ini memiliki ukuran kecil dan menjadi pembatas antara pantai Krakal dengan pantai Sadranan. Karena pantainya yang kecil maka jarang diketahui oleh orang. Berbeda dengan Pantai Krakal dan Kukup, Gunungkidul yang sudah begitu dikenal meluas oleh masyarakat nusantara di berbagai penjuru. Bagi wisatawan yang ingin bersantai dan melepaskan penat setelah berhari-hari bekerja, Pantai Slili bisa jadi pilihan yang tepat untuk dituju. Dikarenakan namanya yang belum seterkenal pantai-pantai lain di jajaran pantai Gunungkidul, pantai ini cenderung lebih sepi dibandingkan dengan pantai-pantai lain. Suasana yang sepi ini justru akan membuat liburan Anda semakin bermakna.

Pantai SLili oleh warga sekitar biasa disebut dengan “Watu Lawang”. Menurut cerita warga sekitar, penyebutan nama ini dikarenakan adanya pulau kecil yang di bawahnya terdapat lorong yang menyerupai sebuah pintu. Jalan menuju ke Pantai Slili sangat nyaman untuk kendaraan anda, dan anda tidak perlu khawatir untuk akses menuju kesana. Pantai Slili memiliki keindahan cukup luar biasa belum banyak diketahui oleh banyak orang. Para wisatawan lebih banyak tahu pada pantai Parangtritis, Parang Kusuma, Krakal, Baron, Pantai Sadranan dan Kukup. Oleh karena itu setelah membaca artikel ini tentang Pantai Slili anda bisa mencoba mengunjungi pantai tersebut untuk membuktikan keindahan pantai tersebut apakah benar adanya.

Ombak Pantai Slili tidak sama dengan pantai Krakal, Kukup, Baron, Parangtiritis, dan Parang Kusuma, ombaknya tidak besar meskipun sama-sama laut Selatan, karena ciri khas dari Laut Selatan Jawa adalah ombaknya besar. Meskipun begitu sebaiknya ketika berkunjung ke pantai Slili ini jangan mandi. Kalaupun memang tidak bisa menahan diri untuk mandi di Laut jangan sampai menengah-menengah karena berbahaya. Di Pantai slili ini anda tak hanya disuguhi oleh deburan ombak yang berlomba-lomba menuju ke tepi pantai, tetapi juga anda disuguhi oleh panorama alam laut yang indah. Seperti air laut yang terlihat bening, pasir pantai yang menggoda, desiran angin yang tidak begitu besar. Selain itu kita juga bisa menyaksikan aktifitas warga penduduk dalam mencari ikan.

Dengan suasana sunyinya, pasir putih bersih, ombak yang tak terlalu keras karena terhalang bukit karang, serta area tidak terlalu luas, keindahannya bagaikan surga dunia yang tersembunyi. Ini bukan sebuah laguna. Namun, keterasingannya menjadi perangkap bagi setiap insan yang datang. Mereka akan terpesona.Anda dapat menghirup udara segar sambil menikmati pemandangan indah yang disuguhkan oleh pantai ini. Terlebih lagi, terdapat banyak gazebo yang bisa Anda manfaatkan sebagai tempat berteduh dan beristirahat. Selain gazebo, masih ada beberapa fasilitas umum lain yang terdapat di Pantai Slili. Salah satunya adalah warung makan yang menyajikan berbagai olahan laut yang mengundang selera. Bagi Anda yang ingin bermalam, terdapat pula wisma dengan harga terjangkau. Fasilitas lain yang ada antara lain jeep, tempat parkir dan toilet umum.

Di Pantai Slili ini juga kita banyak warung-warung makan dengan aneka masakan. Utamanya masakan binatang laut seperti ikan, cumi-cumi dan lain sebagainya. Bagi anda yang lapar dan ingin menikmati kelezatan makanan laut bisa makan di sini. Selain warung-warung juga banyak tersedia tempat penginapan mulai dari yang berharga murah sampai yang berharga mahal. Anda tinggal mau menginap di tempat penginapan yang mahal atau murah. Singkatnya segala fasilitas yang menunjang liburan anda di Pantai Slili Gunung Kidul ini cukup lengkap. Anda tidak usah khawatir terlunta-lunta di tempat wisata ini.

Pantai Watu Kodok Gunungkidul

Bagi anda yang menyukai suasana alami dan masih perawan alias masih asri.pantai watu kodok di Gunungkidul ini bisa menjadi pilihan anda untuk mengisi waktu liburan anda. Pantai watu kodok Gunungkidul menjadi salah satu pantai baru di Yogyakarta sebagai bagian pantai pasir putih yang berada di gugusan pantai Gunungkidul Yogyakarta. Konon mengapa disebut pantai watu kodok karena terdapat bongkahan karang  menyerupai kodok. Sehingga inilah alasan mengapa disebut pantai watu kodok oleh penduduk setempat. Pantai pasir putih Gunungkidul dengan bersanding karang-karang terjal di sepanjang pantai menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri bagi para pelancong atau penikmat pantai. Terlebih jika pantai itu masih sangat alami dan karena hal itu justru menjadi daya tarik tersendiri. Begitu pula dengan pantai watu kodok gunungkidul ini. Pada sisi kanan dan kiri karang yang menyerupai kodok  ini terdapat hamparan pasir putih yang menjadi daya tarik tersendiri pantai ini. Jika ditelusuri, pantai ini tidak jauh dengan pantai Baron,pantai krakal maupun pantai kukup.

Untuk menuju pantai watu kodok ini terbilang sangat mudah karena masih sebaris dengan pantai baron. Untuk jalan masuk ke Pantai Kodok saat ini masih berupa konblok. Di sepanjanng jalan juga terdapat keindahan dari rerimbunan tumbuhan membuat suasana rindang nan sejuk makin terasa. Ketika anda mencapai pantai ini anda akan disambut dengan perbukitan batu karang yang menawan dan juga hamparan pasir putih yang tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat pantai pasir putih Gunungkidul. Pantai Watu kodok Gunungkidul ini masih tergolong baru,sehingga fasilitas yang ada masih minim dan belum setenar pantai pulang syawal atau Indrayanti. Jadi peran pemerintah untuk  mengembangkan potensi wisata pasir putih gunung kidul ini perlu ditingkatkan. Sangat diperlukan pengelolaan obyek wisata pantai lebih lanjut dengan tetap memperhatikan kelestarian alam sekitar.

Jalan menuju Pantai Watu Kodok ini sebelah timur Pantai Sepanjang atau di sebelah barat Pantai Drini Jalan menuju Pantai Watu kodok ini masih corblok yang terbuat dari semen dan nanti ada petunjuk arah menuju Pantai Watu kodok ikuti saja jalan tersebut dan hanya itu jalan satu-satunya. Jalanan corbloknya tidak terlalu jauh ini. Sesampai di Pantai Watu kodok kita akan di sambut dengan pemandangan yang Joss orang mengatakan. Pantai ini tidak terlalu luas seperti pantai sepanjang namun cukup untuk bermain-main di pasir putihnya yang lembut. Di pantai ini juga sudah lumayan untuk fasilitasnya ada gazebo, ada parkiran, ada toilet, ada warung. Di pantai ini kita bisa bersantai sambil menikmati makanan juga pemandangan pantai yang indah ini. Kita bisa memesan makanan lalu bisa di makan di gazebo yang sudah di sediakan. Setelah petang tiba kita bisa menikmati sunset di pantai ini. Ketika kita akan beranjak pulang sekelompok anak muda yang memasang tenda camping dan ternyata di pantai ini juga bisa di buat camping asal kita bisa jaga kebersihan.

Jalur untuk menuju ke Wisata Pantai Watu Kodok Gunungkidul ini bisa melalui jalur kota Yogyakarta yang menuju kota Wonosari dan selanjutanya menyusuri rute ke arah Pantai Baron. Selanjutnya setelah memasuki pintu gerbang Pantai Baron belok kekanan menyusuri jalan yang menuju Pantai Indrayanti akan ada papan nama yang menunjukkan arah menuju lokasi Wisata Pantai Watu Kodok. Wisata Pantai watu kodok berada di sebelah Barat Pantai Drini. Untuk mencapai tempat ini dapat mengikuti petunjuk arah yang menuju Pantai Kukup. Setelah sampai di pertigaan Pantai Kukup lalu menuju kearah Timur menuju ke arah Pantai Watu Kodok setelah melewati Pantai Sepanjang.

Artikel terkait Inilah Pantai Tersembunyi Dengan Keindahan Yang Luar Biasa