lklan-728x90
Menu

Inilah Asal Usul Nama Pantai Siung Gunungkidul

Inilah Asal Usul Nama Pantai Siung Gunungkidul

Inilah Asal Usul Nama Pantai Siung Gunungkidul – Pantai Siung adalah suatu objek wisata pantai yang terletak di Kec. Tepus, tepatnya berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berjarak kurang lebih 77 km dari kota Yogya dan memiliki lokasi wisata petualangan panjat tebing dengan 250 jalur berstandar internasional.

Pantai Siung termasuk pantai yang indah dan airnya tenang, sehingga untuk bersantai ria sangat nyaman. Menurut juru kunci Wastoyo Wangsit (97), pantai siung adalah tempat permohonan(panyuwunan), diberi nama Siung karena ada batu yang mirip siung.
Pantai-Siung Gunungkidul
Sudarli ketua Pemukiman Pantai mengatakan asal usul nama pantai suing bahwa dahulu ada kisah gadis yang dipaksa akan dikawinkan dengan jejaka, tetapi si gadis tak mau, kemudian sembunyi di pantai dan dipungut sebagai anak oleh Nyi Lanter pedagang nasi di Watu Lawang. Roro Surti nama gadis itu kemudian dikawinkan dengan Raden Joko ‘manggolonya’ Prabu Browijoyo.

Kemudian Roro Surti menjadi lurah Winangun Purwodadi, pelantikan lurah pada hari Rabu , Lurah Roro Surti mendapat kekancingan dari Kraton Ngayogyakarto, setelah meninggal di beri nama Nyi Kancing. Sampai sekarang Desa Purwodadi menggunakan hari Rabu Legi untuk Bersih Desa (Rasulan). Berkat Asihing Biyung (Katresnane Ibu) pantai tersebut diberi nama Siung.

Artikel terkait Inilah Asal Usul Nama Pantai Siung Gunungkidul