lklan-728x90
Menu

Indahnya Wisata Pantai Nguyahan Krambilsawit Gunungkidul

Jika Anda berkunjung ke kota gudeg, Yogyakarta, kurang lengkap rasanya bila tidak menyisihkan waktu untuk berkunjung ke salah satu pantai yang ada di kota ini. bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pantai yang tidak terlalu ramai namun juga cukup mudah dijangkau, Pantai Nguyahan di kabupaten Gunung Kidul bisa menjadi pilihan yang cerdas.

Pantai Nguyahan hanya berjarak beberapa meter dari Pantai Ngobaran, tepatnya berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul. Meskipun Pantai Nguyahan berdekatan dengan Pantai Ngobaran, namanya belum begitu seterkenal Pantai Ngobaran, sehingga suasana pantai tidak begitu ramai. Namun, justru inilah yang menjadi pantai ini nyaman untuk dijadikan tempat bersantai. Jika air laut di Pantai Ngobaran sedang pasang, wisatawan bisa menuju Pantai Nguyahan untuk bermain air di bibir pantai.

Indahnya Wisata Pantai Nguyahan Krambilsawit Gunungkidul

Sejarah Pantai Nguyahan Gunungkidul

Menurut cerita masyarakat setempat, sejak zaman penjajahan Belanda, Pantai yang berada di sebelah barat Pantai Ngobaran sering digunakan sebagai tempat pembuatan garam atau dalam bahasa Jawa disebut uyah. Mulai saat itu hingga kini pantai tersebut dikenal dengan nama Pantai Nguyahan.

Pantai ini turut menjadi saksi penjajahan Belanda saat meminta upeti berupa garam di Pantai Nguyahan. Berbeda dengan Pantai Ngobaran yang sudah sangat terkenal dengan multikultural dan aroma mistisnya. Belum banyak yang mengetahui Pantai Nguyahan ini, maka jelas saja pantai ini cenderung sepi karena memang tidak terdapat papan penunjuk ke pantai ini. Padahal pantai ini merupakan satu paket dengan Pantai Ngobaran.

Rute Menuju Pantai Nguyahan

Akses menuju pantai inipun terbilang cukup mudah. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor; atau menyewa kendaraan bermotor di kota Yogyakarta bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi. Dari kota Yogyakarta, Anda bisa mengambil jalur ke kota Wonosari dan melanjutkan perjalanan mengikuti papan penunjuk arah ke Pantai Ngobaran. Kemudian, Anda bisa memarkir kendaraan Anda di Pantai Ngobaran dan melanjutkan perjalanan ke Pantai Nguyahan dengan berjalan kaki. Tenang, jalan yang dilalui hanyalah satu jalan tanjakan yang sudah halus di aspal.

Pesona Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan merupakan pantai kecil berpasir putih yang diapit oleh tebing karang di sisi kanan dan kirinya. Pantai ini mempunyai pemandangan yang asri dan masih alami, tidak begitu banyak dipadati oleh riuhnya wisatawan. Pengunjung bisa duduk-dukuk bersantai di gubug-gubug bambu sederhana, sembari menikmati pemandangan alam, suara deburan ombak dan sejuknya semilir angin lautan.

Ada desa nelayan kecil di sisi bukit yang menghadap ke lautan. Selain ikan, nelayan di Pantai Nguyahan juga mencari lobster dan landak laut yang keduanya menjadi menu favorit bagi warung-warung makan di sekitar Pantai Ngobaran.

Jika anda tidak bisa melakukan bermain air dan pasir di Pantai Ngobaran, maka anda dapat melakukannya di Pantai Nguyahan ini. Pantai Nguyahan juga sering digunakan oleh penduduk sekitar yang mencari tumbuhan sejenis algae yang biasa disebut dengan suket paris.

Artikel terkait Indahnya Wisata Pantai Nguyahan Krambilsawit Gunungkidul