lklan-728x90
Menu

Indahnya Pantai Dadapan Gunungkidul Di Perbatasan DIY Jateng

Belum habis ternyata, pantai-pantai indah di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Indrayanti di Gunungkidul, semua orang sudah tahu. Namun Gunungkidul masih punya belasan pantai perawan nan eksotis. Jika liburan ke sana, coba anda berkunjung ke Pantai Dadapan. Cantik, eksotis dan… sepi! Pantai ini, tempatnya sangat tenang, jauh dari keramaian, masih ada hewan liar yang berjalan-jalan.

Pantai Dadapan Pasir Putih dan Karang Tajam menghiasi setiap sudut di Pantai Dadapan, awal sampai nampak biasa saja seperti Pantai Sedahan maupun Pantai Pulutan, namun ketika mendekat tebing bagian timur bisa dilihat pemandangan ombak menabrak bongkahan karang berserakan di bibir Pantai Dadapan.

Indahnya Pantai Dadapan Gunungkidul Di Perbatasan DIY Jateng

Lokasi Pantai Dadapan Gunungkidul

Lokasi Pantai Dadapan berada di sebelah timur Pantai Sedahan, utnuk menuju ke sana anda bisa bertanya pada warga sekitar pantai Wediombo, atau bisa melalui rute pantai Sedahan yaitu melalui pertigaan Jepitu, ke selatan kemudian masuk melalui desa setelah pasar.

Pantai Dadapan, warga sekitar menyebutnya demikian. Pantai yang terletak diujung paling barat Wonogiri, merupakan pantai tapal batas antara daerah Wonogiri dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pesona Indahnya Pantai Dadapan

Pantai dadapan, pantai dengan pasir putih dan terdapat batu2 karang di sisi sebelah kanannya. Letak pal batas Wonogiri,Jateng-DIY terdapat di sisi barat pantai ini, sehingga pantai ini termasuk pantai yang dimiliki oleh daerah Wonogiri sekaligus pantai paling barat kabupaten Wonogiri. Keadaan pantai ini sedikit kotor, namun juka dilihat sampah-sampah terbawa ombak dan terdampar disini.

Saat berkunjung banyak kupu-kupu hijau dan kupu-kupu jenis lain, terbang riang kesana kemari dan hinggap di pantai ini. Penamaan pantai dadapan oleh warga sekitar mungkin dipantai tersebut terdapat pohon dadap. Dadapan sendiri diambil dari nama Tumbuhan Dadap, lebih tepatnya daun dadap yang tumbuh di sana.

Pantai Dadapan memang kecil sih tapi ya lumayan lah, kalo camping mending jangan, jika air pasang melihat bekas nya bisa sampai pepohonan belakang pasir putih. Dan jangan lupa untuk membawa tripot bagi yang suka maen slow speed, soalnya karang sebelah timur aduhai banget deh, dengan suara yang menggelegar, dan jika ingin ke bagian karang hendaknya pakai alas kaki yang mumpuni, jangan nyeker.

Suka bertualang untuk mengisi waktu luang?? Bermainlah ke Pantai Dadapan. Jalur menuju ke pantainya menantang hanya dapat ditempuh dengan jalan kaki dengan beberapa tanjakan turunan bukit yang butuh kehati-hatian. Pantai ini berada dibalik bukit 3km an sebelah timur pantai wediombo .

Pantai dadapan masih alami jarang dijamah manusia karena letaknya berada di balik bukit yang lumayan terjal. jika sore di pantai ini banyak kelomang yang beraktifitas mencari makan. Pantai Dadapan lebih kecil dari pantai-pantai sebelumnya. Di pasirnya, banyak kayu-kayu lapuk dan dedaunan yang mendarat dari laut. Dadapan masih begitu alami karena saat sore hari banyak kelomang (Pong-pongan) yang berjalan-jalan mencari makannya, buah palem laut.

Menyusuri pantai-pantai Gunungkidul memang tak ada habisnya. Meski harus rela Lelah jalan kaki dan naik turun tebing, tapi semua itu akan terbayarkan jika kita melihat indahnya pemandangan di setiap pantainya. Keadaan yang masih alami, sepi, nyaman dan tenang membuat pengunjung betah berlama-lama berada di sana. Pasir yang putih dan relief tepian tebing yang memukau menambah syahdunya kenikmatan mata memandang.

Jadi jangan lewatkan wisata yang masih alami di perbatasan DIY Jateng ini. Pasti anda akan menyukainya.

 

 

Artikel terkait Indahnya Pantai Dadapan Gunungkidul Di Perbatasan DIY Jateng