lklan-728x90
Menu

Gunungkidul Siaga Satu Hadapi Pilkades Serentak Hari Ini

Sebanyak 58 desa di Gunungkidul hari ini menggelar pilkades serentak. Polres Gunungkidul langsung menyatakan siaga satu untuk pengamanan pesta demokrasi di tingkat desa tersebut.

Kapolres Gunungkidul AKBP Hariyanto mengatakan, dari pemetaan awal, situasi politik menjelang pilkades memang cenderung menghangat. Untuk itu, kepolisian tidak ingin kecolongan dan menyiapkan 2/3 dari semua kekuatan untuk pengamanan pilkades. ”Kita kerahkan personel mengamankan di semua TPS,” ucapnya kepada wartawan kemarin.

Meskipun beberapa wilayah sempat terjadi konflik, Hariyanto menganggap semua wilayah tetap rawan. Pihaknya tidak melakukan pemetaan khusus dan memilih siaga di semua desa yang menggelar pilkades.

Gunungkidul Siaga Satu Hadapi Pilkades Serentak Hari Ini

Kepala Sub Bagian Administrasi dan Perangkat Desa Bagian Administrasi Pemerintahan Desa Pemkab Gunungkidul Aris Pambudi mengakui seluruh persiapan telah dilakukan. Hingga Jumat (23/10) kemarin, pendistribusian logistik pemilihan ke masingmasing TPS selesai dilaksanakan. ”Semua sudah pada alurnya dan tinggal melaksanakan saja,” ucapnya.

Pihaknya juga akan melakukan pemantauan lapangan untuk melihat proses pilkades di 58 desa tersebut. ”Besok (hari ini) kita juga akan turunkan tim untuk monitoring,” katanya. Dari 58 desa tersebut, jumlah kandidat kades sebanyak 170 orang dan 19 di antaranya petahana.

Sementara itu, Pejabat Bupati Gunungkidul Budi Antono mengungkapkan, untuk menjaga situasi tetap kondusif, dia meminta semua pendukung dari calon untuk bersikap dewasa dalam menanggapi hasil pilkades. Siapa pun yang tampil sebagai pemenang, merupakan hasil dari proses demokrasi dan harus dijunjung bersama demi kemajuan desa yang lebih baik. “Beda pendapat itu boleh. Tapi yang paling penting tidak mendukung secara berlebihan dan dapat menahan diri dengan baik sehingga keamanan di wilayah tetap terjaga,” katanya.

Dia yakin belajar dari pengalaman pileg dan pilpres, suasana politik di Gunungkidul bisa kondusif. ”Semua persiapan sudah clear. Dan saya yakin berjalan lancar meskipun kita akui menghangat,” ucapnya.

Artikel terkait Gunungkidul Siaga Satu Hadapi Pilkades Serentak Hari Ini