lklan-728x90
Menu

Gunungkidul Juga Punya Batik Khas Yang Sudah Di Patenkan

Gunungkidul Juga Punya Batik Khas Yang Sudah Di Patenkan

Gedangsari.com – Gunungkidul berbicara tentangnya memang tiada habisnya. Berjuta pesona, berjuta cerita yang di hadiran Gunungkidul di mata budaya Indonesia. Dari segi panorama wisata alam, kuliner khasnya, kerajinan khas dan lagi lagi Gunungkidul memberikan satu wujud nyata keindahan dan kekayaan daerahnya.

Jenis Batik Khas Gunungkidul Yang Dipatenkan

Tiga motif batik khas Gunungkidul, Sekar Jagat, Walang Kencono Jati dan Walang Sinanding Jati mendapatkan hak paten dari Kementrian Hukum dan HAM . Ketiga motif batik ini menjadi produk unggulan Gunungkidul dalam menunjang kegiatan pariwisata.

Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan sebenarnya masih ada dua motif batik lagi yang diciptakan oleh perajin asal kota Gaplek, yakni motif Tatit dan Gajah Birowo. Namun untuk sementara itu baru tiga motif saja yang diajukan hak patennya.

Produsen Batik Khas Gunungkidul

Batik tulis motif sekar jagad, motif sekar samudra, motif sekar kanthil, motif kembang-kembangan, motif sidholuhur, motif kembang-kembangan. Lokasi: Sendangrejo dan Sumberan, Tancep, Ngawen; Trembono, Tegalrejo, Gedangsari.

Badingah menjelaskan, setelah mendapatkan hak paten, ketiga motif batik khas Gunungkidul tersebut bisa terlindungi oleh payung hukum. Keuntungan dari hak paten batik Gunungkidul, para perajin lokal bisa terangkat secara ekonomi karena tidak ada kesempatan bagi perajin dari luar Gunungkidul yang bisa memproduksi tanpa izin dari pemerintah.

Kedepan, pemerintah akan terus mematenkan kerajinan asli Gunungkidul untuk mencegah pembajakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Dengan begitu, nantinya produk-produk asli Gunungkidul bisa terlindungi secara hukum.

jasa buat blog

Artikel terkait Gunungkidul Juga Punya Batik Khas Yang Sudah Di Patenkan

loading...